Infrastruktur PUPR Dukung Perkembangan Destinasi Wisata di Sulawesi Utara

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:55 WIB

 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara
Destinasi Wisata di Sulawesi Utara

INDUSTRY.co.id - Manado - Pulau Bunaken, di Sulawesi Utara sudah dikenal lama sebagai destinasi kelas dunia yakni Pulau Bunaken yang menawarkan keindahan pemandangan bawah lautnya. Pemerintah mendorong berkembangnya destinasi-destinasi wisata baru lainnya di Sulut seperti Pulau Lembeh. 

Seperti dukungan Kementerian PUPR melalui pembangunan jalan tol Manado-Bitung 39,9 Km tidak hanya mempercepat akses tidak hanya untuk Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) Likupang namun juga angkutan logistik yang menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. 

“Tol Manado dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp 5,12 Triliun. Tol Manado - Bitung akan menjadi jalan alternatif sehingga mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Peningkatan ketersedian air juga menjadi hal penting di Sulawesi Utara, Kementerian PUPR tengah membangun Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Manado. 

Bendungan tersebut mempunyai manfaat untuk pengendalian banjir kota Manado sebesar 470 m3/detik. Selain itu juga menjadi penyediaan sumber air baku sebesar 4,5 m3/detik wilayah Manado, Minahasa dan khususnya untuk melayani KEK di Kota Bitung.

Selain akses dan ketersediaan air, telah dibangun Rumah Susun (Rusun) diperuntukkan bagi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. 

Rusun tersebut merupakan sarana yang diberikan Kementerian PUPR untuk menunjang tempat tinggal layak bagi mahasiswa perantau yang datang untuk menuntut ilmu di IAIN Manado. Terdiri dari 1 Tower (Bangunan Utama) setinggi 4 lantai sebanyak 50 unit kamar dengan kapasitas hingga 200 mahasiswa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…

Press conference di Gedung Perpustakaan Nasional terkait Rakornas dan HUT ke-44 Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:21 WIB

Rayakan HUT Ke-44 Perpusnas, Ini Rangkaian Acara Yang Dilaksanakan Tanggal 7-31 Mei 2024

Rayakan HUT ke-44, Perpusnas menggelar sebanyak 27 rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai 7-31 Mei 2024.

Sekretaris Utama Perpusnas (jas hitam, dua kanan) paparkan rencana Rakornas yang akan digelar Perpusnas.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:10 WIB

Gelar Rakornas, Perpusnas Akan Bahas Tiga Program Besar di 2024

Di Rakornas 2024 yang akna digelar tanggal 14-15 Mei 2024, Perpusnas akan membahas tiga program besar yang menjadi fokus utama Perpusnas pada 2024.

(Ki-Ka) Jonathan Walbridge, Komisaris Utama Indonet; Donauly Situmorang, Direktur Indonet; Andy Rigoli, Direktur Utama Indonet pada acara Public Expose PT Indointernet Tbk (Indonet) 2024 yang digelar hari ini, Rabu, 8 Mei 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:21 WIB

Top! 3 Dekade Beroperasi, Indointernet (Indonet), Konsisten Mengembangkan Infrastruktur Digital dan Sukses Raih Laba Bersih Tertinggi

Jakarta- PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia infrastruktur digital terkemuka dan terpercaya di Indonesia, berhasil meraih laba bersih sebesar Rp253,26 miliar di tahun 2023, lebih tinggi…