ICDX Logistik Berikat Genjot Infrastruktur Dapat Suntikan Rp1,7 Triliun

Oleh : Wiyanto | Selasa, 29 Oktober 2019 - 16:31 WIB

ICDX Group, Guangxi Road and Bridge Engineering Group (GRBG) kembangkan infrastruktur Indonesia
ICDX Group, Guangxi Road and Bridge Engineering Group (GRBG) kembangkan infrastruktur Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ICDX Group, Guangxi Road and Bridge Engineering Group (GRBG) mengadakan pertemuan dalam rangka perumusan kerjasama dan penandatanganan konsensus antara Indonesia -China dibidang pembangunan dan pengembangan infrastruktur.

Menurut Petrus Tjandra, President Director PT ICDX Logistik Berikat, kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak ini sejalan dengan visi pemerintah kedepan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-S dan juga negara terkuat ke-4 di dunia.

"Guangxi Road and Bridge Engineering Group (GRBG) sendiri telah menyetujui untuk memberikan support kepada PT ICDX Logistik Berikat (ILB) senilai Rp. 17,1 triliun untuk proyek pembangunan infrastruktur dalam negeri," katanya di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Sebelumnya pada tanggal 14 Oktober 2019, PT ICDX Logistik Berikat (ILB) telah melakukan penandatangan 2 Head of Agreement (HoA) dengan PT Jasa Sarana senilai total Rp. 1,04 triliun dan juga PT Wijaya Karya (Persero) senilai Rp. 5 triliun melalui fasilitasi PINA. Penandatanganan ini diinisiasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) bertempat di Kantor Bappenas, Menteng. Selain itu PT ICDX Logistik Berikat (ILB) juga telah menandatangani HoA dengan PT Waskita Sriwijaya Tol senilai total Rp. 7,45 triliun pada tanggal 16 Oktober 2019.

Pemerintah mengkalkulasikan bahwa kebutuhan pendanaan untuk sektor infrastruktur dalam 5 tahun kedepan sampai 2024 mencapai 6.445 Triliun. Kebutuhan yang besar ini terhubung dengan pelaksanaan program pemerintah yang telah menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN 2020-2024). Prioritas nasional pemerintah dalam RPJMN tersebut adalah memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Dalam lima tahun ke depan, Indonesia tetap akan fokus membangun infrastruktur yang akan berdampak langsung secara sosial dan ekonomi.

Perumusan kerjasama strategis ini ditujukan untuk memperkuat ekonomi Indonesia dengan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur untuk menghubungkan hub industry dan ekonomi antar pulau dan dalam pulau. Koridor Ekonomi Komprehensif Regional akan membantu Indonesia mengembangkan pulaupulau terpisah dari Jawa. Perencanaan kerjasama ini juga ditujukan meringankan beban finansial dan meningkatkan ketahanan finansial dengan menciptakan Iapangan kerja baru. Kerjasama antara China Indonesia semata-mata ditujukan untuk stabilitas ekonomi Indonesia dan pemberdayaan sumberdaya Indonesia.

PT ICDX Logistik Berikat (ILB) siap menyambut kemajuan infrastruktur Indonesia dan bersinergi dengan program pemerintah yang visioner dalam 5 tahun kedepan. Kerjasama dengan Guangxi Road and Bridge Engineering Group (GRBG) dapat menjadi langkah awal pembangunan infrastruktur Indonesia yang terintegrasi. Guangxi Road dan Bridge Engineering Group (GRBG) sendiri merupakan salah satu perusahaan engineering terbesar di China yang bergerak di bidang konstruksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin