Pabrik Baru Ikimura Group di KNIC Bakal Tambah Kapasitas Produksi Hingga Dua Kali Lipat

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC (Foto: Industry.co.id)
Pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC (Foto: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Perusahaan cutting tools terkemuka di Indonesia, PT. Ikimura Indotools Center menggelar acara pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik barunya di Karawang New Industrial City (KNIC), Jumat (23/8). Dalam acara tersebut, turut hadir seluruh Direksi Ikimura Group diantaranya, Deputy Director Ikimura Group Abigael Jane S. Abas, Direktur Ikimura Group Hardianto Abas, serta General Manager Ikimura Group, Jonathan Abas.

Selain itu, juga turut hadir sejumlah kontraktor, pihak KNIC selaku pengelola kawasan industri, dan juga pemerintah daerah setempat.

Abigael Jane S. Abas selaku Deputy Director Ikimura Group mengatakan, pihaknya sangat antusias dalam menyelesaikan seluruh proses pegembangan pabrik baru ini. Menurut Jane, pabrik baru ini nantinya akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan.

"Yang pasti nantinya seluruh pabrik [Machining Mandiri Pratama, Ikimura Indotools Center, MPU, Ikitech Precision Grinding] akan dijadikan satu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan," kata Jane kepada Industry.co.id.

Ditambahkan Jane, pihaknya menargetkan proses pembangunan pabrik barunya ini dapat selesai dalam waktu 6 [enam] bulan. Namun, untuk operasional seluruhnya mungkin masih butuh waktu satu tahun kedepan. "Planingnya sih sekitar 6 bulan, untuk fully operation masih butuh 1 tahun lagi," terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap proses pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC berjalan lancar dan sesuai dengan planing yang diharapkan. 

Lebih lanjut, Jane menjelaskan, untuk kapasitas produksi masih belum ada perubahan yang signifikan. Tetapi, ia berharap dengan beroperasinya pabrik baru dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga dua kali lipat, bahkan lebih dari pada produksi saat ini. 

"Untuk kapasitas produksi tidak berubah selama belum ada penambahan mesin, tapi kami berharap dengan beroperasinya pabrik baru ini kapasitas produksi akan bertambah dua kali lipat, karena lahannya lebih luas. Yang jelas lebih efektif dan efisien," kata Jane. 

Sebelumnya, General Manager Ikimura Group Jonathan Abas mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 1 hektar untuk pengembangan pabrik barunya di KNIC yang akan dibagi menjadi 4 [empat] tahap. 

Tahap pertama, pembangunan pabrik Machining Mandiri Pratama (MMP) yang merupakan sister company PT. Ikimura Indotools Center. Tahap kedua, pembangunan pabrik Ikitech. Sedangkan tahap ketiga yaitu pembangunan gedung Ikimura Indootools yang akan menjadi ruang Showroom produk-produk Ikimura Group. 

"Disana nantinya akan dipamerkan produk-produk unggulan kami seperti, Kyocera, Ryobi, Losma dan lainnya, serta office dan gudang" terang Jonathan.

Selanjutnya tahap terakhir yaitu pembangunan gedung multifungsi. "Gedung ini kedepannya akan digunakan oleh MMP ataupun untuk disewakan," tuturnya.

Lebih lanjut, Jonathan menjelaskan, nantinya seluruh pabrik yang berada di KNIC akan memproduksi spesial cutting tools dan industri mechining yang dikhususkan untuk manufaktur. Ia pun menargetkan, pabrik tersebut dapat beroperasi pada Oktober 2020. "Kami berencana mulai beroperasi pada Oktober 2020," katanya.

Kedepan, pihaknya berencana akan memperluas jaringan pasarnya dengan masuk ke industri transportasi, seperti pesawat terbang dan kereta api.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Senin, 16 September 2019 - 12:00 WIB

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…