CNAF Raih Rekor MURI atas Pemberdayaan Petani Terbesar Untuk Lingkungan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 20 Oktober 2019 - 17:49 WIB

CNSF berikan bibit sengon kepada petani (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
CNSF berikan bibit sengon kepada petani (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Serang - Bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun  ke-38, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk pemberian dan penanaman 50.000 bibit pohon sengon kepada 500 petani di Kabupaten Serang, Banten.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan, upaya ini merupakan wujud komitmen dan dukungan CNAF untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kami berharap para petani dapat menggunakan hasil budi daya pohon sengon untuk membantu perekonomian anggota kelompok tani,” kata Ristiawan disela-sela acara pemberian Bibit Sengon di Serang, Minggu (20/10/2019).

Ristiawan mengatakan, alasan dipilihnya Kabupaten Serang sebagai pelaksanaan CSR tersebut adalah karena Serang merupakan kawasan industri dengan tingkat polusi yang lumayan tinggi selain Jakarta. Lewat kegiatan ini, CNAF juga meraih Penghargaan MURI sebagai Pemberdayaan Petani Terbesar Untuk Lingkungan.

"CSR ini merupakan bentuk kepedulian kita untuk melakukan bisnis berkesinambungan sustainability business, salah satunya untuk menurunkan tingkat polusi," tambah Ristiawan.

Para petani yang telah memperoleh bibit pohon sengon tersebut, dapat menanam, memelihara, dan mengelola hasil panen, dengan dibantu oleh para ketua kelompok tani serta Balai Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten yang akan melakukan kontrol dan evaluasi.

“Dengan pemilihan bibit yang baik dan lokasi penanaman yang sesuai, para petani dapat membudidayakan pohon sengon ini untuk mendapatkan hasil panen yang optimal,” ungkapnya.

Dimulainya program pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang budi daya pohon sengon antara CNAF dengan 20 kelompok tani yang mewakili 500 anggota.

“Kami bersyukur inisiatif CNAF ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai Penandatanganan MoU Penanaman Pohon Sengon kepada Petani Terbanyak dari 1 Kabupaten,” tambah Ristiawan.

Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut turut dihadiri oleh jajaran Direksi CNAF, Pejabat Sementara Kepala Desa Bandulu Tamami Ulum dan para pejabat setempat lainnya serta lebih dari 500 CNAF Volunteer.

CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) merupakan anak perusahaan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang bergerak dalam bidang pembiayaan kendaraan roda empat. Untuk meningkatkan sinergi, CNAF telah efektif melakukan pengabungan usaha (merger) dengan PT Kencana Internusa Artha Finance (KITAF) pada 2016, dimana CNAF merupakan Perusahaan yang menerima penggabungan (surviving entity).

Persentase kepemilikan saham CIMB Niaga atas CNAF menjadi 99,9%. Sisa kepemilikan saham CNAF dimiliki oleh PT Niaga Manajemen Citra sebesar 0,1%. Per 31 Desember 2018, CNAF memiliki 36 kantor cabang. CNAF memperoleh peringkat “AA idn” dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…