Kisah Ayaxx Jadi Pelopor Industri Pemadam Kebakaran di Tanah Air

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 17 Agustus 2019 - 09:15 WIB

Fire Truck hasil brand ayaxx sudah berpengalaman hampir 23 tahun
Fire Truck hasil brand ayaxx sudah berpengalaman hampir 23 tahun

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Dalam  IIMS 2019 di JIEXPO Jakarta, berapa bulan lalu, perusahaan manufaktur mobil pemadam kebakaran dalam negeri-PT Pundarika Atma Semesta, menggelar pameran produk unggulan hasil karyanya dengan merek AYAXX.

Fire Truck hasil brand ayaxx  sudah berpengalaman hampir 23 tahun, ini, saat itu menjadi perhatian pengunjung pameran karena beberapa type mobil pemadam kebakaran yaitu Fire Truck dan Fire Jeep.

Direktur PT Pundarika Atma Semesta,  David, mengatakan, mobil mobil pemadam kebakaran brand ayaxx memiliki fasilitas peralatan lengkap seperti baju tahan panas, selang semprot, selang sedot, nozzle, kapak dan linggis pemadam, tangga alumunium, radio komunikasi untuk anggota pemadam kebakaran dan masih banyak lagi.

“Customer dapat memilih peralatan standar untuk mobil pemadam kebakaran ini sesuai dengan kebutuhanya,” ujar David.

Mobil Pemadam Kebakaran AYAXX menggunakan basic truck berbagai merek seperti Mitsubishi, Hino, Isuzu,Toyota, Scania, Volvo, Mercy, Iveco dll.

Proses produksi satu unit mobil pemadam standar memakan waktu maximal 1 bulan dan untuk yang diluar standar bisa lebih dari 1 bulan tergantung spesifikasi yang diminta customer.

“Yang terpenting dari sebuah mobil pemadam adalah bagaimana kualitas dan proses produksinya yang didukung dengan peralatan produksi yang canggih, yang nantinya bisa menjamin kendaraan tersebut siap selalu dipakai apabila sewaktu waktu ada kejadian kebakaran. Dan yang tidak kalah penting juga adalah jaminan purna jual dan spare part yang mudah didapatkan dan juga dukungan dari tenaga ahli atau teknisi yang siap melayani karena kepuasan pelanggan adalah motto utama kami," tambah David.

Banyak sekali jenis atau type produksi PT. Pundarika Atma Semesta antara lain Fire Truck, Fire Ladder Truck, Fire Jeep, Rescue Jeep, Rescue Truck, Rescue Jeep, Riot Truck, Rencondition of all Fire Truck, Forestry Fire Equipment, Fire & Safety Equipment, Fire Alarm & Hydrant, Automatic Multimedia Fire Protection.

Penampilan mobil pemadam yang ada di tengah pameran IIMS 2019 itu membuatnya jadi tempat berfoto favorit selama pameran. Apalagi pengunjung juga dapat melihat ke dalam truk untuk merasakan bagaimana menjadi pemadam kebakaran. Pameran IIMS Mei 2019 itu, menjadikan pengunjung  dapat melihat dan berfoto bersama mobil pemadam AYAXX.

Didirikan sejak tahun 1996 PT Pundarika Atma Semesta (Pudarika) menjadi salah satu pelopor bisnis pemadam kebakaran di Indonesia. Walaupun kompetitor di bisnis ini mulai banyak, tapi dengan pengalaman sudah mencapai 23 tahun, Pundarika optimis dapat terus melayani customer dengan konsisten dan kualitas terbaik. Perusahaan yang mempekerjakan ratusan tenaga lokal  ini lebih dikenal dengan brand Ayaxx.

Dengan lahan pabrik seluas 30.000 meter persegi di Gunung Putri, Pundarika fokus pada penyediaan kendaraan pemadam kebakaran. Pertama, mobil pemadam kebakaran untuk perkotaan, bandara, kehutanan, tambang dan migas. Kedua, mobil tangga (fire ladder). Ketiga, fire alarm system (conventional system, adressable system, building automatic system). Keempat, mobil komando (comand statioan, fire jeep , fire comand). Dan kelima, fire hydrant system (automatic hydrant system, deluge system, sprinkler system, dll).

Harga yang ditawarkan pun beragam. Hal ini disesuaikan dengan jenis produk, spesifikasi, pengiriman dan kebutuhan setiap daerah pembeli. Selain selain mobil pemadam, Pundarika juga menyediakan baju pemadam kebakaran.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Pundarika di antaranya, sudah melalui standar uji pengetesan produk dan assembly, kualitas manufactur standarisasi ISO 9001 : 2008 , ISO TS 16949 : 2009 , ISO 18001 : 2007 , ISO OHSAS , NFPA standar. Pompa yang digunakan adalah produk WS Darley dari Amerika standarisasi ISO 9001 dan UL., serta kualitas manufactur didukung peralatan bersistem komputerisasi dan robotic.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Dua Kelinci Kembali Jadi Official Partner Real Madrid

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:04 WIB

PT Dua Kelinci Kembali Jadi Official Partner Real Madrid Untuk Kedua Kalinya

PT Dua Kelinci kembali menjadi partner resmi (Official Partner) Real Madrid untuk kedua kalinya setelah sebelumnya pada periode 2011-2014 perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman…

Huawei

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:43 WIB

Karyawan Huawei Hanya Terserang Radang Tenggorokan

Tersiar kabar salah satu pekerja/karyawan Huawei yang terjangkit virus nCoV (corona virus) yang berkantor di Gedung BRI, Jakarta, ternyata tidak benar. Ternyata karyawan tersebut terserang radang…

Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:27 WIB

Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah Wisuda level Ajun Ahli dan Ahli Asuransi Syariah

Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) melakukan Wisuda dan Seminar Ajun Ahli dan Ahli Asuransi Syariah di Jakarta.

Rakernas HIMKI 2020

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:10 WIB

Gelar Rakernas, HIMKI Minta Pemerintah Segera Selesaikan Kebijakan yang Hambat Industri Mebel Nasional

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) optimis bahwa industri mebel dan kerajinan nasional akan terus mengalami pertumbuhan. Asalkan, potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber…

Para Pemain film KKN Di Desa Penari bersama Produser Manoj Punjabi.

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:10 WIB

Film ‘KKN Desa Penari’ Film Horor Yang Diambil Dari Cerita Viral di Twitter

Media sosial yang tadinya dianggap hanya bagian dari pergaulan di dunia maya kini tumbuh menjadi sumber ide pembuatan film. Berbagai cerita yang berasal dari platform di dunia maya, memberikan…