Pefindo Turunkan Peringkat 4 Perusahaan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 19 November 2019 - 11:18 WIB

Para analis Pefindo, Niken Indiarsih jilbab biru
Para analis Pefindo, Niken Indiarsih jilbab biru

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat terhadap 4 perusahaan baik karena kinerja dan sumber keuangan terhadap kemampuan bayar surat utang yang diterbitkan.

Analis Pefindo Niken Indriarsih menyebutkan kemungkinan ada salah satu perusahaan yang terindikasi gagal bayar.

"Kemungikan gagal bayar ada dari Perum Perikanan Indonesia," katanya di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Pefindo menurunkan peringkat pertama Perum Perikanan Indonesia dan MTN I 2017 menjadi idBB+ dari idBBB-. Penurunan peringkat mencerminkan pandangan Pefindo bahwa likuiditas Perum Perikanan Indonesia melemah dan meningkatkan risiko pembayaran MTN yang akan jatuh tempo Agustus dan Desember 2020.

Kedua, Pefindo menurunkan peringkat terhadap PT Sumberdaya Sewatama dan obligasi I 2012 menjadi idCCC dari idB+ dan peringkat sukuk ijarah I 2012 menjadi idCCCsy dari idB+sy.

Ketiga, PT Semen Indonesia Tbk turun peringkatnya dan Penawaran Umum Berkelanjutannya obligasi I 2017 dan 2019 menjadi idAA dari idAA+

Keempat, peringkat Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) turun dan MTN I 2017 menjadi idBBB dari idBBB+ dan peringkat sukuk ijarah I 2017 menjadi idBBBsy dari idBBB+sy

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…

RUU Cipta Kerja

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:02 WIB

RUU Cipta Kerja Dinilai Mampu Munculkan Peluang Baru bagi Pekerja

Pembahasan RUU Cipta Kerja yang masih dilakukan oleh DPR mampu memunculkan peluang dan norma baru bagi pekerja dan pengusaha di Indonesia.