OLX Group Tingkatkan Investasi di Frontier Car Group

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 November 2019 - 10:00 WIB

OLX
OLX

INDUSTRY.co.id - Berlin-OLX Group (OLX), bisnis iklan baris dari Prosus, dengan gembira mengumumkan rencana memperbesar kepemilikannya atas pasar mobil online Frontier Car Group (FCG). Rencana ini membuat  OLX Group menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut.

 Layanan kas instan (instant cash) dari FCG yang dikombinasikan dengan teknologi dan jangkauan iklan baris OLX telah mentransformasi pasar mobil online dan menjadikan proses pembelian dan penjualan mobil bekas menjadi lebih mudah dan efisien bagi para penjual individu, pembeli, serta dealer mobil bekas.

 Melalui FCG, dealer mobil bekas memiliki akses jangkauan yang lebih luas terhadap inventori, laporan inspeksi yang lengkap, rencana pembiayaan, panduan harga, dan layanan inovatif lainnya; sedangkan para penjual mendapatkan serangkaian layanan baru seperti “jaminan pembelian”, pemeriksaan, pembiayaan, dan sejumlah penawaran lainnya termasuk garansi dan asuransi. OLX menawarkan sebuah layanan pemasangan iklan (listing) yang mudah, terpercaya, dan sudah dikenal di pasar pembelian dan penjualan mobil bekas di seluruh dunia kepada para dealer dan penjual.

 Terintegrasinya kedua perusahaan ini akan mempercepat ekspansi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan layanan bagi para pembeli dan penjual, menciptakan tolok ukur baru industri dalam perdagangan mobil bekas. Para dealer akan mendapatkan manfaat dari peningkatan kecerdasan dalam Dealer Management System (DMS), sebuah kapabilitas penjualan kembali yang berkualitas dari OLX, dan data harga melalui Carfax dan produk-produk Blue Book-style. Penjual juga akan mendapatkan berbagai pilihan cara baru untuk menjual mobil melalui cara terpercaya dan transparan.

 OLX, perusahaan iklan baris global dengan pertumbuhan tercepat, pertama kali berinvestasi pada FCG sebesar US$89 juta di tahun 2018 memberikan modal bagi perusahaan rintisan (start-up) dari Berlin ini untuk meningkatkan layanan serta memperluas bisnisnya ke wilayah-wilayah baru, termasuk dengan mengakuisisi WeBuyAnyCar di Amerika Serikat. Saat ini kedua perusahaan bekerja sama di Amerika Latin, Asia, Polandia, di mana, secara kolektif, terdapat hampir 30 juta mobil bekas yang terjual setiap tahunnya – dua kali lebih besar dari penjualan di China.

 

OLX Group akan berinvestasi hingga US$400 juta, yang meliputi suntikan modal utama bagi FCG, kontribusi dari saham gabungan OLX di India dan Polandia, serta pembelian kembali saham yang dimiliki para investor awal, tergantung dari proses penawaran tender. Terlepas adanya pembelian kembali saham dari para investor saat proses tender, transaksi ini akan menjadikan OLX sebagai pemegang saham terbesar di FCG. Kesepakatan ini akan semakin memperkuat kemitraan di antara kedua perusahaan ini, dan membantu mempercepat ambisi FCG untuk menjadi salah satu dari lima pasar mobil terbesar di seluruh dunia.

 Martin Scheepbouwer, CEO OLX Group, mengatakan: “Bersama dengan FCG, kami berkeinginan untuk membangun sebuah pasar online (marketplace) untuk mobil bekas global yang terdepan, melalui penawaran layanan yang premium dan nyaman untuk jutaan pembeli, penjual dan dealer mobil. Kami berada di posisi yang unik yang dapat mempercepat perkembangan platform ini di seluruh dunia. Pengalaman kami di India membuktikan keberhasilan konsep ini, di mana dalam jangka waktu setahun, kerja sama kami telah meningkatkan jumlah toko sebesar tiga kali lipat, dengan volume penjualan mobil yang terus meningkat hingga 10% dari bulan ke bulan.”

 Sujay Tyle, Co-founder dan CEO Frontier Car Group, mengatakan: “Kinerja FCG meningkat hampir tiga kali lipat di setiap metrik utamanya semenjak OLX pertama kali berinvestasi kurang dari 18 bulan yang lalu, dan juga telah mengembangkan bisnis ke empat negara baru dalam kurun waktu tersebut. Hal ini adalah suatu pembuktian bagi tim FCG, adanya peluang pasar yang besar, serta hasil dari integrasi awal dengan OLX di pasar-pasar utama kami. Bersama dengan OLX dan Prosus, kami bertujuan untuk dapat mengubah pasar mobil bekas di berbagai negara maju maupun berkembang dengan menambahkan kepercayaan, transparansi, serta rangkaian layanan yang komprehensif bagi seluruh partisipan di ekosistem ini.”

 Sementara itu, optimisme pertumbuhan juga diyakini oleh OLX di Indonesia. OLX Indonesia telah berkolaborasi dengan entitas FCG di Indonesia, BeliMobilGue (BMG), selama satu tahun terakhir.

Presiden Direktur OLX Indonesia, Johan Nel, mengatakan: “Investasi dan kolaborasi yang lebih dalam pada level grup akan membawa momentum dan energi yang positif untuk entitas dari kedua pihak di Indonesia. OLX Indonesia dan BMG telah bermitra melalui serangkaian kegiatan selama 12 bulan terakhir dengan hasil yang menjanjikan. Kami yakin bersama kami dapat memberikan penawaran unik dan berbeda kepada para penjual, pembeli serta dealer dan menjadi online marketplace untuk mobil yang terdepan dan terintegrasi di Indonesia dalam waktu dekat.”

CEO BeliMobilGue, Johnny Widodo menambahkan, “Kami senang bisa memperkuat kerja sama melalui suntikan modal ini. Kami, OLX dan BMG, memiliki banyak rencana program yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan volume transaksi dan meningkatkan pangsa pasar kami. Platform kami pun akan terus bertumbuh untuk memudahkan pembeli, penjual maupun rekanan untuk bertransaksi, menjadikan kami sebagai online marketplace nomor satu untuk segmen mobil bekas di Indonesia.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…