Menperin Agus Gumiwang Bakal Percepat Pembangunan 19 Kawasan Industri Prioritas

Oleh : Ridwan | Selasa, 10 Desember 2019 - 11:30 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mmebuka Temu Dialog bersama para pengelola kawasan industri (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mmebuka Temu Dialog bersama para pengelola kawasan industri (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita terus mendorong percepatan pengembangan kawasan industri di Tanah Air, sehingga pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia dapat segera terwujud.

"Keberhasilan dari percepatan pengembangan kawasan industri memerlukan sinergisme dan koordinasi yang luar biasa, baik dari pemerintah maupun swasta," kata Agus saat membuka Temu Dialog dengan para pelaku industri, pengelola kawasan industri di Hotel Sultan ,Jakarta, Selasa (10/12).

Dijelaskan Menperin, hingga saat ini terdapat 103 kawasan industri yang telah beroperasi, dengan total cakupan wilayah mencapai 55.000 hektare. Sementara itu, terdapat 15 kawasan industri yang masih dalam proses konstruksi dan 10 kawasan industri pada tahap perencanaan.

"Dari 103 kawasan industri yang sduah beroperasi, sebanyak 58 di antaranya berlokasi di Pulau Jawa. Sisanya terletak di Pulau Sumatera sebanyak 33 kawasan industri, Kalimantan delapan kawasan industri, dan Sulawesi empat kawasan industri. Sejak tahun 2014, terdapat peningkatan hingga 20 kawasan industri," terangnya.

Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian memiliki rencana untuk membangun kawasan-kawasan industri prioritas di luar Pulau Jawa, seperti tertuang dalam RPJMN 2020-2024. "Ada 19 kawasan prioritas dalam RPJMN 2020-2024 yang akan tersebar di Sumatera, Kalimantan, Madura, Sulawesi, hingga Papua," ungkap Menperin.

Menurut Agus, selama ini aktivitas industrialisasi memberikan efek berganda yang luas bagi perekonomian nasional, mulai dari peningkatan pada nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, hingga penerimaan devisa dari ekspor. 

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenperin, investasi sektor industri pada semester I tahun 2019 mencapai Rp 104,6 triliun. Penyumbang investasi terbesar dari sektor industri logam, mesin, dan elektronik yang menyentuh angka Rp 266,13 triliun, diikuti industrimakanan sebesar Rp 257,47 triliun. 

Selanjutnya, industri kimia dan farmasi yang mencapai Rp 217 triliun, industri mineral nonlogam sebesar Rp 98,75 triliun, serta industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain sebesar Rp 96,70 triliun.

Menperin Agus Gumiwang mengajak seluruh peserta Temu Dialog untuk menghasilkan kesepakatan dan terobosan baru yang dapat mempercepat pengembangan kawasan industri di Tanah Air sehingga pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesai dapat segera terwujud.

"Melalui acara ini semoga dapat menjadi sarana untuk menyamakan persepsi dan mencari kesepakatan antara pemerintah pusat, daerah serta para pelaku industri untuk mempercepat pengembangan kawasan industri prioritas sesuai dengan usulan RPJMN 2020-2024," tutup Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:53 WIB

Kabar Gembira! Pemerintah Tetapkan Dana Desa Rp71,19 Triliun, Keluarga Penerima Manfaat Mendapat Rp2,7 juta

Pemerintah telah menerbitkan PMK 50/2020 yang mengubah ketentuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang mengatur relaksasi persyaratan, tahapan penyaluran, serta prioritas penggunaan Dana Desa.…

Bank BNI

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:31 WIB

Rayakan Ulang tahun ke-74 di Tengah Pandemi, Dirut Herry Sidharta: Sikap Sense of Crisis Tertanam dalam Benak BNI

Ulang tahun ke-74, yang jatuh hari ini, 5 Juli 2020, menjadi momen istimewa bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI karena hari bahagia itu dirayakan ketika Indonesia tengah dilingkupi…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…