Dorong Penyaluran KUR dan Revitalisasi Danau Ranupani Bagi Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 September 2019 - 07:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Lumajang– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terus mendorong sinergi BUMN dalam meningkatkan perbaikan kesejahteraan masyarakat. Kali ini, Menteri Rini bertemu masyarakat Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang yang mendapat bantuan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hasil sinergi PT Bank Rakyat Indonesia (Pesero) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) pada Rabu (10/09/2019).

Dalam sinergi ini, BRI menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro kepada nasabah Mekaar naik kelas di mana nasabah Mekaar yang telah dinyatakan lulus dalam proses pembinaan yang dilakukan oleh PNM untuk mendapatkan akses pembiayaan KUR Mikro BRI.

 

Para nasabah Mekaar yang menerima KUR umumnya memiliki usaha yang bergerak di bidang perdagangan, peternakan, dan pertanian.

“Saya menyambut baik program dan sinergi sperti ini bagaimana kita terus mendorong agara nasabah bisa meningkat lagi kapasitas usahanya agar lebih produktif lagi dan lebih mampu bersaing. Semoga ini bermanfaat dan ibu-ibu bisa menabung dan membantu ibu-ibu Mekaar bisa sukses dan sejahtera,” ungkap Menteri Rini.

Di tempat yang sama, Catur Budi Harto, Wakil Direktur Utama BRI mengungkapkan, kriteria nasabah Mekaar naik kelas diantaranya menjadi nasabah aktif, tidak pernah mempunyai tunggakan angsuran selama menjadi nasabah, memiliki prospek usaha yang baik dan memerlukan pembiayaan dari perbankan serta mempunyai catatan yang baik.

BRI memberikan kemudahan syarat bagi nasabah Mekaar naik kelas yang akan mengajukan pembiayaan. Syaratnya cukup direkomendasi oleh PNM, memiliki kegiatan usaha, tidak diminta agunan tambahan, proses cepat dan langsung masuk rekening tabungan. Syarat lain yakni nasabah tidak sedang memiliki kredit produktif di bank lain serta tidak pernah menunggak angsuran.

Tak sekedar memberikan pembiayaan, BRI melalui program “BRIncubator”  juga melakukan pendampingan kepada seluruh nasabah Mekaar yang naik kelas. Pendampingan ini dilakukan secara berkelanjutan oleh tenaga marketing Bank BRI dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi  para pengusaha agar bisnisnya semakin meningkat.

“Kami akan senantiasa memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah Mekaar yang akan dan telah naik kelas melalui pembiayaan KUR BRI. Harapan kami, mereka dapat meningkatkan daya saingnya dan akhirnya bisnisnya dapat terus berkembang, “ ungkap Catur.

PT PNM mencatat, saat ini sudah terdapat 1.146.647 nasabah Mekaar di Provinsi Jawa Timur dengan total dana penyaluran sebesar Rp 1,96 Triliun. Sementara di Kabupaten Lumajang sendiri tercatat ada 35.154 nasabah Mekaar dengan total penyaluran dana sebesar Rp 51,32 Miliar dimana terdapat 15 nasabah sudah mendapat KUR naik kelas dan 50 nasabah tercatat sebagai nasabah potensial.

Sementara BRI mencatat di periode Januari hingga Juni 2019, perseroan berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 50,3 triliun kepada lebih dari 2,4 juta debitur. Ini setara dengan 57,8% dari target penyaluran KUR BRI yang di breakdown oleh pemerintah di tahun 2019 yakni sebesar Rp 86,97 triliun.

Revitalisasi Danau Ranu Pane

Di tempat yang sama, Menteri Rini juga mendorong BUMN untuk meningkatkan kepedulian bagi masyarakat melalui program-program pemberdayaan lingkungan dan ekonomi masyarakat. Di Danau Ranu Pane, Bank BRI kembali menyalurkan CSR BRI Peduli lingkungan dan sarana umum kepada masyarakat di sekitar danau.

 Penyaluran bantuan tersebut berupa revitalisasi Danau Ranu Pane berupa pengerukan tanah atau pelebaran danau yang menyempit karena sedimentasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan alat berat dan kerja bakti dari warga.

Selain itu dilakukan penghijauan berupa penanaman Bibit Pohon di sekitar area Ranu Pane, dimana BRI bekerjasama dengan Perhutani/Balai Lingkungan Hidup/Instansi Lingkungan Hidup setempat untuk penyediaan bibit pohon serta pembangunann Rest Area yang akan digunakan sebagai tempat istirahat para pendaki sebelum memulai pendakian Gunung Semeru.

Infrastruktur yang akan dibuat antara lain pembangunan pintu gerbang, pembangunan area parkir kendaraan bermotor, mini landscape, lapangan olahraga, MCK,  kios UMKM, gazebo.

Dalam rangkaian yang sama, Menteri Rini juga ikut melakukan penanaman lima ribu bibit pohon Cemara Gunung di sekitar hutan lindung gunung Semeru dan merevitalisasi shelter yang digunakan oleh para pendaki.

“Harapannya ini nanti dapat memperbaiki kondisi alam gunung Semeru dan danau Ranu Pane, serta dapat mendorong peningkatan aktivitas kunjungan wisatawan yang dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat sekitar. Semoga kita bisa menjaga bersama-sama,” ungkap Menteri Rini.

Adapun pengerukan terhadap Danau Ranu Pane akan dilakukan secara bertahap untuk mengembalikan kedalaman danau ke kondisi semula, yakni sekitar 12 meter. Pengerukan juga akan menciptakan mata air baru di sekitar lingkar bibir danau yang nantinya juga akan menunjang ekologi di sekitar danau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…