CNAF Raih Rekor MURI atas Pemberdayaan Petani Terbesar Untuk Lingkungan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 20 Oktober 2019 - 17:49 WIB

CNSF berikan bibit sengon kepada petani (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
CNSF berikan bibit sengon kepada petani (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Serang - Bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun  ke-38, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk pemberian dan penanaman 50.000 bibit pohon sengon kepada 500 petani di Kabupaten Serang, Banten.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan, upaya ini merupakan wujud komitmen dan dukungan CNAF untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kami berharap para petani dapat menggunakan hasil budi daya pohon sengon untuk membantu perekonomian anggota kelompok tani,” kata Ristiawan disela-sela acara pemberian Bibit Sengon di Serang, Minggu (20/10/2019).

Ristiawan mengatakan, alasan dipilihnya Kabupaten Serang sebagai pelaksanaan CSR tersebut adalah karena Serang merupakan kawasan industri dengan tingkat polusi yang lumayan tinggi selain Jakarta. Lewat kegiatan ini, CNAF juga meraih Penghargaan MURI sebagai Pemberdayaan Petani Terbesar Untuk Lingkungan.

"CSR ini merupakan bentuk kepedulian kita untuk melakukan bisnis berkesinambungan sustainability business, salah satunya untuk menurunkan tingkat polusi," tambah Ristiawan.

Para petani yang telah memperoleh bibit pohon sengon tersebut, dapat menanam, memelihara, dan mengelola hasil panen, dengan dibantu oleh para ketua kelompok tani serta Balai Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten yang akan melakukan kontrol dan evaluasi.

“Dengan pemilihan bibit yang baik dan lokasi penanaman yang sesuai, para petani dapat membudidayakan pohon sengon ini untuk mendapatkan hasil panen yang optimal,” ungkapnya.

Dimulainya program pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang budi daya pohon sengon antara CNAF dengan 20 kelompok tani yang mewakili 500 anggota.

“Kami bersyukur inisiatif CNAF ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai Penandatanganan MoU Penanaman Pohon Sengon kepada Petani Terbanyak dari 1 Kabupaten,” tambah Ristiawan.

Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut turut dihadiri oleh jajaran Direksi CNAF, Pejabat Sementara Kepala Desa Bandulu Tamami Ulum dan para pejabat setempat lainnya serta lebih dari 500 CNAF Volunteer.

CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) merupakan anak perusahaan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang bergerak dalam bidang pembiayaan kendaraan roda empat. Untuk meningkatkan sinergi, CNAF telah efektif melakukan pengabungan usaha (merger) dengan PT Kencana Internusa Artha Finance (KITAF) pada 2016, dimana CNAF merupakan Perusahaan yang menerima penggabungan (surviving entity).

Persentase kepemilikan saham CIMB Niaga atas CNAF menjadi 99,9%. Sisa kepemilikan saham CNAF dimiliki oleh PT Niaga Manajemen Citra sebesar 0,1%. Per 31 Desember 2018, CNAF memiliki 36 kantor cabang. CNAF memperoleh peringkat “AA idn” dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Bank BNI

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:31 WIB

Rayakan Ulang tahun ke-74 di Tengah Pandemi, Dirut Herry Sidharta: Sikap Sense of Crisis Tertanam dalam Benak BNI

Ulang tahun ke-74, yang jatuh hari ini, 5 Juli 2020, menjadi momen istimewa bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI karena hari bahagia itu dirayakan ketika Indonesia tengah dilingkupi…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…

Ilustrasi Rapid Test (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:31 WIB

Pakar Anggap Rapid Test Tak Akurat Cuma Jadi Ladang Bisnis, Netizen: Semoga di Laknat Dunia Akhirat

Program Rapid Test atau tes cepat untuk mengetahui dugaan awal virus Covid-19 yang digunakan oleh otoritas kesehatan dan Pemerintah dinilai berbagai pihak sudah tidak lagi layak untuk diteruskan.…