OLX Group Tingkatkan Investasi di Frontier Car Group

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 November 2019 - 10:00 WIB

OLX
OLX

INDUSTRY.co.id - Berlin-OLX Group (OLX), bisnis iklan baris dari Prosus, dengan gembira mengumumkan rencana memperbesar kepemilikannya atas pasar mobil online Frontier Car Group (FCG). Rencana ini membuat  OLX Group menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut.

 Layanan kas instan (instant cash) dari FCG yang dikombinasikan dengan teknologi dan jangkauan iklan baris OLX telah mentransformasi pasar mobil online dan menjadikan proses pembelian dan penjualan mobil bekas menjadi lebih mudah dan efisien bagi para penjual individu, pembeli, serta dealer mobil bekas.

 Melalui FCG, dealer mobil bekas memiliki akses jangkauan yang lebih luas terhadap inventori, laporan inspeksi yang lengkap, rencana pembiayaan, panduan harga, dan layanan inovatif lainnya; sedangkan para penjual mendapatkan serangkaian layanan baru seperti “jaminan pembelian”, pemeriksaan, pembiayaan, dan sejumlah penawaran lainnya termasuk garansi dan asuransi. OLX menawarkan sebuah layanan pemasangan iklan (listing) yang mudah, terpercaya, dan sudah dikenal di pasar pembelian dan penjualan mobil bekas di seluruh dunia kepada para dealer dan penjual.

 Terintegrasinya kedua perusahaan ini akan mempercepat ekspansi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan layanan bagi para pembeli dan penjual, menciptakan tolok ukur baru industri dalam perdagangan mobil bekas. Para dealer akan mendapatkan manfaat dari peningkatan kecerdasan dalam Dealer Management System (DMS), sebuah kapabilitas penjualan kembali yang berkualitas dari OLX, dan data harga melalui Carfax dan produk-produk Blue Book-style. Penjual juga akan mendapatkan berbagai pilihan cara baru untuk menjual mobil melalui cara terpercaya dan transparan.

 OLX, perusahaan iklan baris global dengan pertumbuhan tercepat, pertama kali berinvestasi pada FCG sebesar US$89 juta di tahun 2018 memberikan modal bagi perusahaan rintisan (start-up) dari Berlin ini untuk meningkatkan layanan serta memperluas bisnisnya ke wilayah-wilayah baru, termasuk dengan mengakuisisi WeBuyAnyCar di Amerika Serikat. Saat ini kedua perusahaan bekerja sama di Amerika Latin, Asia, Polandia, di mana, secara kolektif, terdapat hampir 30 juta mobil bekas yang terjual setiap tahunnya – dua kali lebih besar dari penjualan di China.

 

OLX Group akan berinvestasi hingga US$400 juta, yang meliputi suntikan modal utama bagi FCG, kontribusi dari saham gabungan OLX di India dan Polandia, serta pembelian kembali saham yang dimiliki para investor awal, tergantung dari proses penawaran tender. Terlepas adanya pembelian kembali saham dari para investor saat proses tender, transaksi ini akan menjadikan OLX sebagai pemegang saham terbesar di FCG. Kesepakatan ini akan semakin memperkuat kemitraan di antara kedua perusahaan ini, dan membantu mempercepat ambisi FCG untuk menjadi salah satu dari lima pasar mobil terbesar di seluruh dunia.

 Martin Scheepbouwer, CEO OLX Group, mengatakan: “Bersama dengan FCG, kami berkeinginan untuk membangun sebuah pasar online (marketplace) untuk mobil bekas global yang terdepan, melalui penawaran layanan yang premium dan nyaman untuk jutaan pembeli, penjual dan dealer mobil. Kami berada di posisi yang unik yang dapat mempercepat perkembangan platform ini di seluruh dunia. Pengalaman kami di India membuktikan keberhasilan konsep ini, di mana dalam jangka waktu setahun, kerja sama kami telah meningkatkan jumlah toko sebesar tiga kali lipat, dengan volume penjualan mobil yang terus meningkat hingga 10% dari bulan ke bulan.”

 Sujay Tyle, Co-founder dan CEO Frontier Car Group, mengatakan: “Kinerja FCG meningkat hampir tiga kali lipat di setiap metrik utamanya semenjak OLX pertama kali berinvestasi kurang dari 18 bulan yang lalu, dan juga telah mengembangkan bisnis ke empat negara baru dalam kurun waktu tersebut. Hal ini adalah suatu pembuktian bagi tim FCG, adanya peluang pasar yang besar, serta hasil dari integrasi awal dengan OLX di pasar-pasar utama kami. Bersama dengan OLX dan Prosus, kami bertujuan untuk dapat mengubah pasar mobil bekas di berbagai negara maju maupun berkembang dengan menambahkan kepercayaan, transparansi, serta rangkaian layanan yang komprehensif bagi seluruh partisipan di ekosistem ini.”

 Sementara itu, optimisme pertumbuhan juga diyakini oleh OLX di Indonesia. OLX Indonesia telah berkolaborasi dengan entitas FCG di Indonesia, BeliMobilGue (BMG), selama satu tahun terakhir.

Presiden Direktur OLX Indonesia, Johan Nel, mengatakan: “Investasi dan kolaborasi yang lebih dalam pada level grup akan membawa momentum dan energi yang positif untuk entitas dari kedua pihak di Indonesia. OLX Indonesia dan BMG telah bermitra melalui serangkaian kegiatan selama 12 bulan terakhir dengan hasil yang menjanjikan. Kami yakin bersama kami dapat memberikan penawaran unik dan berbeda kepada para penjual, pembeli serta dealer dan menjadi online marketplace untuk mobil yang terdepan dan terintegrasi di Indonesia dalam waktu dekat.”

CEO BeliMobilGue, Johnny Widodo menambahkan, “Kami senang bisa memperkuat kerja sama melalui suntikan modal ini. Kami, OLX dan BMG, memiliki banyak rencana program yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan volume transaksi dan meningkatkan pangsa pasar kami. Platform kami pun akan terus bertumbuh untuk memudahkan pembeli, penjual maupun rekanan untuk bertransaksi, menjadikan kami sebagai online marketplace nomor satu untuk segmen mobil bekas di Indonesia.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…