HK Garap Pembangunan Lawe-Lawe Facilites Milik Pertamina

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 September 2019 - 17:00 WIB

HK Garap Pembangunan Lawe-Lawe Facilites Milik Pertamina
HK Garap Pembangunan Lawe-Lawe Facilites Milik Pertamina

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Menjelang akhir tahun 2019, PT Hutama Karya (Persero) akan mengerjakan mega proyek baru di bidang Engineering, Procurement, and Constructions (EPC) – nya. HK secara resmi akan menggarap pembangunan upgrade Fasilitas Kilang Minyak milik PT Pertamina (Persero) yang berlokasi di Kelurahan Lawe-Lawe, Kabupaten Penajam Paser Utara– Kalimantan Timur.

Bertempat di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero), Senin (16/9/2019)manajemen PT Hutama Karya (Persero) secara resmi melakukan signing kontrak proyek “SiteDevelopment Lawe-Lawe Terminal Facility Project RDMP RU-V Balikpapan”.

Penandatanganan ini dilakukan antara Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PTPertamina (Persero), Ignatius Tallulembang selaku owner dengan General Manager of China Petroleum Pipeline Engineering Co., Ltd. (CPP), Mr. Dong Xu dan Kepala Divisi EPC PT Hutama Karya (Persero), Selo Tjahjono selaku kontraktor kontraktor konsorsium dengan disaksikan langsung oleh Direktur Utama HK, Bintang Perbowo dan Executive Vice President of CPP, Mr. Chen Qinxun.

Direktur Utama HK, Bintang Perbowo menyatakan bahwa dalam proyek ini HK mendapatkan porsi JO 47% dari total kontrak Konsosrsium HK-CPP senilai 3,7 triliun rupiah. “Kami sangat bangga dapat menggarap kembali salah satu proyek EPC Pertamina ini. Kami memastikan bahwa kami akan memberikan deliverable yang baik dalam proyek ini dengan kualitas yang maksimal serta tepat waktu dalam penyelesaian pekerjaannya,” terang Bintang di sela-sela seremoni penandatanganan kontrak.

Dalam proyek yang akan memakan waktu selama kurang lebih 2,5 tahun ini, Hutama Karya akan bertanggung jawab untuk mengerjakan upgrade fasilitas penunjang kilang minyak di Lawe-Lawe untuk onshore facilites meliputi pembangunan utility area, civil work untuk crudestorage tank, fire water tank, dan fasilitas penunjang lainnya.

Kepala Divisi EPC PT Hutama Karya (Persero) menuturkan bahwa upgrade fasilitas penunjang kilang minyak ini perlu dilakukan Pertamina sejalan dengan bertambahnya kapasitas minyak mentah disana.

“Karena adanya kenaikan kebutuhan minyak mentah di Indonesia maka Refinery Development Master Plan (“RDMP”) RU-V Balikpapan bermaksud untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan yang ada di fasilitas eksisting di Revinery Unit tersebut. Pada proyek ini bagian yang akan ditingkatkan adalah pembangunan dua tangki penyimpanan crude oil masingmasingsebesar 1 juta barrel, single point mooring (SPM), pipeline baik offshore maupun onshore, serta utilitas pendukung.,” tutur Selo menerangkan.

Lebih lanjut, Selo juga mengungkapkan rasa bangganya bahwa HK dapat terlibat dalam pengerjaan salah satu satu proyek EPC yang cukup penting di tahun 2019 ini.

“Hal ini berkat kerja keras tim dan yang pasti portofolio Hutama Karya yang baik di bidang EPC. Oleh karena itu kami tak bosan untuk selalu meningkatkan kualitas kami, melengkapi berbagai persyaratan, serta sertifikasi di bidang HSE yang saat ini menjadi suatu pertimbangan pentingketika akan melakukan tender proyek besar,” pungkas Selo menambahkan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.

FGD KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Senin, 21 Oktober 2019 - 16:39 WIB

Butuh Keputusan Politik yang Kuat untuk Melindungi Lahan Pertanian

Jakarta-Anggota DPR RI Herman Khaeron mengatakan, untuk mewujudkan etahanan pangan nasional perlu keputusan politik yang kuat dari pemerintah. Sebab, berbagai masalah yang muncul sebagai kendala…