Sinergikan Kompetensi Dosen dan Industri 4.0, Kawan Lama Sejahtera Gelar Bincang Dosen se-Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 November 2019 - 15:21 WIB

Kawan Lama Sejahtera Gelar Bincang Dosen se-Indonesia
Kawan Lama Sejahtera Gelar Bincang Dosen se-Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri manufaktur jadi salah satu penopang pesatnya pertumbuhan ekonomi nasional. Contohnya pada sektor otomotif, Indonesia berperan penting dalam menghasilkan lulusan berkompeten, bahkan hingga level Internasional.

Agar makin kompetitif dalam persaingan, menjamin kualitas produksi tentu semakin jadi tuntutan. Perkembangan teknologi dan industri otomotif yang pesat juga wajib diimbangi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang melek teknologi, khususnya lulusan politeknik dan universitas yang mampu mendukung industri di masa mendatang menjadi sangat penting.

Untuk itu penerapan Geometrical Dimensioning & Tolerancing (GD & T) yang jadi kunci utama proses quality control (QC) produksi wajib tercipta. Melihat tantangan tersebut, PT Kawan Lama Sejahtera bersama dengan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) menggelar Seminar dan Workshop Nasional bertema Penerapan Ilmu Pengukuran Geometrical Dimensioning & Tolerancing (GD & T) di Dunia Industri Serta Pengembangannya ke Industri 4.0, pada 5-6 November 2019 di Auditorium Kawan Lama Cikarang dan di Mitutoyo Indonesia.

Acara yang didukung oleh brand asal Jepang, Mitutoyo ini dihadiri oleh dosen dari berbagai politeknik dan universitas di Indonesia. Sedikitnya terdapat 68 universitas dan politeknik mengikuti gelaran ini.

“Lewat workshop ini, Kawan Lama ingin berkontribusi, dengan mendekatkan dan sinergikan antara dunia pendidikan dan dunia industri. Kami berharap dengan kegiatan ini, para dosen bisa mendapatkan wawasan dan informasi tentang dunia industri sekarang ini, khususnya untuk alat pengukuran, mulai dari aplikasinya, penggunaan, serta level dari alat ukur yang digunakan. Nantinya, informasi ini bisa dibagikan ke peserta didik mereka,” ujar Albertus Primusanto, Direktur PT Kawan Lama Sejahtera di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Adapun acara ini didukung oleh para narasumber yang sudah ahli di bidangnya, yakni Sugeng (Quality Plant Operation Karawang 1, Department Head of PT Astra Honda Motor), David Chau (Head of Engineering Mitutoyo Solution Group Asia Pasific Pte Ltd. Singapore), Andy Hung (Director of Feeler Asia Area), Chan Hai Kiang (Representative South East Asia of Roders - German).

Dengan adanya sharing dari pelaku dunia industri dalam aplikasi terhadap alat ukur, ke depannya dapat membantu para dosen dan dunia pendidikan pada umumnya untuk lebih mendekatkan diri pada dunia industri. Adanya link and match dunia usaha dan dunia industri, merupakan keniscayaan untuk mempersempit celah antara dunia pendidikan dan kebutuhan industri.

Melihat tantangan di era Industri 4.0 seperti sekarang ini para dosen diharapkan bisa membuka diri dan kesempatan untuk lebih peka terhadap perubahan. Untuk itulah mereka perlu meningkatkan kompetensi, mulai dari pengetahuan, skill serta cara berpikirnya.

“Dosen harus banyak berinteraksi dengan para pelaku industri, seperti saat ini. Kemudian juga kunjungan ke dunia industri, sehingga semakin membuka wawasan para dosen untuk meningkatkan kemampuan mereka,” ungkap Hendra Suryanto, Kasubdit Pendidikan Vokasi dan Profesi, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Menurut Sugeng, Quality Plant Operation Karawang 1 Department Head PT Astra Honda Motor, mahasiswa D3 dan S1 selama ini banyak belajar tentang proses, namun metrologinya masih minim. Padahal ilmu metrologi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang nanti bekerja di industri manufacturing untuk proses produksi mesin otomotif seperti casting (pengecoran), machining (permesinan), painting (pengecatan), welding (pengelasan), dan assembling (perakitan).

Acara ini merupakan rangkaian dari acara Workshop Guru yang dihelat pada bulan Oktober lalu. Dukungan PT Kawan Lama Sejahtera dalam bidang edukasi, tak berhenti sampai di sini. Rangkaian acara edukasi akan terus berlanjut hingga tahun 2020 dan seterusnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:55 WIB

PT Bumi Resources Tbk Tegaskan Telah Bayar Keseluruhan Pokok dan Kupon Tranche A sebesar USD327,82 juta

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menegaskan telah memproses pembayaran kesepuluh sebesar USD6,51 juta melalui agen fasilitas pada tanggal 8 Juli 2020, yang mewakili bunga pinjaman sebesar USD6,51…

 PT Pegadaian (Persero)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:40 WIB

Pegadaian Terbitkan Obligasi Tahap II Senilai Rp1,5 Triliun

PT Pegadaian (persero) terbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Pegadaian Tahap II Tahun 2020 (Obligasi Tahap II) senilai Rp1,5 triliun dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Pegadaian Tahap II Tahun…

Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengadakan acara webinar My Turning Point, My New Normal melalui platform Zoom, pada hari ini, Kamis 9 Juli 2020.

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:25 WIB

Tokio Marine Life Insurance Indonesia Dorong Masyarakat Bersikap Positif dan Cermat Kelola Keuangan di Era New Normal

Jakarta 09/7/20 – Sejak pandemi COVID-19 merebak awal tahun ini, perlambatan ekonomi pun menjadi tak terelakkan. Sejumlah data yang dipaparkan oleh ekonom, menteri dan juga para pengusaha…

Serahterima KartaNU Cilegon (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 09 Juli 2020 - 20:55 WIB

Hore...Kartu Anggota NU Cilegon Berwujud ATM BNI Syariah

BNI Syariah menandatangani kerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cilegon terkait penerbitan kartu debit co-branding kartu anggota NU (KARTANU) yang bisa digunakan sebagai…

MenkopUKM Teten Masduki saat mengunjungi Dapur Bersama GoFood, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:35 WIB

MenkopUKM Apresiasi Dapur Bersama GoFood Fasilitasi UMKM Naik Kelas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi dibukanya Layanan Dapur Bersama GoFood yang dianggap selaras dengan visi dan konsep Rumah Produksi Bersama yang digagas oleh KemenkopUKM.