Jaga Lingkungan Yayasan Korindo Bangun Hutan Kota Di Bogor

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 01 Desember 2019 - 11:00 WIB

Bupati Bogor Ade Yasin dan senior vice president Korindo Group, Robert Seung ( kiri) dan sekda kabupaten Bogor melakukan penanaman pohon pertama dalam rangka pembangunan Hutan Kota di stadion Pakan Sari, Bogor, sabtu (30/11) kemarin.
Bupati Bogor Ade Yasin dan senior vice president Korindo Group, Robert Seung ( kiri) dan sekda kabupaten Bogor melakukan penanaman pohon pertama dalam rangka pembangunan Hutan Kota di stadion Pakan Sari, Bogor, sabtu (30/11) kemarin.

INDUSTRY.co.id - BOGOR –Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan, Korindo Group selalu berusaha memberikan kontribusi dalam keberlanjutan lingkungan hidup. Ini menjadi landasan utama yang mendorong perusahaan membangun hutan kota di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (30/11). 

Korindo Group melalui Yayasan Korindo dan Pemerintah Kabupaten Bogor menjalin Program Kolaborasi Hijau (Green Collaboration) dalam melaksanakan pembangunan hutan kota di lahan seluas dua hektar, berlokasi di bagian sisi timur Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. 

Pembukaan pembangunan hutan kota ini ditandai dengan penanaman bibit-bibit pohon yang langsung dilakukan oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Senior Vice President Korindo Group Robert Seung, General Secretary Yi Sun Hyeong, Deputy of South Korea Ambassador in Indonesia Jeon Joyoung, dan pejabat-pejabat daerah Bogor lainnya. 

“Pada kesempatan ini kami berkolaborasi dengan Pemda Bogor, bermaksud membangun hutan kota seluas kurang lebih 2 hektare, di samping stadion Pakansari. Walaupun hanya hutan kecil, kami harapkan nantinya dapat berfungsi sebagai paru-paru kota di Kabupaten Bogor. Ke depannya kami berharap dapat membangun hutan kota lainnya di Kabupaten Bogor maupun di wilayah lainnya di Indonesia secara berkelanjutan,” ujar Robert Seung dalam sambutannya.

Lebih lanjut lagi, Robert Seung yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Korindo menjelaskan bahwa pada tahun 2008 silam, Presiden Indonesia telah menetapkan setiap tanggal 28 November menjadi “Hari Menanam Pohon Indonesia” dan bulan Desember sebagai “Bulan Menanam Nasional”. Maka pembangunan hutan kota ini menjadi momentum yang tepat untuk menggalakkan semangat penghijauan di Bulan Menanam Nasional. Ini sekaligus juga menjadi bentuk dukungan nyata Yayasan Korindo terhadap program pemerintah dalam upaya melestarikan lingkungan di Indonesia.

Ia juga menambahkan bahwa Presiden Indonesia pada tahun 2009 lalu pernah mencanangkan ‘One Man One Tree’, satu orang menanam satu pohon. Dengan semangat tersebut pula, Yayasan Korindo turut merasa bergembira dapat menjadi bagian dalam Kolaborasi Hijau seperti yang dilakukannya hari ini (30/11). 

Dalam pembangunan hutan kota ini, Eucalyptus deglupta dipilih menjadi tanaman tunggal sejenis untuk ditanam. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang memiliki karakteristik cepat tumbuh dan perawatan yang relatif mudah, sehingga cocok untuk menjadi vegetasi hutan kota di Pakansari.

“Kurang lebih 2.000 bibit pohon yang kita tanam hari ini adalah demi Kabupaten Bogor dan juga demi kelangsungan masa depan bumi kita. Mari kita sukseskan bersama-sama!” ujar Robert Seung.

Dalam program kolaborasi hijau ini, pihak Yayasan Korindo nantinya tidak hanya sekadar menanam di tahap awal, namun Korindo juga akan terlibat langsung dalam proses pemantauan dan pemeliharaan hutan kota hingga beberapa tahun mendatang. Ini merupakan langkah awal dari beragam program penghijauan dan berwawasan lingkungan di wilayah Kabupaten Bogor. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.