Ikrarkan Sumpah Pemuda, Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Menjunjung Tinggi Toleransi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 30 Oktober 2019 - 07:56 WIB

Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Menjunjung Tinggi Toleransi
Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Menjunjung Tinggi Toleransi

INDUSTRY.co.id - Jakarta  – Gerakan Satu Nusantara mengajak pemuda Indonesia untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda agar terciptanya persatuan bangsa Indonesia yang lebih erat. 

Satu Nusantara, yang di-inisiasi oleh ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) berkolaborasi dengan beberapa ikatan Alumni SMA Terbaik di Indonesia, lahir karena adanya keprihatinan terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini yang dihadapkan pada potensi disintegrasi bangsa dan terpolarisasi-nya masyarakat berdasarkan isu perbedaan, baik politik, suku, agama, ras maupun gender.

“Melalui Satu Nusantara kami ingin memperkuat dan menggelorakan kembali semangat persatuan & kebangsaan. Dengan kampanye #BedaSatukanKita, generasi muda harus diberikan inspirasi untuk melihat perbedaan sebagai sumber kekuatan dan pemersatu Bangsa Indonesia yang majemuk.” kata Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara A. Renard Widarto ditemui pada Diskusi Satu Nusantara di Kantor Lemhannas RI, Selasa (29/10/2019).

Acara Diskusi Satu Nusantara dibuka oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Dr.(H.C) Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla. Dengan tema “Memupuk Rasa Persatuan dan Toleransi Terhadap Perbedaan”. Acara Diskusi Satu Nusantara juga menghadirkan narasumber dengan latar belakang yang berbeda-beda. 

Pembicara yang hadir diantaranya adalah ajudan Presiden RI Kombes. Pol. Johnny Edison Isir, chairperson of the Purnomo Yusgiantoro Center Filda Yusgiantoro, presenter TV Putri Ayudya dan Putri Handayani yang tergabung dalam Seven Summits Mountaineering Mission.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Satu Nusantara untuk membuat diskusi ini, semoga kegiatan ini menjadikan semangat persatuan Sumpah Pemuda akan terus menyala dalam jiwa raga bangsa Indonesia” kata Kombes. Pol Jonny Edison Isir.

Dalam paparan Ketua Umum tentang Satu Nusantara, salah satu rangkaian kegiatan Satu Nusantara adalah menggelar Pawai Obor Nusantara yang akan diarak di seluruh penjuru nusantara hingga bulan Juli 2020. Pawai obor ini juga akan melibatkan pemuda setempat untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda.

Gerakan Satu Nusantara merupakan sebuah gerakan yang didirikan oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara dan bekerjasama dengan beberapa ikatan alumni SMA terbaik di Indonesia yang berusaha menggelorakan Semangat 'Satu Nusantara' kembali bagi generasi muda Indonesia. 

Melalui kampanye #BedaSatukanKita , gerakan ini ingin membangun kembali sebuah semangat bahwa keberagaman dan perbedaan harus dipahami sebagai kekayaan kita sebagai sebuah bangsa. Keberagaman dan perbedaan seharusnya dipandang sebagai sebuah kekuatan yang saling melengkapi di antara anak bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Mall

Senin, 13 Juli 2020 - 06:03 WIB

Cegah Penyebaran COVID-19 di Mal dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Di bukanya kembali fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan atau mal memang memiliki risiko penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Toilet Wisata Ramah Lingkungan

Senin, 13 Juli 2020 - 06:00 WIB

Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Toilet Wisata Ramah Lingkungan

Ketersediaan fasilitas sanitasi seperti toilet menjadi faktor penting dalam pelayanan sektor pariwisata. Bahkan beberapa survei menyebutkan keberadaan toilet publik yang bersih dan layak turut…

Ilustrasi Ujian Nasional

Senin, 13 Juli 2020 - 02:01 WIB

Ingat Ya Orangtua! Hari Ini Senin 13 Juli Mulai Masuk Sekolah, Berikut Daftar 104 Daerah yang Dapat Izin Mendikbud untuk Adakan KBM Tatap Muka

akarta- Waktu libur sudah usai, dan saatnya kembali sekolah dan memulai aktivitas belajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan izin 104 daerah yang bisa mengadakan kegiatan…

Ilustrasi pasar tradisional. (Foto: Sumut24)

Senin, 13 Juli 2020 - 01:04 WIB

Survei: Pria Lebih Berani Belanja Ke Pasar Tradisional Dibanding Perempuan

Jakarta-Generasi Z, yakni kelompok masyarakat dengan rentang usia 15 hingga 25 tahun di Jakarta akan menjadi kelompok usia yang paling berani beraktivitas di tempat publik saat New Normal ketimbang…

Ilustrasi limbah tambang

Senin, 13 Juli 2020 - 00:40 WIB

Keren! Pakar Klaim, Limbah Tambang Bisa Diolah Jadi Bahan Baku Industri

Jakarta-Sisa hasil produksi aktivitas pertambangan harus dapat dimanfaatkan secara optimal agar industri pertambangan di Indonesia tidak berdampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat…