Pabrik Baru Ikimura Group di KNIC Bakal Tambah Kapasitas Produksi Hingga Dua Kali Lipat

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC (Foto: Industry.co.id)
Pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC (Foto: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Perusahaan cutting tools terkemuka di Indonesia, PT. Ikimura Indotools Center menggelar acara pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik barunya di Karawang New Industrial City (KNIC), Jumat (23/8). Dalam acara tersebut, turut hadir seluruh Direksi Ikimura Group diantaranya, Deputy Director Ikimura Group Abigael Jane S. Abas, Direktur Ikimura Group Hardianto Abas, serta General Manager Ikimura Group, Jonathan Abas.

Selain itu, juga turut hadir sejumlah kontraktor, pihak KNIC selaku pengelola kawasan industri, dan juga pemerintah daerah setempat.

Abigael Jane S. Abas selaku Deputy Director Ikimura Group mengatakan, pihaknya sangat antusias dalam menyelesaikan seluruh proses pegembangan pabrik baru ini. Menurut Jane, pabrik baru ini nantinya akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan.

"Yang pasti nantinya seluruh pabrik [Machining Mandiri Pratama, Ikimura Indotools Center, MPU, Ikitech Precision Grinding] akan dijadikan satu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan," kata Jane kepada Industry.co.id.

Ditambahkan Jane, pihaknya menargetkan proses pembangunan pabrik barunya ini dapat selesai dalam waktu 6 [enam] bulan. Namun, untuk operasional seluruhnya mungkin masih butuh waktu satu tahun kedepan. "Planingnya sih sekitar 6 bulan, untuk fully operation masih butuh 1 tahun lagi," terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap proses pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC berjalan lancar dan sesuai dengan planing yang diharapkan. 

Lebih lanjut, Jane menjelaskan, untuk kapasitas produksi masih belum ada perubahan yang signifikan. Tetapi, ia berharap dengan beroperasinya pabrik baru dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga dua kali lipat, bahkan lebih dari pada produksi saat ini. 

"Untuk kapasitas produksi tidak berubah selama belum ada penambahan mesin, tapi kami berharap dengan beroperasinya pabrik baru ini kapasitas produksi akan bertambah dua kali lipat, karena lahannya lebih luas. Yang jelas lebih efektif dan efisien," kata Jane. 

Sebelumnya, General Manager Ikimura Group Jonathan Abas mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 1 hektar untuk pengembangan pabrik barunya di KNIC yang akan dibagi menjadi 4 [empat] tahap. 

Tahap pertama, pembangunan pabrik Machining Mandiri Pratama (MMP) yang merupakan sister company PT. Ikimura Indotools Center. Tahap kedua, pembangunan pabrik Ikitech. Sedangkan tahap ketiga yaitu pembangunan gedung Ikimura Indootools yang akan menjadi ruang Showroom produk-produk Ikimura Group. 

"Disana nantinya akan dipamerkan produk-produk unggulan kami seperti, Kyocera, Ryobi, Losma dan lainnya, serta office dan gudang" terang Jonathan.

Selanjutnya tahap terakhir yaitu pembangunan gedung multifungsi. "Gedung ini kedepannya akan digunakan oleh MMP ataupun untuk disewakan," tuturnya.

Lebih lanjut, Jonathan menjelaskan, nantinya seluruh pabrik yang berada di KNIC akan memproduksi spesial cutting tools dan industri mechining yang dikhususkan untuk manufaktur. Ia pun menargetkan, pabrik tersebut dapat beroperasi pada Oktober 2020. "Kami berencana mulai beroperasi pada Oktober 2020," katanya.

Kedepan, pihaknya berencana akan memperluas jaringan pasarnya dengan masuk ke industri transportasi, seperti pesawat terbang dan kereta api.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…