Semester I, PT Berdikari (Persero) Terus Catatkan Laba Positif

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Agustus 2019 - 08:00 WIB

PT Berdikari (Foto Dok Industry.co.id)
PT Berdikari (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -  Jakarta – Pada semester I 2019, PT Berdikari (Persero) terus mencatatkan pertumbuhan laba operasional sebesar 60,41% dari Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019. Jika dibandingkan dengan laba Semester I 2018 senilai 15 miliar, laba perusahaan mengalami peningkatan sebesar 82%.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Berdikari (Persero), Eko Taufik Wibowo saat hadir sebagai narasumber acara Ngopi Bareng BUMN bersama Forum Humas BUMN yang diikuti pegiat media di Synergy Lounge, Kementerian BUMN, Rabu, (15/8/2019).

 “Ini menjadi catatan dan hal positif bagi PT Berdikari untuk menutup kinerja Semester I 2019 ini dengan capaian maksimal,” ungkap Eko.

 PT Berdikari (Persero) masih terus mengembangkan bisnis peternakan ayam terintegrasi. PT Berdikari (Persero) saat ini memiliki 2 farm GPS (grand parent stock) yang berlokasi di Tasikmalaya dengan populasi sekitar 54 ribu ekor GPS dan Pasuruan dengan populasi sekitar 36 ribu GPS.  Rata-rata produksi farm GPS perbulan adalah sekitar 120 ribu ekor DOC Parent Stock (PS).

PT Berdikari (Persero) juga memiliki 2 farm Parent Stock (PS) yang terletak di Sukabumi dan Medan dengan populasi masing-masing farm sekitar 25 ribu ekor. Tahun ini perusahaan juga telah memproduksi DOC Final Stock di Farm Sukabumi. PT Berdikari (Persero) juga berencana untuk menambah farm PS yang berlokasi di Ciamis dengan recana kapasitas populasi sekitar 70 ribu ekor. Dari ketiga farm PS tersebut target produksi FS perbulan ini diperkirakan mencapai sekitar 320 ribu ekor. 

 “Penambahan farm baru ini kami maksudkan untuk menambah populasi agar laju bisnis perusahaan bisa terus berkembang” ungkap Eko.

 Selain penambahan farm baru, pada Agustus 2019 ini PT Berdikari (Persero) akan segera memiliki pakan sendiri. “Packagingnya sudah kami siapkan, rencananya akan produksi di minggu ke-3 bulan Agustus 2019,” ujar Eko.

 Bisnis sapi PT Berdikari (Persero) ditopang dengan pola Kemitraan dengan peternak rakyat, yang sudah berjalan di Lebak dan Bojonegoro, dengan populasi sekitar 620 ekor. Saat ini PT Berdikari (Persero) juga telah mendapatkan izin dari Kementerian Pertanian untuk melakukan impor sapi bakalan sejumlah 30 ribu ekor yang rencananya akan selesai pada akhir 2019.

Sampai dengan saat ini perusahaan telah melakukan impor 9 ribu ekor sapi bakalan dari Australia. PT Berdikari (Persero) juga berencana akan melakukan importasi daging sapi Brazil yang akan direalisasikan melalui kerja sama dengan asosiasi dan distributor nasional.

 Dari segi optimalisasi aset, perusahaan juga telah menyelesaikan pembangunan gudang di Kawasan Industri KIMA, Makassar. Gudang tersebut selanjutnya akan disewa oleh pihak swasta. Perusahaan juga akan melakukan kerja sama dan  bersinergi dengan BUMN lain untuk melakukan optimalisasi aset lainnya.  

 

Dari sisi SDM, PT Berdikari (Persero) terus melakukan pengembangan dan peningkatan kompetensi pegawai melalui program pendidikan, pelatihan, personal coaching, sampai dengan penataan jenjang karir pegawai. Perusahaan juga terus melakukan internalisasi budaya perusahaan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif dan produktif, dengan harapan bisa memunculkan image SDM yang unggul, berkompeten di bidangnya, capable dan mempunyai integritas tinggi.   

Saat ini perusahaan sedang fokus mempersiapkan Officer Development Program (ODP) bagi  pegawai baru. Program ini diharapkan dapat mempersiapkan pegawai baru untuk benar-benar siap bekerja dengan kedisiplinan, nasionalisme dan leadership yang baik.

 Selain itu, bisnis anak perusahaan juga terus didorong agar sesuai dengan bisnis inti PT Berdikari (Persero). Seperti PT Berdikari Logistik Indonesia, yang merupakan anak perusahaan PT Berdikari (Persero), saat ini telah melakukan sinergi melalui bisnis transportasi peternakan.

 Demikian juga dengan PT Berdikari Livestock yang saat ini telah menjalankan berbagai lini bisnis di bidang peternakan, seperti pengadaan dan penggemukan sapi untuk kurban, kerjasama rumah potong hewan (RPH) di Makassar, budidaya ikan nila dan penanaman jagung sebagai sumber pakan. Sementara itu, PT Berdikari Meubel Nusantara juga terus mengembangkan bisnis perusahaan untuk menjaring pasar dalam negeri maupun luar negeri.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…