Undang 50 Merek Global, API Bakal Pamerkan Ketangguhan Industri Tekstil Nasional

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 September 2019 - 10:40 WIB

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne P. Sutanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne P. Sutanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengundang 50 merek dan peritel global dari negara-negara importir garmen dunia datang ke Indonesia guna memaksimalkan ajang ekspor terbesar RI Trade Expo Indinesia (TEI) 2019.

"Kami undnag 50 merek global tersebut untuk menunjukkan kemampuan industri tekstil Indonesia dari hulu ke hilir kepada rantai pasok tekstil dunia, dan kami akan all out. Ini sangat positif," kata Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri API Anne P. Sutanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Anne, delegasi dari merek global tersebut akan melakukan kunjungan ke 11 pabrik tekstil dan garmen yang tersebar di empat provinsi, antara lain, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rencananya, lanjut Anne, pertama meraka akan mendarat di Yogyakarta untuk menikmati culture budaya Indonesia, kemudian akan visit ke pabrik-pabrik tekstil dan garmen. Selanjutnya, mereka akan terbang ke Jakarta untuk ajang TEI 2019.

"Kita memang hanya visit 11 pabrik, tapi kami akan showcase pabrik-pabrik yang memang mampu untuk ekspor, sehingga buyer-buyer ini melihatnya sebagai satu portofolio," terangnya.

Tak hanya itu, terang Anne, delegasi merek global tersebut juga akan mengikuti Trade Expo Indonesia Tesktil Showcase Summit (TEITSS) untuk mengetahui dan memahami industri tekstil Indonesia secara keseluruhan. 

Dimana nantinya, lanjut Anne, mereka dapat berkomunikasi dengan pihak pemerintah RI untuk mengetahui visi perekonomian Indonesia ke depan untuk menyakinkan para calon investor agar mau berinvestasi di Tanah Air. "Mereka bisa bertanya apa saja tentang tekstil dan produk tesktil Indonesia," ungkap Anne.

Anne berharap nilai transaksi produk tekstil dalam perhelatan TEI tahun ini bisa naik 20 persen dari tahun kemarin. "Kalau untuk invetasi kemungkinan baru bisa direalisasikan tahun depan, mengingat perhelatan TEI yang sudah memasuki akhir tahun," tutup Anne.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menristek Bambang Brodjonegoro

Kamis, 24 Oktober 2019 - 09:30 WIB

Awal Menjabat, Menristek Bambang Brodjonegoro Fokus Dirikan BRIN

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro resmi dilantik menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sejak 23 Oktober 2019, Periode 2019 - 2024…

Sharing Session jelang Indonesia Road Safety Award 2019 yang Berlangsung di Gedung Bapenas, Jakarta (foto: Dok)

Kamis, 24 Oktober 2019 - 08:59 WIB

Sharing Session Jelang Penghargaan IRSA 2019 Angkat Tema Smart City

Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 bakal kembali digelar untuk ketujuh kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.…

Loemongga Haoemasan, Istri Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 24 Oktober 2019 - 08:40 WIB

Loemongga Haoemasan, Istri Menperin Agus Gumiwang yang Mirip Marsha Timothy

Sosok sang istri Menteri Perindustian Agus Gumiwang yang cantik, Loemongga Haoemasan menarik perhatian publik.

Hospitality Indonesia Bangkitkan Gairah Pelaku Bisnis Lokal Eksis

Kamis, 24 Oktober 2019 - 08:30 WIB

Hospitality Indonesia Bangkitkan Gairah Pelaku Bisnis Lokal Eksis

Gelaran pameran industri hospitality dan desain satu-satunya di Indonesia, Hospitality Indonesia resmi digelar hari ini, Rabu, 23 Oktober 2019 di Hall A - Jakarta International Expo (JIExpo)…

Para peserta seminar PT Anabatic Digital Raya bertajuk Digitalk berpose seusai acara di Ngalup Coworking Space, Malang, Jawa Timur, Rabu (23/10/2019). (Foto: istimewa)

Kamis, 24 Oktober 2019 - 08:12 WIB

Perkuat Literasi Teknologi Kaum Milenial, Anabatic Digital Raya Gelar Seminar Big Data di Malang

Malang - PT Anabatic Digital Raya, anak usaha PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC), mengadakan seminar bertajuk Digitalk di Ngalup Coworking Space, Malang, Jawa Timur, Rabu (23/10/2019).