Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 Agustus 2019 - 20:35 WIB

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat
Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian (persero) berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, ditandai dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan 18 Perguruan Tinggi di Indonesia.

"Kami sangat mendukung program pemerintah untuk menciptakan SDM Unggul. Melalui program pemagangan merupakan implementasi link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Diharapkan melalui program magang (PMMB)  ini para lulusan universitas siap kerja," kata Kepala Divisi Pegadaian Corporate University Rofiq Aviv Azis di Gedung Langen Palikrama, Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Rofiq menjelaskan program tersebut diikuti oleh 147 orang peserta dari 18 perguruan tinggi di Indonesia. Pesertanya merupakan mahasiswa yang masih aktif maupun fresh graduate. Dia menambahkan program Magang Mahasiswa Bersertifikat bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing di pasar global saat ini. 

PMMB dilaksanakan selama 6 bulan yang tersebar di Pegadaian seluruh Indonesia di sesuaikan dengan tempat perguruan tinggi itu berada. Peserta  PMMB akan diberikan materi pengenalan perusahaan atau induksi secara online mandiri.

"Selama 6 bulan mahasiswa yang mengikuti program ini dibimbing oleh seorang mentor yang kita tunjuk  dan peserta akan dievaluasi setiap bulan dan diakhir magang. Apabila peserta dapat mengikuti pmmb ini sampai 6 bulan sampai dengan selesai, maka akan diberikan sertifikat  industri," ujarnya. 

Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat tanggal  19 Agustus 2019 sampai dengan 18 Februari 2020, penempatan peserta disesuaikan dengan daerah Universitas.

Perguruan tinggi yang terlibat dalam program tersebut diantaranya Sekolah Tinggu Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Universitas Pancasila, Universitas Borobudur Jakarta, STIKOM London School of Public Relations, Politeknik LP3I Jakarta, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Pos Indonesia Bandung, Universitas Internasional Semen Indonesia, Universitas Fajar Makassar, Universitas Alma Ata, STIM NITRO (Institut Bisnis dan Keuangan NITRO) Makassar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Institur STIAMI.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang menggalakkan  program magang bersertifikat yang bekerja sama dengan 25 universitas terdiri dari universitas swasta dan universitas negeri. Ribuan mahasiswa akan magang pada posisi tertentu di 63 BUMN yang membutuhkan. Nantinya, Sebanyak 2.732 mahasiswa dari 25 universitas tersebut terdaftar pada tahap pertama program magang tersebut.

Beberapa BUMN yang melakukan program magang bersertifikat bagi mahasiswa antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum Bulog, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Perkebunan Nusantara III, DAMRI dan Krakatau Steel.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, keterlibatan BUMN dalam Program Pendidikan Vokasi merupakan bentuk komitmen BUMN sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa. Adanya keterlibatan BUMN merupakan sinergi saling menguntungkan dalam membangun SDM unggul yang lahir dari program ini akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…