Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Desember 2019 - 08:00 WIB

Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute
Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) terus mengembangkan dan melakukan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh bidang pekerjaan, salah satunya dalam bidang pemasaran. Beragam langkah strategis dan inovatif telah dilakukan, diantaranya lewat program sertifikasi SDM bidang pemasaran, Leadership Development Program (LDP), dan program branding assesment.

Berkat keberhasilan program-program tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) pun dianugerahi penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure and Utility pada 4 Desember 2019 di Jakarta. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia (Persero), Winardi.

Winardi mengatakan, program sertifikasi SDM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga Pemasar yang semula lebih banyak berperan mendistribusikan produk menjadi memasarkan produk, dengan rata – rata jumlah tenaga pemasar tersertifikasi sebesar 20% per-tahun. Program ini juga sebagai salah satu upaya mendukung program Transformasi Bisnis di PT Pupuk Indonesia (Persero) yang diimplementasikan sejak 2017 sebagai langkah strategis menghadapi tantangan industri ke depan.

"Saat ini, telah terlaksana program tutorial dan sertifikasi tenaga pemasar sebanyak lebih dari 80% dari hasil mapping jumlah tenaga pemasar di Pupuk Indonesia Grup yang potensial. Sejak program ini dilaksanakan pada Desember 2018 sampai dengan Desember 2019 telah diiikuti sebanyak 368 orang peserta tenaga pemasar," kata Winardi.

Selain itu, Pupuk Indonesia pun memiliki program LDP untuk pegawai tingkat grade I dan II yang di dalamnya terdapat materi tentang Competitive Strategic yang sangat dibutuhkan dalam peningkatan Kompetensi seorang Leader. Latar belakang program tersebut yakni sebagai wadah pengembangan kepemimpinan yang disiapkan untuk membekali para calon pemimpin perusahaan.

"Program ini telah terlaksana dengan rata – rata jumlah karyawan yang mengikuti sebesar 20% per-tahun atau untuk tahun 2019 sebanyak 237 orang peserta," ungkapnya.

Adapun langkah lainnya dalam rangka penguatan SDM yakni program branding assesment di bidang pemasaran. Winardi menerangkan, bbranding merupakan bagian yang penting dalam hal meningkatkan daya saing perusahaan, sehingga perlu disiapkan sebuah strategi sebagai pedoman PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta anak perusahaan dalam membangun citra perusahaan. Dengan citra perusahaan yang baik tentunya akan memberikan nilai tambah dalam bersaing dengan perusahaan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kami bersyukur atas penghargaan yang kami raih dalam ajang Markplus Institute Award 2019. Ini menjadi salah satu indikator keberhasilan langkah transformasi yang kami lakukan, dan menjadi apresiasi bagi segenap insan pegawai untuk terus mengembangkan kompetensi, dalam rangka meningkatkan daya saing," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memaparkan proyek IKN di ajang Paviliun Indonesia

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:00 WIB

Gelar Dialog di Paviliun Indonesia Davos, Kepala Otorita IKN Beberkan Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia Pavilion kembali menyelenggarakan sesi diskusi dengan tema “Nusantara: Indonesia New Capital City and Opportunities for The Future” pada Rabu siang waktu setempat (25/2). Sesi…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:53 WIB

Menteri Basuki Ajak Kementerian/Lembaga dan Swasta Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Hal disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan…

Koperasi (Ist)

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:20 WIB

KemenKopUKM Kirim 3 Surat Teguran 'Keras' untuk KSP Sejahtera Bersama

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui Deputi Bidang Perkoperasian telah mengirim 3 surat, surat pertama teguran kepada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSP-SB), untuk mematuhi…

Indosiar Tayangkan Timnas FIFA Machday Indonesia VS Bangladesh

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:00 WIB

Indosiar Tayangkan Timnas FIFA Machday Indonesia VS Bangladesh

Indosiar sebagai stasiun televisi hiburan terdepan membuktikan sebagai rumah sepak bola Indonesia. Stasiun grup EMTEK ini secara konsisten menghadirkan laga seru dari sederet kompetisi dan turnamen…

PT Biotek Farmasi Indonesia Berkolaborasi dengan PERALMUNI Memperkenalkan Produk Biotechnology Processed Material

Jumat, 27 Mei 2022 - 07:30 WIB

PT Biotek Farmasi Indonesia Berkolaborasi dengan PERALMUNI Memperkenalkan Produk Biotechnology Processed Material

Sejalan dengan arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengutamakan produk dalam negeri dibandingkan produk import termasuk produk farmasi, maka PT BIOTEK FARMASI INDONESIA sebagai perusahaan…