Visa Hadirkan Pembayaran Contactless di McDonald’s Indonesia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 27 November 2019 - 11:00 WIB

Visa Hadirkan Pembayaran Contactless di McDonald’s Indonesia
Visa Hadirkan Pembayaran Contactless di McDonald’s Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, bekerja sama dengan McDonald's Indonesia untuk menghadirkan teknologi pembayaran contactless kepada para pelanggan restoran cepat saji terbesar ini. Pemegang kartu Visa kini dapat menikmati pembayaran lebih cepat hanya dengan sekali sentuh (tap) menggunakan kartu, ponsel, atau perangkat berteknologi contactless di seluruh outlet McDonald's di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan tanpa harus memasukkan PIN atau tanda tangan untuk nominal transaksi di bawah Rp1 juta.

Teknologi contactless menghadirkan pengalaman membayar yang aman dan cepat. Berdasarkan studi Consumer Payment Attitude terbaru oleh Visa, konsumen Indonesia, khususnya para milenial yang paham teknologi, memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap pengalaman membayar yang tanpa hambatan. Dengan kartu contactless, pelanggan dapat membayar transaksi bernilai kecil dalam hitungan detik saja.

Untuk melakukan pembayaran contactless, pelanggan cukup tap kartu debit dan kredit berteknologi contactless, atau perangkat lainnya berteknologi NFC seperti ponsel, pada terminal contactless yang tersedia, dan dalam hitungan detik, transaksi selesai. Meskipun tidak memerlukan nomor PIN ataupun tanda tangan, transaksi ini memiliki tingkat keamanan yang sama dengan membayar melalui kartu chip EMV lainnya, di mana kartu akan tetap berada di tangan pelanggan selama proses pembayaran.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia Selasa (26/11/2019)mengatakan: “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan McDonald’s Indonesia untuk memperkenalkan pembayaran contactless kepada jutaan pelanggannya di Indonesia. Kami memiliki tujuan yang sama untuk menghadirkan cara membayar yang lebih mudah, aman, dan tanpa hambatan bagi pelanggan saat membeli makanan favoritnya di restoran McDonald’s terdekat. Melalui kerja sama yang berkelanjutan dengan para pemimpin pasar yang secara langsung berinteraksi dengan konsumen dan dapat memberikan pengalaman pembayaran terbaik, kami mewujudkan misi kami untuk meningkatkan inklusi keuangan menuju masyarakat non tunai di Indonesia.”

Berbicara mengenai kerja sama ini, Yanti Lawidjaja, Finance and IT Director McDonald’s Indonesia, mengatakan: “Kami meyakini bahwa Visa dapat memberikan teknologi pembayaran yang terbaik, dan kami senang dapat menghadirkan pembayaran Visa contactless kepada pelanggan berharga kami, di mana pun mereka berada. Kami memiliki misi menjadi tempat makan dan minum favorit bagi para pelanggan kami, dan dengan kerja sama ini, kami juga dapat menawarkan cara membayar favorit di mana pelanggan dapat memesan makanan dengan lebih mudah dibanding sebelumnya. Kami berharap dengan pembayaran contactless, kami dapat terus mengembangkan layanan terbaik kami dan tetap menjadi restoran cepat saji pilihan utama bagi keluarga Indonesia."

Untuk mempromosikan pembayaran contactless, Visa dan McDonald’s berencana berkolaborasi dalam meluncurkan promosi spesial bagi para pelanggan mulai awal tahun 2020.

Teknologi Visa contactless juga sudah dapat dinikmati para konsumen yang hendak membayar layanan atau produk di sejumlah supermarket, bioskop, dan stasiun SPBU tertentu, dan jumlah merchant ini masih akan terus bertambah lagi ke depannya.

Pelanggan membayar paket makanan di salah satu outlet McDonald’s dengan men-tap kartunya. Menggunakan kartu Visa berteknologi contactless, pelanggan kini dapat membayar hanya dengan sekali tap untuk transaksi di bawah Rp1 juta di outlet McDonald’s di seluruh Indonesia tanpa PIN ataupun tanda tangan. Meskipun tidak memerlukan nomor PIN ataupun tanda tangan, transaksi ini memiliki tingkat keamanan yang sama dengan pembayaran melalui kartu chip EMV lainnya, di mana kartu akan tetap berada di tangan pelanggan selama proses pembayaran.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…