Undang 50 Merek Global, API Bakal Pamerkan Ketangguhan Industri Tekstil Nasional

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 September 2019 - 10:40 WIB

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne P. Sutanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne P. Sutanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengundang 50 merek dan peritel global dari negara-negara importir garmen dunia datang ke Indonesia guna memaksimalkan ajang ekspor terbesar RI Trade Expo Indinesia (TEI) 2019.

"Kami undnag 50 merek global tersebut untuk menunjukkan kemampuan industri tekstil Indonesia dari hulu ke hilir kepada rantai pasok tekstil dunia, dan kami akan all out. Ini sangat positif," kata Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri API Anne P. Sutanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Anne, delegasi dari merek global tersebut akan melakukan kunjungan ke 11 pabrik tekstil dan garmen yang tersebar di empat provinsi, antara lain, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rencananya, lanjut Anne, pertama meraka akan mendarat di Yogyakarta untuk menikmati culture budaya Indonesia, kemudian akan visit ke pabrik-pabrik tekstil dan garmen. Selanjutnya, mereka akan terbang ke Jakarta untuk ajang TEI 2019.

"Kita memang hanya visit 11 pabrik, tapi kami akan showcase pabrik-pabrik yang memang mampu untuk ekspor, sehingga buyer-buyer ini melihatnya sebagai satu portofolio," terangnya.

Tak hanya itu, terang Anne, delegasi merek global tersebut juga akan mengikuti Trade Expo Indonesia Tesktil Showcase Summit (TEITSS) untuk mengetahui dan memahami industri tekstil Indonesia secara keseluruhan. 

Dimana nantinya, lanjut Anne, mereka dapat berkomunikasi dengan pihak pemerintah RI untuk mengetahui visi perekonomian Indonesia ke depan untuk menyakinkan para calon investor agar mau berinvestasi di Tanah Air. "Mereka bisa bertanya apa saja tentang tekstil dan produk tesktil Indonesia," ungkap Anne.

Anne berharap nilai transaksi produk tekstil dalam perhelatan TEI tahun ini bisa naik 20 persen dari tahun kemarin. "Kalau untuk invetasi kemungkinan baru bisa direalisasikan tahun depan, mengingat perhelatan TEI yang sudah memasuki akhir tahun," tutup Anne.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…