Segera Digelar, Pameran Plastics & Rubber Indonesia 2019 Hadirkan Inovasi dan Teknologi Terbaru di Industri Plastik dan Karet

Oleh : Hariyanto | Selasa, 05 November 2019 - 15:31 WIB

Pameran Plastics & Rubber Indonesia 2019 segera digelar
Pameran Plastics & Rubber Indonesia 2019 segera digelar

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pameran Plastics & Rubber Indonesia, pelopor pameran plastik dan karet di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara, akan kembali diselenggarakan untuk ke-32 kalinya mulai tanggal 20 hingga 23 November 2019 mendatang di Jakarta International Expo Kemayoran.

Menempati area seluas lebih dari 25,000 m², pameran bertaraf internasional ini fokus dalam memenuhi kebutuhan industri dengan menghadirkan mesin, pengolahan, teknologi dan inovasi terkini untuk pengemasan, cetakan, pewarna serta bahan plastik dan karet.

Diselenggarakan bersama DrinkTech Indonesia, Plaspak Indonesia, Mould & Die Indonesia, Printech Indonesia, dan pameran terbaru yang diluncurkan Perdana di tahun ini  yaitu Water Indonesia. Event Director PT Pamerindo Indonesia Maysia Stephanie menyatakan, lebih dari 500 perusahaan dari 22 negara dan 7 paviliun negara akan berpartisipasi dalam pameran Plastic & Rubber Indonesia 2019.

“Kami optimis dapat mencapai target kunjungan lebih dari 11,000 pelaku bisnis dan buyers. Mengangkat tema The Future of Plastic, para pengunjung akan melihat tren terbaru termasuk live demo mesin, bertemu pemain utama di industri terkait, serta mendapatkan beragam infomasi melalui seminar maupun potensi bisnis dari program business meeting kami; efektif dan efisien karena tersedia di bawah satu atap,” ujar Maysia di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

“Bergabungnya kami dalam pameran ini karena sesuai dengan visi kami yaitu menjadi One Stop Packaging Solution. Sebagai perusahaan penyedia mesin, suku cadang, perlengkapan, pameran ini membuka peluang bisnis baru dan kesempatan bisnis lebih besar. Pada tahun ini, kami akan memperkenalkan produk terbaru kami Rotogravure dan Flexographic, mesin yang memang sesuai dengan demand pasar.” ungkap Franky Moris H. Hutapea, President Director PT Victory Blessing Indonesia.

Tren industri ini juga dipicu oleh pertumbuhan pasar di Indonesia; industri plastik dan karet menjadi sektor yang mendapat prioritas pengembangan dari pemerintah Indonesia sesuai Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035. Pemain di hilir industri plastik lainnya adalah perusahaan-perusahaan pembuat, pengisian, dan teknologi pengemasan.

Rachmat Hidayat, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) menjelaskan bahwa 90% dari pemain Air Minum dalam Kemasan (AMDK) merupakan industri kecil dan menengah yang pastinya sangat membutuhkan teknologi yang tepat guna, efisien dan solutif dalam mendukung bisnisnya.

Pertumbuhan industri AMDK masih terus bergerak positif selama 2019, hal ini tentu berdampak pada industri pendukungnya yaitu pengemasan dan percetakan label. Kemenperin mencatat ada 925 perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk plastik. Sektor ini menyerap 37,327 orang tenaga kerja dan memiliki kesanggupan produksi sebesar 4,68 juta ton per tahun.

PT Victory Utama Lestari Jaya (Borch Machinery), sebagai distributor injection molding machine and accessories yang dipasarkan di Indonesia, menyatakan dengan dukungan pemerintah tersebut mereka dapat menetapkan arah dan mengakselerasi perkembangan bisnisnya dengan lebih tepat.

“Dengan sosialisasi yang baik salah satunya melalui pameran Plastic & Rubber Indonesia ini kami memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan penjualan perusahaan kami. Selain itu, kami juga bangga sudah mendapat kepercayaan dari pasar Indonesia,” ungkap Audie Tirtadjaja, Marketing Manager PT Victory Utama Lestari Jaya.

Pameran Plastic & Rubber Indonesia 2019 didukung oleh Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), ASRIM, IPF, IPR, ASPASDIN, GAPMMI, BPPI, APHINDO, dan GIATPI.

“Kami mengundang pelaku dan professional di industri plastik dan karet untuk menghadiri pameran yang menjadi barometer industri plastik dan karet di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Tak hanya menampilkan teknologi di industri plastik dan karet yang komprehensif, pameran ini juga menyuguhkan seminar mengenai inovasi dan peluang di industri terkait secara mendalam,” tutup Maysia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…