Sinergikan Kompetensi Dosen dan Industri 4.0, Kawan Lama Sejahtera Gelar Bincang Dosen se-Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 November 2019 - 15:21 WIB

Kawan Lama Sejahtera Gelar Bincang Dosen se-Indonesia
Kawan Lama Sejahtera Gelar Bincang Dosen se-Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri manufaktur jadi salah satu penopang pesatnya pertumbuhan ekonomi nasional. Contohnya pada sektor otomotif, Indonesia berperan penting dalam menghasilkan lulusan berkompeten, bahkan hingga level Internasional.

Agar makin kompetitif dalam persaingan, menjamin kualitas produksi tentu semakin jadi tuntutan. Perkembangan teknologi dan industri otomotif yang pesat juga wajib diimbangi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang melek teknologi, khususnya lulusan politeknik dan universitas yang mampu mendukung industri di masa mendatang menjadi sangat penting.

Untuk itu penerapan Geometrical Dimensioning & Tolerancing (GD & T) yang jadi kunci utama proses quality control (QC) produksi wajib tercipta. Melihat tantangan tersebut, PT Kawan Lama Sejahtera bersama dengan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) menggelar Seminar dan Workshop Nasional bertema Penerapan Ilmu Pengukuran Geometrical Dimensioning & Tolerancing (GD & T) di Dunia Industri Serta Pengembangannya ke Industri 4.0, pada 5-6 November 2019 di Auditorium Kawan Lama Cikarang dan di Mitutoyo Indonesia.

Acara yang didukung oleh brand asal Jepang, Mitutoyo ini dihadiri oleh dosen dari berbagai politeknik dan universitas di Indonesia. Sedikitnya terdapat 68 universitas dan politeknik mengikuti gelaran ini.

“Lewat workshop ini, Kawan Lama ingin berkontribusi, dengan mendekatkan dan sinergikan antara dunia pendidikan dan dunia industri. Kami berharap dengan kegiatan ini, para dosen bisa mendapatkan wawasan dan informasi tentang dunia industri sekarang ini, khususnya untuk alat pengukuran, mulai dari aplikasinya, penggunaan, serta level dari alat ukur yang digunakan. Nantinya, informasi ini bisa dibagikan ke peserta didik mereka,” ujar Albertus Primusanto, Direktur PT Kawan Lama Sejahtera di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Adapun acara ini didukung oleh para narasumber yang sudah ahli di bidangnya, yakni Sugeng (Quality Plant Operation Karawang 1, Department Head of PT Astra Honda Motor), David Chau (Head of Engineering Mitutoyo Solution Group Asia Pasific Pte Ltd. Singapore), Andy Hung (Director of Feeler Asia Area), Chan Hai Kiang (Representative South East Asia of Roders - German).

Dengan adanya sharing dari pelaku dunia industri dalam aplikasi terhadap alat ukur, ke depannya dapat membantu para dosen dan dunia pendidikan pada umumnya untuk lebih mendekatkan diri pada dunia industri. Adanya link and match dunia usaha dan dunia industri, merupakan keniscayaan untuk mempersempit celah antara dunia pendidikan dan kebutuhan industri.

Melihat tantangan di era Industri 4.0 seperti sekarang ini para dosen diharapkan bisa membuka diri dan kesempatan untuk lebih peka terhadap perubahan. Untuk itulah mereka perlu meningkatkan kompetensi, mulai dari pengetahuan, skill serta cara berpikirnya.

“Dosen harus banyak berinteraksi dengan para pelaku industri, seperti saat ini. Kemudian juga kunjungan ke dunia industri, sehingga semakin membuka wawasan para dosen untuk meningkatkan kemampuan mereka,” ungkap Hendra Suryanto, Kasubdit Pendidikan Vokasi dan Profesi, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Menurut Sugeng, Quality Plant Operation Karawang 1 Department Head PT Astra Honda Motor, mahasiswa D3 dan S1 selama ini banyak belajar tentang proses, namun metrologinya masih minim. Padahal ilmu metrologi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang nanti bekerja di industri manufacturing untuk proses produksi mesin otomotif seperti casting (pengecoran), machining (permesinan), painting (pengecatan), welding (pengelasan), dan assembling (perakitan).

Acara ini merupakan rangkaian dari acara Workshop Guru yang dihelat pada bulan Oktober lalu. Dukungan PT Kawan Lama Sejahtera dalam bidang edukasi, tak berhenti sampai di sini. Rangkaian acara edukasi akan terus berlanjut hingga tahun 2020 dan seterusnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…