Manufacturing Indonesia 2019 Series Indonesia Semakin Memantapkan Diri di Industri 4.0

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 Desember 2019 - 17:00 WIB

Pameran Manufacturing Indonesia 2019
Pameran Manufacturing Indonesia 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Penyelenggaraan Manufacturing Indonesia 2019 Series, pameran internasional terbesar yang menampilkan teknologi automatisasi dan berbagai layanan manufaktur di Indonesia telah berakhir pada 7 Desember lalu.

Catatan kesuksesan pameran ini ditandai dengan dipamerkannya ribuan mesin yang didukung dengan smart technology 4.0. Diadakan bersamaan dengan Machine Tool Indonesia, Tool & Hardware Indonesia, dan Industrial Automation & Logistic Indonesia 2019 serta pameran Subconstructor Industry atau Subcon Indonesia 2019, pameran kali ini berhasil menarik 35.400 pengunjung bisnis termasuk diantaranya pembeli potensial dan profesional dikalangan industri terkait.

“Ada lebih dari 1.500 perusahaan dari 39 negara, baik perusahaan lokal maupun internasional yang berpartisipasi pada pameran kali ini. Menjadi pelopor pabrik pintar di Indonesia, perusahaan-perusahaan tersebut memberikan informasi dan gambaran mengenai perkembangan industri 4.0 sektor manufaktur di Indonesia dan pada saat yang sama, membantu Indonesia bersiap diri menyambut era disrupsi,” kata Maysia Stephanie, Event Director PT Pamerindo Indonesia melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (17/12/2019).

Menurut Kementerian Perindustrian pada kuartal I tahun 2019, sektor manufaktur Indonesia memberikan kontribusi sebesar 20,07% terhadap PDB nasional. Selain itu, sektor manufaktur telah tumbuh 3,86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menyiapkan pusat data terpadu dan solusi berbasis data yang memungkinkan automatisasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh industri manufaktur saat ini, kecepatan, efisiensi, inovasi dan kreativitas yang tak terbatas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Solusi berbasis data tersebut mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi seperti Internet of Things (IoT), Cloud computing, Artificial Intelligence, Mobility Virtual, Augmented Reality dan Big data.

Rudyhandjaja Elawitachya, Chairman Fanus Indonesia salah satu peserta pameran mengatakan bahwa percepatan menuju industri 4.0 sangat tergantung dengan koneksi internet yang handal. Meski menjadi tantangan tersendiri namun ia meyakini Indonesia dapat menghadapinya dengan baik, terbukti dari adanya peningkatan pembelian mesin-mesin pintar setiap tahun yang tentunya mendukung industri 4.0 di Indonesia.

“Kemajuan teknologi yang dimiliki akan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pelaku industri harus melakukan pelatihan dan pengembangan bagi sumber daya manusia-nya mulai dari pendidikan vokasi di tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi untuk menyelaraskan kebutuhan industri yang terus berkembang dan meningkatkan daya saing industri manufaktur di Indonesia.” kata Sementara Tony Sartono, Komisaris Kawan Lama Sejahtera.

Sejalan dengan pendapat di atas, Djoko Wiyono, Ketua Bidang Peningkatan Korporasi dan Kerjasama, Gabungan Industri Pengerjaan Industri Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) mengatakan pihaknya akan melakukan penyesuaian dalam menghadapi era industri 4.0.

Selain itu GAMMA mendorong keterlibatan anggotanya untuk meningkatkan kegiatan research and development secara mandiri atau berkolaborasi dengan Litbang Universitas atau Pemerintah, serta melakukan pembinaan pendidikan Vokasi melalui SMK disekitar tempat usahanya, untuk menciptakan SDM yang mempunyai kompetensi dan link & match dengan Industri pembinanya serta mengantisipasi gap skill lulusan SMK dengan kebutuhan industri saat ini dan kedepannya.

“Melihat antusiasme pengunjung dan peserta pameran, kami percaya pameran ini dapat mendorong kolaborasi dan membawa dampak baik bagi bisnis serta kemajuan industri manufaktur Indonesia,” tutup Maysia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…