GMF Resmikan Fasilitas Maintenance Control Center Baru

Oleh : Herry Barus | Kamis, 07 November 2019 - 06:00 WIB

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)
PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk., (GMF) meresmikan fasilitas New Maintenance Control Center (MCC) sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus berakselerasi dalam mengoptimalkan kinerja layanan Perusahaan khususnya pada bisnis line maintenance.

Area MCC yang sebelumnya berada di Hangar 2 GMF, kini berada di Hangar 4 yang merupakan hangar terbesar di dunia untuk pesawat narrow body, demi mengoptimalkan kebutuhan fasilitas penunjang tersebut. Berbekal teknologi teranyar, GMF terus berinovasi untuk selalu memastikan kelaikudaraan armada yang dirawat.

Direktur Utama GMF, Tazar Marta Kurniawan mengungkapkan bahwa pembaharuan fasilitas ini sejalan dengan komitmen Perusahaan untuk semakin mengoptimalkan komitmen layanan customer Total Solution Maintenance, yakni customer yang mempercayakan perawatan pesawatnya secara penuh kepada GMF.

“Dengan semakin meningkatnya jumlah pesawat yang kami rawat, tentunya kami senantiasa memperhatikan segala fasilitas penunjang mampu memberikan pelayanan prima, salah satunya MCC yang menjadi jantung perawatan Line Maintenance” kata Tazar.

Adapun fasilitas Maintenance Control Center (MCC) terbaru ini turut dilengkapi dengan  pengembangan  fitur teknologi digital yang semakin mengoptimalkan layanan perawatan pesawat secara menyeluruh dari aspek ketepatan efektivitas waktu dan biaya, hingga kualitas layanan yang semakin komprehensif.

Saat ini MCC milik GMF telah dilengkapi dengan video conference, dimana melalui teknologi ini memudahkan proses maintenance dalam hal verifikasi temuan khususnya untuk pengerjaan di outstation. Dengan teknologi video conference, GMF tidak lagi harus mengirimkan manpower troubleshooter ke outstation, sehingga dapat memaksimalkan efisiensi budget dan efektivitas waktu pengerjaan perawatan pesawat secara tepat guna.

Selain itu, melalui fasilitas New MCC ini, GMF juga menghadirkan aplikasi Mobile Tech Log yang memungkinkan teknisi mengakses dan menginput maintenance record dari setiap pesawat secara real-time sehingga dapat meminimalisir kesalahan input data.

MCC merupakan fasilitas penunjang vital bagi lini perawatan ringan pesawat yang beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk memastikan bahwa pesawat laik terbang. Adapun MCC bertugas untuk selalu memonitor kondisi pesawat secara real-time dari sisi teknis, yang nantinya data tersebut direkomendasikan kepada maskapai sebagai referensi rute yang akan diambil.

Kedepannya, dengan fasilitas kelas dunia ini Tazar optimistis akan dapat mengembangkan sektor line maintenance dengan menambah daftar customer Total Solution Maintenance. “Dengan lebih dari 1000 flight yang kami handle setiap harinya, ada tantangan besar untuk dapat bekerja tanpa cela. Untuk itu kami selalu berinovasi memberikan yang terbaik pada customer kami” jelas Tazar.

"Hadirnya fasilitas MCC ini memiliki arti tersendiri sebagai representasi komitmen GMF untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kami. Dengan fasilitas baru dan berbagai pengembangan kapabilitas dan kemampuan baru ini kami harapkan dapat semakin memperkuat visi kami menjadi penyedia solusi total MRO (maintenance, repair, overhaul) kelas dunia untuk semua pelanggan GMF”, tutup Tazar.

 

Sabet Tiga Penghargaan BUMN Branding & Marketing Award

Sejalan dengan komitmen untuk terus berinovasi, GMF kembali menorehkan prestasi membanggakan melalui ajang bergengsi BUMN Branding & Marketing Award 2019 yang diselenggarakan oleh majalah BUMN Track dengan tema "Beyond Innovation on Branding & Marketing", pada 5 November 2019 lalu di BallroomRitz-Carlton Mega Kuningan Jakarta.

Setelah berhasil melewati seleksi awal dewan juri yang diketuai oleh Prof. Rhenald Kasali, Phd., melalui kuesioner dan pemaparan materi, GMF berhasil membawa pulang penghargaan Brand Strategy terbaik Kategori Anak Perusahaan BUMN Tbk, International Collaboration for Branding & Marketing terbaik Kategori Anak Perusahaan BUMN Tbk, dan The Best Marketing Kategori Anak Perusahaan BUMN Tbk. Kedepannya, GMF akan terus melakukan terobosan baru melalui inovasi yang terus digencarkan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…