Tips Perawatan Rutin Mobil Agar Harga Jual Kembali Tetap Stabil

Oleh : Kormen Barus | Senin, 19 Agustus 2019 - 15:48 WIB

Mobil Mazda dalam pameran Gaikindo. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Mobil Mazda dalam pameran Gaikindo. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Industry.co.id, Jakarta-Perawatan mobil menjadi hal paling utama saat Anda memiliki mobil idaman. Merawat mobil dengan rutin tujuannya adalah untuk menjaga agar mobil tetap nyaman dikendarai dan selalu bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Selain itu, untuk memperpanjang masa guna mobil, serta untuk memastikan agar harga jual mobil tetap bernilai tinggi ketika ingin dijual kembali.

Country Manager Carsome Indonesia Andreas Djingga mengakui perawatan mobil rutin bisa jadi merepotkan dan menyita waktu. ”Namun kerja ekstra Anda akan terbayar saat Anda ingin menjual lagi mobil itu setelah beberapa waktu digunakan. Inspektur Carsome akan memperkirakan harga taksiran mobil Anda dengan teliti dan ketekunan Anda pun mendapatkan harga yang setimpal,” ungkap Andreas.

Secara rinci, Andreas juga membagikan tips perawatan mobil yang perlu dilakukan. Berikut perawatan mobil berkala yang harus dilakukan, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel.

Pastikan Cairan Pada Mobil Selalu Tercukupi

Mobil berfungsi dengan menggunakan beberapa jenis cairan yang harus diperhatikan, mulai dari air radiator atau coolant yang berfungsi sebagai pendingin mesin, power steering yang berfungsi sebagai pelumas, dan cairan rem yang berfungsi sebagai sistem hidrolik saat proses pengereman.

Luangkan waktu Anda ketika merawat mobil untuk memeriksa cairan-cairan tersebut, terutama air radiator atau coolant yang sering berkurang pada ruang radiator. Pastikan mobil Anda menggunakan coolant yang direkomendasikan, karena kandungannya dapat menjaga suhu ruang bakar.

Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin merupakan elemen penting mobil yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin.

Namun, oli mesin yang bekerja keras secara terus menerus akan mengalami penurunan daya pakainya, sehingga mengharuskan untuk diganti dengan yang baru. Lakukan penggantian oli mesin setiap 5.000 km sekali untuk merawat mobil Anda agar performa mesin tetap optimal.

Servis Rutin atau Tune Up

Ketika mobil sering digunakan, saatnya Anda merawat mobil dengan membawanya ke mekanik andalan untuk melakukan peremajaan agar kondisinya tetap bugar. Lakukan servis rutin atau tune up setiap 10.000 km sekali (sesuai buku manual merek mobil) di bengkel yang sudah teruji kualitasnya dan terpercaya. Bila terdapat masalah pada mobil, jangan ragu konsultasikan kepada mekanik untuk mendapatkan perawatan ekstra agar kondisi mobil kembali prima.

Perhatikan Kondisi Aki

 

Aki adalah salah satu sumber kelistrikan sebuah kendaraan dan bisa dibilang aki merupakan komponen vital. Bila terjadi kerusakan atau penurunan daya, akan menyebabkan kendaraan tidak bisa beroperasi secara normal.

Lakukanlah pengecekan dengan memastikan air aki selalu berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan melihat tegangan aki menggunakan voltmeter, namun bila Anda tidak yakin untuk melakukan pengecekan sendiri, sebaiknya selalu lakukan pengecekan minimal sebulan sekali ke bengkel terdekat.

Bersihkan Mobil Untuk Menghindari Karat

Masih banyak pengendara mobil yang kurang peduli terhadap kebersihan ketika berkendara. Padahal sebenarnya mencuci mobil merupakan salah satu hal yang mudah dilakukan dalam merawat mobil agar tetap awet.

Cucilah mobil minimal seminggu sekali setelah bepergian, apalagi dengan mobilitas yang tinggi kendaraan kerap melewati jalanan yang banjir dan juga kotor. Cucilah hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil untuk menghindari terjadinya karat pada beberapa komponen mobil.

Jika Anda sudah merawat mobil Anda sebaik-baiknya, lantas apa yang bisa Anda harapkan saat hendak menjual kembali mobil itu? Dari praktek yang umumnya terjadi di lapangan, Inspektor Carsome mengambil beberapa kesimpulan yang bermanfaat. Kalau mobil yang Anda jual masih bagus, mulus dan terawat, harganya bahkan bisa naik hingga 5% dari harga taksiran awal, sementara mobil yang lecet-lecet bisa mengurangi harga hingga 5-10%. Mobil yang pernah mengalami tabrakan, biasanya harus merelakan harganya turun hingga 15% dari harga taksiran, sementara mobil yang pernah terendam banjir, bisa turun harga hingga 15-20%.

“Perawatan rutin akan membuat kondisi mobil tetap prima meskipun telah memberikan manfaatnya secara maksimal bagi pengguna pertamanya. Di platform Carsome, saat proses penawaran transparan oleh para dealer terbukti bahwa mobil bekas yang terawat dengan baik, mendapatkan penawaran lebih banyak dari para dealer. Di Carsome, penjual mobil bisa memantau langsung proses penawaran transparan tersebut dan memilih deal yang paling menguntungkan bagi mereka,” tutup Andreas Djingga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SKYE Suites Sydney

Senin, 16 September 2019 - 13:40 WIB

SKYE Suite, Hotel Milik Pegusaha Kelahiran Indonesia Jadi Salah Satu yang Terbaik di Australia

SKYE Suites Sydney meraih posisi teratas sebagai Best Technology Hotel di HM Awards (Hotel Management Magazine) di Sydney pada Jumat malam waktu setempat.

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Senin, 16 September 2019 - 12:00 WIB

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.