OVO Dukung UMKM Jawa Tengah Go-Digital

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 November 2019 - 09:00 WIB

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng
Ganjar Pranowo Gubernur Jateng

INDUSTRY.co.id - Semarang-OVO , platform pembayaran digital terdepan di Indonesia berperan aktif dalam mendukung inisiatif Bank Indonesia untuk mempercepat penetrasi ekonomi digital di kalangan UMKM di Jawa Tengah dengan turut ambil bagian dalam acara UMKM Gayeng (Gelar Karya KreatifJateng), "Go Global Go Digital" yang digelar 1-3 November 2019 di Lawang Sewu. Di acara ini OVOkembali tegaskan komitmennya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi penggunaan Quick Response(QR) Code Indonesian Standard (QRIS).

Kegiatan sosialisasi dan edukasi QRIS pada acara UMKM Gayeng (Gelar Karya Kreatif Jateng), "Go Global Go Digital" di Semarang ini turut dihadiri oleh:

1. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi;

2. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo;

3. Asisten Gub, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta;

4. Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, Budi Hanoto;

5. Kepala Departemen Regional, Dwi Pranoto;

6. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng, Soeko Wardoyo; dan

7. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Hamid Ponco Wibowo

"Kami menyambut baik inisiatif QRIS dari Bank Indonesia. Keikutsertaan OVO pada acara UMKM Gayeng ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada pelaku UMKM dalam menghadapi ekonomi digital,khususnya dalam menghadapi penerapan QRIS secara menyeluruh pada tanggal 1 Januari 2020 mendatang. Kami percaya bahwa langkah ini akan meningkatkan pemerataan akses terhadap keuangandigital, serta mendukung pemerintah dalam menyukseskan Gerakan Nasional Non-Tunai sebagai akselerator dalam perkembangan ekonomi digital dan mendorong percepatan inklusi keuangan yangmerata di Indonesia. Melalui QRIS, kami berharap dapat memberdayakan lebih banyak UMKM diIndonesia, terutama di Jawa Tengah,’’ jelas Karaniya Dharmasaputra, President Director OVO.

Acara ini dimeriahkan dengan bazar dari 70 UMKM ekonomi kreatif Jawa Tengah yang memiliki potensiekspor. Selain itu, ada juga peragaan busana “Kesengsem Lasem” hasil karya kolaboratif dari perancang busana kenamaan, Didiet Maulana, dengan kelompok pengrajin batik lasem. Batik Lasem sendirimerupakan salah satu produk UMKM unggulan Jawa Tengah yang sudah mampu bersaing di pasarinternasional. Selama acara, baik pengunjung maupun pedagang sudah bisa melakukan transaksi dengan menggunakan QRIS yang didukung juga oleh sistem pembayaran dari OVO.

Pada acara ini OVO berkesempatan mengedukasi pelaku UMKM tentang peran QRIS untuk meningkatkan bisnis mereka, serta melakukan diskusi agar mereka dapat lebih maksimal mengadopsiteknologi yang semakin maju dan siap merambah pasar global. Selama dua tahun hadir di Indonesia,OVO senantiasa melayani seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari perorangan, mitra modern maupun UMKM, dengan memberikan kemudahan transaksi digital. Saat ini platform OVO sendiri dapat diterima di500.000 merchant , termasuk juga 300.000 UMKM. Karena itu, penting bagi OVO untuk terus

mendekatkan diri kepada para pelaku UMKM demi mencapai pemberdayaan ekonomi masyarakat

melalui teknologi digital.

Sebagai perusahaan dengan strategi ekosistem terbuka yang telah menyandang status sebagai Unicorn ke-5 di Indonesia, OVO menyambut program QRIS sebagai terobosan baru untuk membawa ekosistem keuangan digital Indonesia yang holistik, yang dapat mendorong akselerasi industri kecil menengah untuklebih maju di masa yang akan datang. Kemajuan ini diharapkan bisa membawa dampak positif terhadapekonomi secara menyeluruh dan mendorong tingkat inklusi keuangan serta akses keuangan yang merataguna mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…