IHSG Menguat Terbatas di Level 6180-6257

Oleh : Wiyanto | Rabu, 14 Agustus 2019 - 07:53 WIB

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)
Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Sesuai perkirakaan sebelumnya secara teknikal pergerakan IHSG cenderung menguji support setelah tidak mampu kuat diatas MA200 dan break out bearish trend line. Indikator Stochastic, RSI dan MACD memberikan signal kejenuhan dalam trend penguatan dan bergerak menuju area oversold, Meskipun pada pergerakan terakhir IHSG berhasil ditutup diatas level 6200 dengan indikatif kuatnya level tersebut.

"Sehingga diproyeksikan IHSG akan bergerak menguat terbatas bertahan diatas level 6200 meskipun dalam pergerakan yang cukup berat pada support resistance 6180-6257," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Saham-saham yang cukup menarik secara teknikal diantaranya; TBLA, AALI, LSIP, GGRM, BBNI, PNBN, ASII, ADRO, UNTR, ERAA.

IHSG (-0.63%) ditutup melemah 39.63 poin kelevel 6210.96 dengan saham-saham sektor Industri Dasar (-2.29%) dan Konsumer (-1.26%) memimpin pelemahan. Sedangkan saham-saham sektor pertanian (+2.99%) terutama CPO menguat diantara pelemahan mayoritas sektoral. Sentimen penegasan penerapan B30 diawal tahun depan dan B50 di akhir tahunnya menjadi katalis utama untuk produsen CPO. B20 yang saat ini sedang berlangsung terclaim telah konsisten membantu negara menghemat $5,5 miliar dari impor bahan bakar per tahun sehingga pemerintah membuka peluang penambahan campuran CPO terhadap biosolar 30% hingga 50% di tahun depan.

Stock persediaan CPO di Malaysia dilaporkan menurun cukup rendah dibulan July karena naiknya import CPO dari India dan China. Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih sangat besar dilevel $1,03 Triliun rupiah dengan saham BBCA, ASII dan BBRI yang menjadi top net sell value. Aksi jual investor asing ini mengiringi pelemahan nilai tukar rupiah (-0.53%) cukup dalam kelevel Rp14.325 per USD.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Djoko Santoso - Manajer Biro Promosi, Ustaz Yusuf Mansur, Hanif Setyo Nugroho - Direktur Pemasaran dan Pengelolaan Properti, Pundjung Setya Brata - Komisaris Utama PT Adhi Commuter Properti DAN Nanang Safrudin Salim - Project Director RIVIA

Senin, 18 November 2019 - 22:43 WIB

Garap Tiga Proyek Baru, Adhi Commuter Properti Percepat Pengembangan Kawasan TOD di Kota Bogor.

Jakarta-PT Adhi Commuter Properti (ACP) sebagai pengembang terpercaya terus menunjukkan agresivitas dalam mengembangkan kawasan yang berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Ada 3 proyek…

Sawah foto Doc Kementan

Senin, 18 November 2019 - 22:36 WIB

Kementan: Indonesia Taat Sebagai Negara Anggota WTO

Jakarta - Sempat bersengketa dalam sejumlah rekomendasi World Trade Organization (WTO), Pemerintah tetap optimistis keanggotaan di dalam organisasi tersebut tetap akan menguntungkan Indonesia…

Susi Pudjiastuti mengunjungi Tanjung Lesung

Senin, 18 November 2019 - 22:24 WIB

Kunjungi KEK Tanjung Lesung, Susi Pudjiastuti: Sunset-nya Luar Biasa!

Susi Pudjiastuti datang sebagai Pandu Laut Nusantara untuk melihat lokasi dan nelayan yang terdampak tsunami 22 Desember 2018. Lalu menghibahkan 5 kapal kepada nelayan yang membutuhkan.

President University

Senin, 18 November 2019 - 21:53 WIB

Respon Nyata President University dalam Upaya Menyongsong Bisnis Era Industri 4.0

ikarang. Perkembangan bisnis yang sangat pesat terutama menghadapi revolusi industry 4.0 diprediksi akan membuat persaingan akan semakin ketat dan sulit kedepannya.

Jababeka

Senin, 18 November 2019 - 21:40 WIB

Cikarang Surganya Pabrik, Apartemen dan Mall

Cikarang, Merupakan salah satu daerah yang terletak di daerah Jawa Barat tepatnya di kota Bekasi yang menjadi tujuan orang untuk memperoleh pekerjaan.