Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini

Oleh : Herry Barus | Jumat, 18 Oktober 2019 - 19:00 WIB

Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini
Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Maraknya bencana alam yang terjadi di Indonesia, mulai dari kebakaran hutan, gempa bumi, gelombang pasang hingga letusan gunung merapi yang baru- baru ini terjadi menginisiasi Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) menggelar simulasi tanggap bencana untuk murid sekolah dasar.

Mengusung tema “Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau sebagai edukasi tanggap bencana” ini dikarenakan korban jiwa dalam suatu bencana lebih banyak anak-anak karena kemampuan mereka menyelamatkan diri, dan pengalaman terhadap bencana minim.

“Edukasi tanggap bencana yang ditujukan bagi siswa SD dinilai penting karena bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.  Pada jenjang ini, anak-anak mulai belajar mandiri dan mulai menghabiskan waktunya di sekolah di luar pengawasan orang tua. Dikhawatirkan, bencana terjadi saat mereka sedang tidak bersama orang tua,” kata Ova Candra Dewi dari Departemen Arsitektur Fakultas Teknik UI dalam simulasi sigap kebencanaan, Kamis (17/10).

Lanjutnya, ada dua jenis bencana alam yang diambil sebagai tema simulasi yang disesuaikan dengan konteks geografis sekolah, yaitu gempa bumi untuk sekolah yang terletak di lokasi dengan kontur relatif berundak-undak dan banjir bandang untuk lokasi sekolah yang tepat bersebelahan dengan sungai.

Simulasi dilakukan dua kali di hari yang berbeda dengan melibatkan 15 siswa kelas 1-3 dan 15 siswa kelas 4-6.

Ova Chandra menambahkan bersama tim Sibat dan PMI Kabupaten Bogor, tim UI merancang skenario simulasi agar sedekat mungkin dengan keadaan sebenarnya. Keperluan yang mendukung simulasi tersebut seperti sirene, tenda P3K, titik dan arah evakuasi, dan lainnya telah disiapkan beberapa hari sebelum simulasi.

Beberapa hal menarik dari kegiatan simulasi ini adalah  sesuai SOP PMI, di akhir rangkaian mereka juga mendapatkan program healing seperti bernyanyi Bersama.

Healing untuk tanggap bencana sangatlah penting karena pada umumnya bencana meninggalkan trauma.

Setiap peserta diberikan lencana “Aku tanggap bencana” di akhir simulasi sebagai pertanda sebagaimana informasi ini penting bagi mereka, maka penting juga buat teman-teman sepermainan mereka.

"Karena itu mereka diminta agar berbagi tentang pengetahuan ini dengan teman-teman dan menjadi agen penyebar informasi sebagai wakil aku tanggap bencana,” tandasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…