Aset CNAF Tembus Rp3,3 Triliun di Sembilan Bulan Pertama 2019

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 November 2019 - 13:51 WIB

CIMB Niaga Auto Finance
CIMB Niaga Auto Finance

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) melaporkan perolehan aset sebesar Rp3,3 triliun pada sembilan bulan pertama yang berakhir pada 30 September 2019, naik sebesar 14,6% dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp2,9 triliun.
 
Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan, pertumbuhan aset tersebut didukung oleh penyaluran pembiayaan sebesar Rp2,45 triliun per 30 September 2019, naik signifikan 93,3% dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp1,27 triliun.

"Kami tetap mengedepankan asas kehati-hatian dan mengutamakan kualitas pembiayaan sehingga dapat menjaga rasio kredit bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) pada level 0,78%, atau berada di bawah rata-rata NPF industri," kata Ristiawan melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Selasa (19/11/2019).
 
Adapun laba sebelum pajak atau profit before tax (PBT) tercatat sebesar Rp228,4 miliar per 30 September 2019, menghasilkan return on asset (ROA) menjadi 10,78%, naik 105 bps dari posisi 9,73% pada periode yang sama tahun lalu. Seiring dengan peningkatan ROA, return on equity (ROE) CNAF mencapai 14,40% per akhir September 2019.
 
Menurut Ristiawan, pihaknya optimis dapat mencapai target tahun 2019 dengan terus mengembangkan inisiatif bisnis melalui diversifikasi channel akuisisi seperti memperkuat cross selling dengan induk usaha PT Bank CIMB Niaga Tbk, penetrasi segmen digital dan memperkuat channel service to sales. Selain itu, penanganan terhadap portofolio kelolaan juga diperkuat melalui penerapan sejumlah strategi, salah satunya menjalankan program anti-attrition dan penerapan risk based pricing.
 
“Untuk menjawab tantangan kompetisi di masa depan, kami juga fokus melakukan inovasi pada layanan digitalisasi. Saat ini, kami tengah menyiapkan peluncuran transaksi pembiayaan berbasis digital platform guna mempermudah kebutuhan nasabah dan dealer rekanan CNAF,” jelas Ristiawan.
 
Pada sembilan bulan pertama yang berakhir 30 September 2019, CNAF menerima sejumlah penghargaan, diantaranya “Perusahaan Pembiayaan Terbaik 2019” untuk kategori aset Rp1 triliun–Rp5 triliun dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Ajang penghargaan dari APPI ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan pembiayaan yang mampu menorehkan kinerja dan prestasi gemilang.
 
CNAF juga mendapatkan Predikat “Sangat Bagus” untuk kategori aset Rp2,5 triliun-Rp5 triliun dalam Multifinance Award 2019 yang diselenggarakan majalah Infobank, dan Predikat “Excellent Financial Performance for Mutifinance Company” dengan aset Rp2,5-Rp5 triliun dan “Best Leader in Customer Engagement” dari majalah Warta Ekonomi. 

Di bidang corporate social responsibility, CNAF berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor - Dunia Indonesia untuk program CSR Kategori Pemberdayaan Petani Terbanyak se-Kabupaten Serang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sabtu, 07 Desember 2019 - 07:00 WIB

UNEP : 76% Karhutla 2019 di Lahan Terlantar

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Environment Programme (UNEP) mengeluarkan data terbaru yang menyatakan luasan hutan dan lahan terbakar pada tujuh provinsi di…

BKPM Kembali Gelar Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah dengan KPBU Pengembangan Kawasan Jogja Agro Techno Park

Sabtu, 07 Desember 2019 - 07:00 WIB

BKPM Kembali Gelar Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah dengan KPBU Pengembangan Kawasan Jogja Agro Techno Park

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas serta Kantor Bersama Kerjasama…

Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati

Sabtu, 07 Desember 2019 - 06:00 WIB

Untung Surapati akan Merehab Rumah Bung Karno di Surabaya

Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, Surabaya memiliki peran penting. Selain sebagai kota perdagangan dan kota maritim, Surbaya juga menjadi kota pahlawan yang menyimpan berbagai sejarah…

Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Sabtu, 07 Desember 2019 - 05:00 WIB

Panglima TNI : Gunakan Filosofi Ala Bisa Karena Biasa

Gunakan filosofi “ala bisa karena biasa” yang berorientasi pada azas tujuan dalam pembinaan, dengan pengembangan sistem dan metoda latihan yang berkelanjutan serta evaluasi dari setiap tahapan…

Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr.(Han),

Sabtu, 07 Desember 2019 - 05:00 WIB

Pangdivif 2 Kostrad Kunjungi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad di Merauke

Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr.(Han), didampingi Asops Kasdivif 2 Kostrad Kolonel Inf Septa Viandi Dwi dan Danbrigif Mekanis Raider…