60 UKM Ramaikan Relief Indonesia Festival 2019

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 13 Agustus 2019 - 19:31 WIB

Pembukaan Relief Indonesia Festival 2019 di Gandaria City, Selasa (13/8).(Ist)
Pembukaan Relief Indonesia Festival 2019 di Gandaria City, Selasa (13/8).(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun serta bertepatan dengan ulang tahun Relief Indonesia yang ke-11, Relief Indonesia menggelar Relief Indonesia Festival pada 12 - 18 August 2019 di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Sebanyak 60 UKM dengan berbagai produk kreatif Indonesia ikut berpartisipasi dalam gelaran yang diselenggarakan pada 12 - Agustus, mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB di Gandaria City, Jakarta Selatan.

"Relief Indonesia Festival 2019 adalah sebuah acara yang menggabungkan thematic exhibition terbaik kami dalam bidang eksebisi pameran di mall-mall besar di Jakarta," kata Nurul Komaril, CEO Relief Indonesia pada press conference di Jakarta, Selasa (13/8).

Pameran ini menempati lokasi Grand Atrium, Main-street, dan Piazza Stage. Super-blok Gandaria City adalah super-blok terintegrasi terbesar di Jakarta Selatan, diposisikan sebagai "pusat gaya hidup satu atap".

Lebih lanjut Nurul menjelaskan, Indonesia dengan kergaman suku bangsa, keunikan tradisi, seni dan budaya, serta kekayaan alam yang melimpah, adalah sebuah kekuatan ekonomi kreatif yang apabila dimanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan bagi seluruh bangsa.

Untuk itu, sebagai bentuk konsistensi Relief Indonesia, dalam membangun ekonomi masyarakat, terutama para 
UKM diwilayah DKI Jakarta, pengrajin, anak muda bertalenta, serta para designer, dikemas dalam acara, Relief Indonesia Festival 2019 dengan tema "Berkarya Untuk Indonesia".

Menurut Nurul, pada gelaran ini juga menjadi ajang mendukung para UKM tampil dan dikenal oleh masyarakat luas. Agar dapat memenangkan persiangan dalam dunia bisnis, terutama pada persaingan offline dan online.

Tak salah apabila dalam pameran ini disebutnya sebagai ajang eksistensi para UKM dalam dunia bisnia. Ia pun optimistis animo masyarakat akan pameran UKM masih akan tinggi. "Diperkirakan dalam pameran tersebut akan ada transaksi mencapai Rp500 juta," tambah Nurul. 

Dalam gelaran ini bukan hanya acara pameran saja, tapi juga edukasi budaya dengan menampilkan berbagai kesenian. Mulai dari kegiatan music performances, Community Activation, Kompetisi dan kegiatan interaktif dengan audience.

"Melalui acara ini kami juga ingin mengajak untuk cintai dan lestarikan seni, budaya dan tradisi Indonesia. Mari gunakan produk dan karya-karya anak bangsa sebagai upaya bersama untuk maju dan berkembang menjadi negara yang besar," pungkas Nurul

Relief Indonesia Gemilang sejak berdirinya pada 17 agustus 2008, Para produsen produk-produk kreatif indonesia memperoleh tempat dan media yang tepat untuk mempromosikan hasil karya masing-masing.

Relief Indonesia Gemilang telah ditunjuk sebagai salah satu koordinator bagi para pelaku UKM di wilayah DKI Jakarta di bawah dinas koperasi dan perdagangan UMKM provinsi DKI Jakarta.

Dalam perjalanannya Relief Indonesia Gemilang juga telah meraih penghargaan sebagai penyelenggara pameran mandiri terbaik tahun 2012.

Relief Indonesia telah berkarya di bidang pameran kebudayaan di mall-mall besar di Indonesia, sebuah bentuk nyata dalam rangka membangun rasa cinta terhapat produk dan budaya Indonesia. Hal ini pun diyakini dapat menjadi manfaat bagi penggiat UKM yang kreatif mengolah kekayaan budaya Indonesia.
 
Gelaran ini akan menyoroti berbagai acara yakni Culture yang akan menampilkan Mahakarya Eggie Jasmin. Eggie yang lebih suka disebut sebagai artetnik dibanding sebagai designer, creative generasi muda yang memiliki talenta dengan karya yang sudah mendunia. Koleksi busananya akan memeriahkan Relief Indonesia Festival 2019.

Di bidang fashion akan hadir Dana Duryatna. Bersama dengan Culture Edge, Rumah Betawi dan Chintami Atmanegara, Dana Duriyatna akan mempersembahkan koleksi terbaiknya dalam gelaran Fashion Show di Relief Indonesia Festival 2019.

Tak hanya Dana Duryatna, bersama dengan Culture Edge, Rumah Betawi dan Dana Duriyatna, Chintami Atmanegara akan mempersembahkan koleksi terbaiknya dalam gelaran Fashion Show di Relief Indonesia Festival 2019.

Dalam bidang parenting, akan hadir Thomas Balducci. Penggiat parenting dengan penyampaian yang interaktif dan memberikan pengalaman tersendiri akan mengambil bagian dalam Relief Indonesia Festival 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 13 November 2019 - 22:21 WIB

BNI Syariah Catat Empat Kesepakatan Bisnis di Pembukaan ISEF 2019

Jakarta - BNI Syariah mencatatkan empat kesepakatan bisnis dalam acara business matching pada pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (13/11) dihadiri…

Direktur Risk Management and Compliance Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa dengan Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson

Rabu, 13 November 2019 - 21:52 WIB

Bentuk Kawasan Halal, Mandiri Syariah Gandeng Modern Industrial Estat

Jakarta—PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menandatangani kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Modern Industrial Estat, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk. Mou…

Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson bersama Direktur Managemen Resiko & Kapatuhan Bank Syariah Mandiri Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis SME & Komersial PT Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati, Direktur Bisnis Komersial PT Bank BRI Syariah Kokok Alun Akbar, Chief Corporate Banking Officer PT Bank Muamalat Indonesia Irvan Y. Noor, serta Managing Director Barakah Halal Hub Taiwan Nurundin N.H Ting seusai penandatanganan perjanjian kerja sama

Rabu, 13 November 2019 - 20:00 WIB

PT Modern Industrial Estat Teken MoU dengan 4 Bank Syariah dan Barakah Taiwan Halal Hub

PT Modern Industrial Estat menjalin kerja sama dengan empat Bank Syariah di Indonesia serta Barakah Taiwan Halal Hub, yang merupakan sebuah kawasan yang memproduksi produk-produk halal terbesar…

Sistem pengolahan sampah terpadu

Rabu, 13 November 2019 - 19:30 WIB

Tangani Masalah Sampah Plastik, Inaplas Dorong Pengembangan Sistem Pengolahan Sampah Terintegrasi

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industru Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono mengakui bahwa hingga saat ini, sistem pengolahan sampah di Indonesia masih bekum sempurna.

Ilustrasi industri Kosmetik (Foto ist)

Rabu, 13 November 2019 - 17:35 WIB

Serap 675 Tenaga Kerja, Pelaku Industri Kosmetik Dalam Negeri Terus Tumbuh

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan bahwa pelaku industri kosmetik dalam negeri terus bertumbuh hingga 153 perusahaan, sehingga total saat ini mencapai lebih dari 760 perusahaan.