Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Desember 2019 - 08:00 WIB

Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute
Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) terus mengembangkan dan melakukan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh bidang pekerjaan, salah satunya dalam bidang pemasaran. Beragam langkah strategis dan inovatif telah dilakukan, diantaranya lewat program sertifikasi SDM bidang pemasaran, Leadership Development Program (LDP), dan program branding assesment.

Berkat keberhasilan program-program tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) pun dianugerahi penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure and Utility pada 4 Desember 2019 di Jakarta. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia (Persero), Winardi.

Winardi mengatakan, program sertifikasi SDM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga Pemasar yang semula lebih banyak berperan mendistribusikan produk menjadi memasarkan produk, dengan rata – rata jumlah tenaga pemasar tersertifikasi sebesar 20% per-tahun. Program ini juga sebagai salah satu upaya mendukung program Transformasi Bisnis di PT Pupuk Indonesia (Persero) yang diimplementasikan sejak 2017 sebagai langkah strategis menghadapi tantangan industri ke depan.

"Saat ini, telah terlaksana program tutorial dan sertifikasi tenaga pemasar sebanyak lebih dari 80% dari hasil mapping jumlah tenaga pemasar di Pupuk Indonesia Grup yang potensial. Sejak program ini dilaksanakan pada Desember 2018 sampai dengan Desember 2019 telah diiikuti sebanyak 368 orang peserta tenaga pemasar," kata Winardi.

Selain itu, Pupuk Indonesia pun memiliki program LDP untuk pegawai tingkat grade I dan II yang di dalamnya terdapat materi tentang Competitive Strategic yang sangat dibutuhkan dalam peningkatan Kompetensi seorang Leader. Latar belakang program tersebut yakni sebagai wadah pengembangan kepemimpinan yang disiapkan untuk membekali para calon pemimpin perusahaan.

"Program ini telah terlaksana dengan rata – rata jumlah karyawan yang mengikuti sebesar 20% per-tahun atau untuk tahun 2019 sebanyak 237 orang peserta," ungkapnya.

Adapun langkah lainnya dalam rangka penguatan SDM yakni program branding assesment di bidang pemasaran. Winardi menerangkan, bbranding merupakan bagian yang penting dalam hal meningkatkan daya saing perusahaan, sehingga perlu disiapkan sebuah strategi sebagai pedoman PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta anak perusahaan dalam membangun citra perusahaan. Dengan citra perusahaan yang baik tentunya akan memberikan nilai tambah dalam bersaing dengan perusahaan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kami bersyukur atas penghargaan yang kami raih dalam ajang Markplus Institute Award 2019. Ini menjadi salah satu indikator keberhasilan langkah transformasi yang kami lakukan, dan menjadi apresiasi bagi segenap insan pegawai untuk terus mengembangkan kompetensi, dalam rangka meningkatkan daya saing," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produsen Cosmetik MS Glow Donasi Rp 2 Miliar Bantu Atasi Virus Corona

Rabu, 01 April 2020 - 12:00 WIB

Produsen Cosmetik MS Glow Donasi Rp 2 Miliar Bantu Atasi Virus Corona

Wabah pandemi virus Corona (Covid-19) telah mengubah kehidupan banyak negara, termasuk Indonesia. Pemerintah pun menyerukan pentingnya gotong royong dan bahu membahu dalam memerangi wabah ini.

Pgn (Istimewa)

Rabu, 01 April 2020 - 11:30 WIB

Selama Masa Pandemi Covid-19, PGN Jamin Pasokan Gas untuk Sektor Kelistrikan Aman

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memastikan bahwa pasokan gas bumi ke sektor kelistrikan akan tetap aman selama masa pandemi virus Corona (COVID-19) di berbagai wilayah di Indonesia.

Vensia Tjhin sebagai Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com

Rabu, 01 April 2020 - 11:19 WIB

Bisa Nego dari Rumah Belanja di Bhinneka Store

Mendukung langkah pemerintah dalam memperlambat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dengan gerakan dirumahsaja, Bhinneka.Com meluncurkan inisiatif BisaNego yang berjalan di jaringan Bhinneka…

Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)

Rabu, 01 April 2020 - 11:15 WIB

Ahli Kesehatan Dunia Berkumpul Lakukan Uji Klinis 4 Obat Covid-19: Redemsivir, Lopinavir/Ritonavir, Interferon dan Chloroquine

Sebagai salah satu langkah untuk memperbaiki upaya pelayanan kesehatan dan menurunkan angka kematian pada pasien Covid-19 di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah bergabung dalam Solidarity…

Garda Terdepan Shopee Pastikan Keamanan Kebutuhan Pengguna

Rabu, 01 April 2020 - 11:00 WIB

Garda Terdepan Shopee Pastikan Keamanan Kebutuhan Pengguna

Menyikapi situasi terkini terkait COVID-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat Indonesia untuk menjalankanseluruh aktivitas dari rumah guna menghindari penyebaran…