Bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Pegadaian Berikan Edukasi Indonesia Bersih di Bekasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 September 2019 - 14:44 WIB

Pegadaian Berikan Edukasi Indonesia Bersih di Bekasi
Pegadaian Berikan Edukasi Indonesia Bersih di Bekasi

INDUSTRY.co.id - Bekasi - PT Pegadaian (Persero) berkesempatan menjadi bagian dari Kunjungan Kerja kegiatan edukasi Gerakan Indonesia Bersih bersama Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo, yang diselenggarakan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja di kelurahan Bahagia, kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini perseroan, berkesempatan memberikan edukasi terkait pengolahan sampah menjadi emas sesuai panduan CSR (Corporate Social Responsiblility) Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari tiga program yaitu Pro Planet (bersih-bersih lingkungan), Pro Profit (bersih-bersih administrasi), dan Pro People (bersih-bersih hati). 

"Program bersih-bersih Pegadaian ini telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, dimana masyarakat dapat mengubah dan mengolah sampah menjadi tabungan emas. Hingga saat ini program tersebut sudah tersebar di 56 kota besar di seluruh Indonesia," kata Kepala Divisi Kemitraan Bina Lingkungan (KBL) Hertin Maulida di Bekasi (16/9/2019).

Selain memilah sampah menjadi emas, Hertin menambahkan bahwa program Bersih-Bersih Pegadaian juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, memberikan pengetahuan tentang pengelolaan sampah, dan mendorong inklusi keuangan serta kesejahteraan hidup masyarakat.

Dijelaskan bahwa proses pengelolaan sampah di program tersebut sangatlah selektif, karena harus memisahkan sampah antara organik dan nonorganik.

"Dimulai dari pemilihan sampah yang diambil dari sampah rumah tangga yang berdasarkan jenis sampah seperti organik dan anorganik, sehingga sampah-sampah yang sudah dikumpulkan dapat melalui proses penyetoran, penimbangan, penghitungan, hingga tahap akhir hasil penimbangan dan konversi jumlah sampah ke dalam tabungan emas." katanya.

Ibu Negara Iriana berharap, Kali Bahagia tidak lagi tertutup sampah plastik. Ia juga berharap kesadaran warga di Babelan meningkat untuk menekan sampah plastik melalui sosialisasi dari posyandu, tokoh masyarakat, dan unsur RW.

Sebagai informasi, saat ini, Indonesia merupakan penghasil sampah dengan jumlah rata-rata produksi sampah mencapai 175.000 ton per hari atau setara dengan 64 juta ton per tahun. Melalui Gerakan Indonesia Bersih, pemerintah semakin giat memaksimalkan penerapan 3R (reduce, recycle, reuse) demi perbaikan pengelolaan sampah yang lebih baik di Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…