Perkuat Posisi Pasar, PT Softex Indonesia Bangun Pabrik Baru

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 11 Desember 2019 - 10:12 WIB

PT Softex Indonesia mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada tahun 1976.
PT Softex Indonesia mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada tahun 1976.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Softex Indonesia, produsen produk Perawatan Bayi, Perawatan Feminin, dan Perawatan Dewasa, di bawah merek terkenal seperti Sweety, Softex, Confidence, Happy Nappy, dan Softies, berkomitmen untuk terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia dengan membangun pabrik baru yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Pembangunan tersebut dilakukan untuk mengimbangi terus meningkatnya permintaan di pasar domestik.

Menurut Hendra Setiawan, Direktur Utama PT Softex Indonesia, saat ini Perseroan sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan pabrik terbaru yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini diharapkan akan beroperasi secara penuh pada kuartal ke-3 tahun 2020.

Hendra mengatakan, pabrik baru tersebut terletak di kawasan industri GT Tech Park Karawang. "Pabrik ini akan menerapkan teknologi terbaru dalam bentuk sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis (Automated Storage and Retrieval Systems/ASRS),” ungkap Hendra.

Pabrik terbaru PT Softex Indonesia dibangun di atas lahan seluas 12 hektar (ha) dengan menerapkan teknologi ASRS untuk area warehouse-nya. Penerapan sistem dan mesin berteknologi baru ini diharapkan dapat meningkatkan volume produksi dan meningkatkan efisiensi penyimpanan barang.

Terkait dengan isu pelestarian lingkungan, Perseroan tidak hanya menghasilkan berbagai produk yang sekali dipakai dan dibuang begitu saja. Produk bekas pakai masih dapat dimanfaatkan. Produk popok bayi bekas misalnya, tidak dibuang begitu saja menjadi sampah tidak berguna.

“Popok bayi bekas yang selama ini dianggap sebagai sampah dapat berubah menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai,” kata Hendra.

Dimulai sebagai perusahaan tekstil, PT Softex Indonesia mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada tahun 1976. Sejak itu, PT Softex Indonesia berkembang menjadi perusahaan consumer goods terkemuka di Indonesia dan di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Hendra Setiawan, Direktur Utama PT Softex Indonesia mengemukakan, "Kami memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsumen kami. Kampanye pemasaran dan program komunikasi PT Softex Indonesia telah memastikan bahwa merek kami adalah merek pilihan konsumen yang populer di kategori masing-masing," ujarnya.

Sebagai bentuk komitmennya untuk memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumen, merek-merek PT Softex Indonesia secara konsisten telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi.

Menurut Hendra, selama bertahun-tahun, PT Softex Indonesia telah mengembangkan produk menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu Perawatan Bayi, Perawatan Feminin, dan Perawatan Dewasa, di bawah merek terkenal seperti Sweety, Softex, Confidence, Happy Nappy, dan Softies.

“Sebagai pelopor di segmennya dan sekarang menjadi bagian yang terintegrasi, kami melayani jutaan keluarga Indonesia dan dipercaya oleh berbagai generasi,” papar Hendra.

Perseroan menyediakan produk higienis sekali pakai, yaitu popok bayi, pembalut wanita, pantyliner, pembalut bersalin, popok dewasa, dan tissue basah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia.

“Kami bangga menjadi pemilik berbagai merek pasar terkemuka di bidang perawatan bayi, perawatan dewasa dan perawatan feminin. Hal ini sejalan dengan visi strategis kami untuk melayani konsumen kami dalam seluruh tahapan siklus hidup manusia,” katanya.

Beberapa merek PT Softex Indonesia yang paling populer adalah Sweety, Happy Nappy, Confidence, Softex dan Softies.

Sweety merupakan produk perawatan bayi berupa popok yang dibuat PT Softex Indonesia pada akhir tahun 2003. Sweety hadir dengan dua varian produk, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Dan hadir dalam tiga segmen dalam sub merek Sweety Gold, Sweety Silver, dan Sweety Bronze.

Happy Nappy merupakan produk popok bayi yang dibuat PT Softex Indonesia pada tahun 2009 dan hadir pula dalam dua varian, yaitu tipe perekat dan tipe celana.

Produk Confidence merupakan popok celana yang ditujukan untuk perawatan dewasa. Hadir dengan ekstrak lidah buaya untuk mencegah ruam dan inflamasi, Confidence juga memiliki dua varian produk, yaitu popok dewasa dengan tipe perekat dan tipe celana.

Tidak hanya itu, melalui merek Softex dengan varian Softex Daun Sirih, PT Softex Indonesia menawarkan produk pembalut dan pantyliner dengan ekstrak daun sirih. Ekstrak daun sirih telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu antiseptik alami sehingga dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan mengurangi risiko timbulnya bau.

Varian pembalut wanita lainnya, yaitu Softex Comfort Slim yang dibuat dengan desain Hello Kitty yang menarik untuk menyasar pasar remaja. Lapisannya disesuaikan untuk remaja aktif yang membutuhkan kenyamanan, kebersihan, dan keamanan saat sedang datang bulan.

Selain itu, PT Softex Indonesia memiliki dua merek tisu basah, yaitu Sweety Baby Wipes yang sesuai untuk kulit bayi dan Softies yang memiliki kandungan anti bacterial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…