BPDPKS Gandeng Kominfo guna Sampaikan Peran Strategis Sawit Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 September 2019 - 04:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta – Menanggapi isu kampanye negatif sawit di luar negeri, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam kegiatan kampanye sawit.

Kominfo dalam hal ini sebagai Government Public Relations (GPR),  sesuai dengan Inpres No.9 tahun 2015, berfungsi mengedukasi serta menyampaikan informasi terkait program kebijakan pemerintah kepada publik.

“Kegiatan sawit ini bertujuan mengedukasi masyarakat bahwa sawit merupakan komoditas paling strategis di Indonesia, bukan untuk membela perkebunan kelapa sawit apalagi membenarkan pembukaan lahan dengan pembakaran hutan,” kata Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Dono mengingatkan, kampanye negatif soal isu sawit yang terjadi di luar negeri harus direspon melalui konten positif yang berdasarkan fakta dan data.

“Hal ini harus dilakukan karena kampanye negatif ini telah berdampak pada kehidupan jutaan petani sawit Indonesia, serta jutaan orang lainnya yang bergantung hidupnya pada kelapa sawit,” ujarnya.

Sebagai komoditas strategis nasional, Dono juga menyinggung soal keuntungan yang didapat Indonesia dari sektor sawit.

Ia mengungkapkan, sektor sawit Indonesia menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia, berperan terhadap 3,5% GDP Indonesia, berpengaruh positif terhadap neraca perdagangan, juga sebagai instrumen ketahanan energi nasional.

"Sejak Agustus 2015 sampai dengan Juli 2019, hasil olahan sawit (biodiesel) telah menggantikan lebih dari 12,61 juta Kilo Liter (KL) bahan bakar fosil," tegas Dono.

Kemudian Dirut BPDPKS itu juga menyebutkan hasil olahan sawit Indonesia yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga tidak bisa terlepas dari sawit yang merupakan komponen dalam berbagai kebutuhan pokok untuk makanan, keperluan mandi, kosmetik, dan bahan bahan konsumsi lainnya,” papar Dono.

Sementara itu, sebelumnya pada 29 Agustus lalu, pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendorong seluruh perusahaan sawit untuk berpartisipasi dalam program sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO).

Diungkapkan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang, sertifikasi ISPO ini wajib dilakukan agar minyak sawit Indonesia dapat diterima dan memikili posisi tawar yang tinggi di pasar ekspor.

"Maka setelahnya pengelolaan perkebunan sawit Indonesia juga dapat dilakukan secara berkelanjutan," tandas dia.

Selain itu, penerapan ISPO juga merupakan langkah yang harus ditempuh Indonesia guna menghadapi tudingan-tudingan negatif yang di alamatkan kepada sawit Indonesia.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bhinneka Life

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 20:16 WIB

Bhinneka Life Luncurkan Program Save Pro

Jakarta – Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali mewujudkan komitmennya untuk terus berinovasi mengembangkan produk dan layanan melalui peluncuran…

Topping off Tamansari Bintaro Mansion

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 17:32 WIB

Tamansari Bintaro Mansion Siap Serah Terima Tahun 2020

Tangerang - Tamansari Bintaro Mansion, Apartment besutan PT WIKA Realty yang bekerjasama dengan PT Gaharu 88 Property dan berlokasi di Jl. Jombang Raya Kav. 88, Tangerang Selatan ini telah memasuki…

Area Parkiran/ilustrasi

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:42 WIB

Potensi Pendapatan Parkir DKI Jakarta Mencapai Rp 2 Triliun

Jakarta-Pertumbuhan kendaraan baru di ibu kota yang kian tak terkendali data Statistik Transportasi DKI Jakarta 2018, mobil penumpang mencatat pertumbuhan tertinggi 6,48% per tahun pada periode…

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:02 WIB

Ekspor dan Pupulasi Industri Terus Naik

Nilai ekspor sektor industri mengalami peningkatan setiap tahunnya selama 2015-2018. Pada tahun 2015, tercatat nilai eskpor sektor industri sebesar USD108,6 Miliar, melonjak menjadi USD130 Miliar…

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), inovator yang mendukung perusahaan skala enterprise melalui solusi dan mitra terbaik agar berbagai perusahaan dapat mewujudkan kinerja yang unggul,…