UP PKJ TIM-Komite Tari DKJ Menggelar Jakarta Dance Extravaganza

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Oktober 2019 - 21:00 WIB

UP PKJ TIM-Komite Tari DKJ Menggelar Jakarta Dance Extravaganza
UP PKJ TIM-Komite Tari DKJ Menggelar Jakarta Dance Extravaganza

INDUSTRY.co.id - Jakarta–UP Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki bekerja sama dengan Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta menyelenggarakan acara kolaborasi tari yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2019 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki.

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan potret mini sebuah percampuran kultur, sebuah ruang interaksi yang mempersoalkan identitas, kemudian terjadi silang pemikiran, sehingga memperkaya ekspresi dari tiap-tiap pelakunya. TIM tidak hanya sebagai tempat untuk mempresentasikan karya seni, tapi juga tumbuh sebagai ruang laboratorium seni.

Dalam hal tari juga tumbuh komunitas yang berlatih dan membuat karya di lingkungan TIM. Beragam kelompok tari berasal dari latar belakang yang berbeda. Ada yang mempertahankan budaya asal, ada yang bertahan dengan budaya Barat, ada yang berupaya memodernisasikan dengan membuat fusion antara budaya Timur dan Barat, ada yang setia dengan gaya populer, dan ada juga yang sepenuhnya sebuah karya dengan gaya yang baru. Di antara semuanya itu,  kebanyakan gagasan karya tentu lahir dan tumbuh dari kegelisahan menjalani hari-hari di Jakarta

“Selama dua hari pementasan Jakarta Dance Extravaganza (JDE) ini, kita diajak untuk melihat kembali sekelumit sejarah tumbuhnya seni di Taman Ismail Marzuki. Mereka yang akan tampil di JDE ini, ada yang telah ada sejak TIM berdiri, ada koreografer senior kerap berkarya di TIM, dan ada juga koreografer muda yang sering berlatih dan pentas di areal TIM, dan masih banyak yang lainnya,” jelas Kadisparbud DKI Jakarta, Edy Junaedi.

Senada dengan hal itu, Rusdy Rukmarata, Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta juga menyampaikan harapannya akan acara ini. “Keikutsertaan koreografer dan penari lintas genre dan lintas zaman dalam acara ini, saya yakin akan membuahkan harapan baru. Bahwa kalau kita bekerja sama, saling mendukung dan sering berbagi panggung bersama, dunia tari Indonesia pasti akan diperhitungkan. Bahkan, bisa menjadi primadona di dunia tari internasional.”

Imam Hadi Purnomo, Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki memiliki harapan besar terhadap acara ini. “Jakarta Dance Extravaganza ini adalah salah satu bukti adanya kolaborasi yang sangat harmonis dalam dunia seni. Kami berharap dan terus mendoakan agar kerja sama ini bisa berlanjut setelah adanya revitalisasi TIM dan sampai seterusnya, demi kemajuan dunia seni Indonesia.”

Selama Jakarta Dance Extravaganza, terdapat 10 kelompok tari yang akan tampil dengan latar belakang yang berbeda. Dalam rangkaian acara JDE juga akan dilaksanakan kegiatan Diskusi Tari pada tanggal 6 Oktober 2019 di Lobi Teater Besar dengan tema “Revitalisasi Tari di Jakarta” dengan Narasumber Aiko Senosoenoto, Rury Nostalgia, Frans Sartono dan moderator Tommy F. Awuy.

Agenda Jakarta Dance Extravaganza

5 Oktober  2019

1. Namarina Youth Dance

2. Street Pass

3. Studio Tari Universitas Negeri Jakarta

4. IKJ Dance Company

5. LKB Saraswati

6 Oktober 2019 :

1. EKI Dance Company

2. Padnecwara

3. Josh Marcy Company

4. Animal POP

5. Kampus Betawi

Diskusi

Tema : “Revitalisasi Tari di Jakarta“

Pencarian Terus Menerus Identitas Kultur Tari di Jakarta sebagai Urban Metropolitan

Waktu : 16.00 WIB

Tempat : Lobi Teater Besar

Narasumber :

1. Aiko Senosoenoto

2. Rury Nostalgia

3. Frans Sartono

Moderator : Tommy F. Awuy

Gratis dan terbuka untuk umum “Kuota terbatas”

Link Pendaftaran Pertunjukan : bit.ly/jakdanceextravaganza

Link Pendaftaran Diskusi : bit.ly/JDEdiskusitari

Pendaftaran sampai dengan tanggal 3 Oktober 2019

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…