Ikrarkan Sumpah Pemuda, Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Menjunjung Tinggi Toleransi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 30 Oktober 2019 - 07:56 WIB

Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Menjunjung Tinggi Toleransi
Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Menjunjung Tinggi Toleransi

INDUSTRY.co.id - Jakarta  – Gerakan Satu Nusantara mengajak pemuda Indonesia untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda agar terciptanya persatuan bangsa Indonesia yang lebih erat. 

Satu Nusantara, yang di-inisiasi oleh ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) berkolaborasi dengan beberapa ikatan Alumni SMA Terbaik di Indonesia, lahir karena adanya keprihatinan terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini yang dihadapkan pada potensi disintegrasi bangsa dan terpolarisasi-nya masyarakat berdasarkan isu perbedaan, baik politik, suku, agama, ras maupun gender.

“Melalui Satu Nusantara kami ingin memperkuat dan menggelorakan kembali semangat persatuan & kebangsaan. Dengan kampanye #BedaSatukanKita, generasi muda harus diberikan inspirasi untuk melihat perbedaan sebagai sumber kekuatan dan pemersatu Bangsa Indonesia yang majemuk.” kata Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara A. Renard Widarto ditemui pada Diskusi Satu Nusantara di Kantor Lemhannas RI, Selasa (29/10/2019).

Acara Diskusi Satu Nusantara dibuka oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Dr.(H.C) Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla. Dengan tema “Memupuk Rasa Persatuan dan Toleransi Terhadap Perbedaan”. Acara Diskusi Satu Nusantara juga menghadirkan narasumber dengan latar belakang yang berbeda-beda. 

Pembicara yang hadir diantaranya adalah ajudan Presiden RI Kombes. Pol. Johnny Edison Isir, chairperson of the Purnomo Yusgiantoro Center Filda Yusgiantoro, presenter TV Putri Ayudya dan Putri Handayani yang tergabung dalam Seven Summits Mountaineering Mission.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Satu Nusantara untuk membuat diskusi ini, semoga kegiatan ini menjadikan semangat persatuan Sumpah Pemuda akan terus menyala dalam jiwa raga bangsa Indonesia” kata Kombes. Pol Jonny Edison Isir.

Dalam paparan Ketua Umum tentang Satu Nusantara, salah satu rangkaian kegiatan Satu Nusantara adalah menggelar Pawai Obor Nusantara yang akan diarak di seluruh penjuru nusantara hingga bulan Juli 2020. Pawai obor ini juga akan melibatkan pemuda setempat untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda.

Gerakan Satu Nusantara merupakan sebuah gerakan yang didirikan oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara dan bekerjasama dengan beberapa ikatan alumni SMA terbaik di Indonesia yang berusaha menggelorakan Semangat 'Satu Nusantara' kembali bagi generasi muda Indonesia. 

Melalui kampanye #BedaSatukanKita , gerakan ini ingin membangun kembali sebuah semangat bahwa keberagaman dan perbedaan harus dipahami sebagai kekayaan kita sebagai sebuah bangsa. Keberagaman dan perbedaan seharusnya dipandang sebagai sebuah kekuatan yang saling melengkapi di antara anak bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…