Elpala SMA 68 Jadi Role Model Pencinta Alam SMA di DKI Jakarta

Oleh : Herry Barus | Senin, 23 Desember 2019 - 05:00 WIB

Elpala SMA 68 Jadi Role Model Pencinta Alam SMA di DKI Jakarta
Elpala SMA 68 Jadi Role Model Pencinta Alam SMA di DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sistem pola pendidikan berkelanjutan di klub pencinta alam ELPALA SMA 68 yang menekankan aspek keselamatan dalam melakukan kegiatan di alam bebas akan dijadikan role model bagi kelompok pencinta alam SMA di Jakarta.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah ketika menghadiri pelantikan anggota baru kelompok pencinta alam SMA 68 di air terjun Cibeureum, Gunung Gede, Jawa Barat, Minggu, (22/12/2019).

"Kami akan meminta kepala sekolah di DKI Jakarta agar mendukung kegiatan pencinta alam di sekolah masing-masing," tegas Taga Radja.

Taga Radja mengaku merasa salut dengan sistem pendidikan Elpala yang dititik beratkan pada teknis-teknis pendakian seperti navigasi darat, survival dan lain-lain. Terlebih sejak tahun 2004 untuk pertama kalinya sebagai organisasi pencinta alam tingkat SMA, Elpala menghilangkan dan melarang pendidikan dengan pola semi militer termasuk bullying dan persekusi.

"Untuk pertama kalinya pelantikan pencinta alam SMA dihadiri langsung oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta," ungkap Taga Radja.

Ditambahkannya pula, tidak hanya pada saat pelantikan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga turut serta melepas keberangkatan calon anggota Elpala dari sekolah SMA 68. Hal ini menunjukan komitmen dirinya di dalam upaya mengembangan kegiatan pencinta alam agar menjadi kegiatan yang positip dan terarah.

Sementara itu Pendiri Elpala SMA 68 Dar Edi Yoga mengungkapkan bahwa pendidikan dasar Elpala lebih difokuskan pada pengembangan diri para calon anggota dalam kegiatan alam bebas. Pasca pendidikan dasar, para anggota juga kembali mendapatkan pendidikan lanjutan berupa pengelolaan organisasi dan spesialisasi kegiatan alam bebas seperti Panjat Tebing, Arung Jeram dan Pendakian Gunung.

Kegiatan pelantikan anggota Elpala SMA 68 dihadiri Pembina Elpala Sukma Erawan, para alumni, orang tua anggota baru Elpala, para pelatih dari Wanadri, Montana dan Fasta

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.