Satgas Yonif 411 Kostad Gelar Cara Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah Perbatasan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 16 Oktober 2019 - 06:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostad Gelar Cara Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah Perbatasan
Satgas Yonif 411 Kostad Gelar Cara Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah Perbatasan

INDUSTRY.co.id - Merauke- Dalam rangka mengajarkan langkah kecil hidup sehat sejak dini kepada anak-anak sekolah di perbatasan RI-PNG, Pos Kuler Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad menggelar kegiatan cara cuci tangan dengan memakai sabun bertempat di SD YPK Kuler, Distrik Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (15/10/2019).

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) sedunia, diawali dengan penjelasan dari Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Letda Ckm Iwan Debri didepan siswa-siswi SD YPK Kuler tentang HCTPS dan tata cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Sebelum anak-anak mempraktekkannya, lima anggota Pos Kuler terlebih dahulu memberikan contoh melalui senam CTPS.

Ditambahkan oleh Bakes Pos Kuler Serka Shalihul A. Siregar, bahwa kegiatan ini dalam rangka peringatan HCTPS sedunia tahun 2019, yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober. “Bapak-bapak TNI disini akan mengajarkan adik-adik sekalian cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han. mengatakan, kegiatan mengajarkan cara cuci tangan pakai sabun sudah sering kita (satgas) kampanyekan dan laksanakan di sekolah-sekolah yang berada didekat Pos Satgas. “Langkah kecil ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi anak-anak sekolah,” ucapnya.

Menurutnya, tangan merupakan sumber segala bakteri tumbuh apabila anak-anak tidak membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan kegiatan. “Dengan membiasakan mencuci tangan sejak dini, maka kita membantu mereka tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan tentunya sebagai faktor pendukung dalam meraih prestasi,” pungkas Alumni Akmil tahun 2003.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPK Kuler Deniana Makailipessi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang telah mengajarkan siswa-siswinya pola hidup sehat melalui cara cuci tangan pakai sabun yang benar.

“Kami sangat senang Bapak-bapak TNI datang ke sekolah dan mengajarkan hal yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami di sekolah yang berada di perbatasan ini,” katanya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…