Lewat BUMN Universities, BUMN Bersatu Cetak SDM Unggul

Oleh : Herry Barus | Jumat, 18 Oktober 2019 - 07:30 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno mendorong BUMN bersinergi mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tnah Air. Dukungan tersebut salah satunya melalui pendirian “BUMN Universities” yang merupakan sebuah bentuk transformasi dari  Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN ) menjadi  sebuah Universitas.

Hal ini diungkapkan Menteri Rini saat menyaksikan langsung Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pembentukan “BUMN Universities” yang dilakukan di Kantor Pusat PT Jasa Raharja di Jakarta pada Kamis (17/10/2019).

APERTI BUMN bersama Kementerian BUMN membuat nota kesepahaman dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarat, yang dilaksanakan dalam bentuk perjanjian kerja sama antara aliansi dengan Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri dan dengan BUMN-BUMN yang menaunginya.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan kementerian BUMN mendukung kampus-kampus naungan BUMN untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dan juga memberikan kontribusi untuk menyediakan SDM unggul Indonesia Maju yang sejalan dengan misi Presiden  Joko Widodo.

“Selama ini kan kita tahu masih terpecah-pecah. Masing-masing BUMN punya universitas sendiri. Ini kemudian yang mendorong saya untuk melakukan transformasi di mana kita bersatu, harus di bawah satu payung, tinggal nanti dibagi per fakultas. Sejalan dengan itu, kualitas tenaga pendidik juga kita tingkatkan sehingga kita bisa mencetak SDM unggul dan berkualitas,” ungkap Menteri Rini.

 

Sebagai informasi pada tahun 2017, Perguruan tinggi di bawah Badan Usaha Milik Negara membentuk Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN). Tujuan pendirian APERTI BUMN adalah untuk meningkatkan sinergi berbentuk sharing resources diantara anggota aliansi dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi, yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Aliansi perguruan tinggi tersebut terdiri dari Universitas Pertamina (di bawah PT Pertamina (Persero)), Telkom University dan ITT Surabaya (di bawah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk) , STIMLOG dan Poltekpos (di bawah PT Pos Indonesia), Univesitas Internasional Semen Indonesia (di bawah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk), dan STT-PLN (di bawah PT PLN (Persero)). Sementara, BRI Instutite (di bawah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan bergabung dalam waktu dekat.

“Untuk Telkom University kan sudah lama keberadaannya. Itu mungkin sudah bisa mandiri atau berdiri sendiri. Untuk yang baru kebentuk dan mau dibentuk kita jadikan ini sebagai wadah satu payung. Nantinya kita bagi per fakultas sesuai dengan seKtor-sektornya misalnya pertambangan, pertanian, dan lain-lain, “ imbuh Menteri Rini.

Digital Certificate

Di tempat yang sama, Menteri Rini juga menyaksikan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Jasa Raharja dan Perusahaan Percetakan Uang Republik Indonesia tentang Penerapan Digital Certificate Peruri pada Jasa Raharja di Aplikasi Perkantoran.

Digital Certificate adalah sebuah sertifikat untuk memastikan dan menjaga keamanan dokumen digital yang dihasilkan tetap terjaga keasliannya, keabsahannya, tidak mudah dipalsukan dan dapat diketahui jika ada pihak-pihak yang melakukan perubahan terhadap dokumen digital asli.

Di samping itu, proses persetujuan sebuah dokumen (pembubuhan digital certificate) lebih fleksibel dan dapat dilakukan dari mana saja dengan dukungan sistem online, sehingga staff tidak perlu menunggu pejabat memberikan tanda tangan di atas kertas.

Budi Rahardjo S. berharap, melalui kerja sama tersebut, Jasa Raharja dapat lebih meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik, melalui penambahan fitur digital certificate pada aplikasi perkantoran dan juga demi pemanfaatan produk serta jasa yang dimiliki oleh kedua belah pihak untuk lebih  menciptakan daya guna dari proses bisnis masing-masing perusahaan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…