Sebanyak 23 Siswa SMN 2019 Asal Maluku Dilepas Menuju Jakarta

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Agustus 2019 - 18:13 WIB

Pelepasan SMN 2019 Maluku
Pelepasan SMN 2019 Maluku

INDUSTRY.co.id - Ambon – Sebanyak 23 orang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN 2019) dan 3 guru pendamping asal provinsi Maluku dilepas di Kantor Gubernur untuk mengikuti rangkaian program  pengenalan keanekaragaman budaya dan kekayaan alam ke DKI Jakarta, Rabu (14/08/2019).

Program Siswa Mengenal Nusantara adalah program pertukaran pelajar antar provinsi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para siswa SMA/SMK. 

Melalui program ini peserta SMN 2019 dari provinsi Maluku akan diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan kegiatan kunjungan dan pembelajaran di DKI Jakarta, sebaliknya siswa dari Jakarta akan mengunjungi provinsi Maluku.

Gubernur Maluku dalam sambutan tertulis yang dibacakan Plt. Asisten II Sekwilda Provinsi Maluku Ima Swamolle pada acara pemberangkatan peserta mengatakan bersyukur dan menyambut gembira kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BUMN selama beberapa tahun ini. 

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Pegadaian dan Pelni yang secara konsisten melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak langsung kepada masyarakat khususnya generasi muda. Kita semua menyadari bahwa pemuda-pemudi saat ini adalah pemimpin di masa depan. Oleh karena itu kami tentu bangga BUMN terus peduli dengan pengembangan generasi muda seperti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini” ungkapnya.

Lebih lanjut Gubernur mengharapkan agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan menyerap dan mempelajari dengan sungguh-sungguh selama mengikuti program ini. 

Kemudian mereka diharapkan untuk membagi pengalamannya pada teman-temannya dan memanfaatkannya untuk mengembangkan daerah asal. Di sisi lain mereka juga diharapkan menginformasikan potensi provinsi Maluku dengan keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang dimiliki.

Sementara itu Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono menyampaikan bahwa BUMN konsisten terus berbakti untuk negeri baik melalui produk dan layanan yang diberikan serta beragam kegiatan CSR seperti pengembangan generasi muda. 

“BUMN seperti Pegadaian, Pelni, maupun perusahaan BUMN lainnya terus konsisten melakukan berbagai inovasi baik dari sisi pengembangan produk dan layanan untuk membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraannya. Begitu pula BUMN juga aktif dengan berbagai kegiatan sosial, budaya, olah raga dan pendidikan sebagai wujud dari program BUMN Hadir untuk Negeri” kata Teguh.

Teguh juga mengatakan bahwa salah satu program edukasi keuangan yang dilakukan oleh Pegadaian adalah dengan program tabungan emas yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat termasuk para pelajar. Jika generasi muda sudah merancang masa depannya sejak dini, maka ia yakin di masa depan akan muncul para pemimpin yang tangguh tidak hanya dari sisi kepemimpinannya tetapi mampu mengelola keuangan secara baik.

Program Siswa Mengenal Nusantara adalah program pertukaran pelajar antar provinsi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para siswa SMA/SMK. Melalui program ini peserta SMN 2019 dari provinsi Maluku akan diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan kegiatan kunjungan dan pembelajaran di DKI Jakarta, sebaliknya siswa dari Jakarta akan mengunjungi provinsi Maluku.

Kegiatan SMN 2019 Maluku dilaksanakan oleh PT Pegadaian (Persero) sebagai PIC dan PT Pelni (Persero) sebagai Co. PIC sebagai bagian dari implementasi Program BUMN Hadir untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN. Peserta SMN 2019 Maluku dipilih dari siswa-siswa berprestasi yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di provinsi Maluku.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ITDC Kembali Salurkan Masker Bagi Pedagang Asongan

Senin, 06 Juli 2020 - 09:10 WIB

ITDC Kembali Salurkan Masker Bagi Pedagang Asongan

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok,…

KPBI dan PT Asia Sejahtera Mina Jalin Kerjasama Pembelian dan Penjualan Kembali Resi Gudang Rumput Laut

Senin, 06 Juli 2020 - 08:48 WIB

KPBI dan PT Asia Sejahtera Mina Jalin Kerjasama Pembelian dan Penjualan Kembali Resi Gudang Rumput Laut

Dalam kerjasama ini, KPBI melakukan pembelian atas Resi Gudang dari komoditas rumput laut yang dimiliki oleh PT Asia Sejahtera Mina Tbk, dengan ketentuan akan dilakukan pembelian kembali dalam…

Ilustrasi Walikota Surabaya Risma dan Gubernur Jatim Khofifah (ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 08:30 WIB

Gawat! Penambahan Pasien Positif 1.607 Orang per Hari, Yurianto: Jatim Tertinggi Cetak 552 Kasus Baru

Mata rantai penularan virus SARS-CoV-2 belum berhenti. Hingga saat ini menurut hasil konfirmasi data gugus tugas nasional ada penambahan kasus positif COVID-19 berjumlah 1.607 orang sehingga…

Presiden Jokowi (ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 08:11 WIB

Tolong Catat! Jokowi: Tatanan Hidup Baru Ini Bukan untuk Mengekang, Tapi untuk Kesehatan Kita Bersama

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Senin, 06 Juli 2020 - 08:10 WIB

Hadapi New Normal, Satgas Yonif 125/Simbisa Himbau Warga Tetap Waspada dan Patuhi Protokol Kesehatan

Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia, Satgas Yonif 125/Simbisa tetap berupaya memberikan edukasi dan himbauan kepada warga agar tetap waspada dan…