Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Desember 2019 - 08:00 WIB

Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute
Strategi Pengembangan SDM Pupuk Indonesia Diapresiasi Markplus Institute

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) terus mengembangkan dan melakukan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh bidang pekerjaan, salah satunya dalam bidang pemasaran. Beragam langkah strategis dan inovatif telah dilakukan, diantaranya lewat program sertifikasi SDM bidang pemasaran, Leadership Development Program (LDP), dan program branding assesment.

Berkat keberhasilan program-program tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) pun dianugerahi penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure and Utility pada 4 Desember 2019 di Jakarta. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia (Persero), Winardi.

Winardi mengatakan, program sertifikasi SDM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga Pemasar yang semula lebih banyak berperan mendistribusikan produk menjadi memasarkan produk, dengan rata – rata jumlah tenaga pemasar tersertifikasi sebesar 20% per-tahun. Program ini juga sebagai salah satu upaya mendukung program Transformasi Bisnis di PT Pupuk Indonesia (Persero) yang diimplementasikan sejak 2017 sebagai langkah strategis menghadapi tantangan industri ke depan.

"Saat ini, telah terlaksana program tutorial dan sertifikasi tenaga pemasar sebanyak lebih dari 80% dari hasil mapping jumlah tenaga pemasar di Pupuk Indonesia Grup yang potensial. Sejak program ini dilaksanakan pada Desember 2018 sampai dengan Desember 2019 telah diiikuti sebanyak 368 orang peserta tenaga pemasar," kata Winardi.

Selain itu, Pupuk Indonesia pun memiliki program LDP untuk pegawai tingkat grade I dan II yang di dalamnya terdapat materi tentang Competitive Strategic yang sangat dibutuhkan dalam peningkatan Kompetensi seorang Leader. Latar belakang program tersebut yakni sebagai wadah pengembangan kepemimpinan yang disiapkan untuk membekali para calon pemimpin perusahaan.

"Program ini telah terlaksana dengan rata – rata jumlah karyawan yang mengikuti sebesar 20% per-tahun atau untuk tahun 2019 sebanyak 237 orang peserta," ungkapnya.

Adapun langkah lainnya dalam rangka penguatan SDM yakni program branding assesment di bidang pemasaran. Winardi menerangkan, bbranding merupakan bagian yang penting dalam hal meningkatkan daya saing perusahaan, sehingga perlu disiapkan sebuah strategi sebagai pedoman PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta anak perusahaan dalam membangun citra perusahaan. Dengan citra perusahaan yang baik tentunya akan memberikan nilai tambah dalam bersaing dengan perusahaan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kami bersyukur atas penghargaan yang kami raih dalam ajang Markplus Institute Award 2019. Ini menjadi salah satu indikator keberhasilan langkah transformasi yang kami lakukan, dan menjadi apresiasi bagi segenap insan pegawai untuk terus mengembangkan kompetensi, dalam rangka meningkatkan daya saing," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…