60 UKM Ramaikan Relief Indonesia Festival 2019

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 13 Agustus 2019 - 19:31 WIB

Pembukaan Relief Indonesia Festival 2019 di Gandaria City, Selasa (13/8).(Ist)
Pembukaan Relief Indonesia Festival 2019 di Gandaria City, Selasa (13/8).(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun serta bertepatan dengan ulang tahun Relief Indonesia yang ke-11, Relief Indonesia menggelar Relief Indonesia Festival pada 12 - 18 August 2019 di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Sebanyak 60 UKM dengan berbagai produk kreatif Indonesia ikut berpartisipasi dalam gelaran yang diselenggarakan pada 12 - Agustus, mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB di Gandaria City, Jakarta Selatan.

"Relief Indonesia Festival 2019 adalah sebuah acara yang menggabungkan thematic exhibition terbaik kami dalam bidang eksebisi pameran di mall-mall besar di Jakarta," kata Nurul Komaril, CEO Relief Indonesia pada press conference di Jakarta, Selasa (13/8).

Pameran ini menempati lokasi Grand Atrium, Main-street, dan Piazza Stage. Super-blok Gandaria City adalah super-blok terintegrasi terbesar di Jakarta Selatan, diposisikan sebagai "pusat gaya hidup satu atap".

Lebih lanjut Nurul menjelaskan, Indonesia dengan kergaman suku bangsa, keunikan tradisi, seni dan budaya, serta kekayaan alam yang melimpah, adalah sebuah kekuatan ekonomi kreatif yang apabila dimanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan bagi seluruh bangsa.

Untuk itu, sebagai bentuk konsistensi Relief Indonesia, dalam membangun ekonomi masyarakat, terutama para 
UKM diwilayah DKI Jakarta, pengrajin, anak muda bertalenta, serta para designer, dikemas dalam acara, Relief Indonesia Festival 2019 dengan tema "Berkarya Untuk Indonesia".

Menurut Nurul, pada gelaran ini juga menjadi ajang mendukung para UKM tampil dan dikenal oleh masyarakat luas. Agar dapat memenangkan persiangan dalam dunia bisnis, terutama pada persaingan offline dan online.

Tak salah apabila dalam pameran ini disebutnya sebagai ajang eksistensi para UKM dalam dunia bisnia. Ia pun optimistis animo masyarakat akan pameran UKM masih akan tinggi. "Diperkirakan dalam pameran tersebut akan ada transaksi mencapai Rp500 juta," tambah Nurul. 

Dalam gelaran ini bukan hanya acara pameran saja, tapi juga edukasi budaya dengan menampilkan berbagai kesenian. Mulai dari kegiatan music performances, Community Activation, Kompetisi dan kegiatan interaktif dengan audience.

"Melalui acara ini kami juga ingin mengajak untuk cintai dan lestarikan seni, budaya dan tradisi Indonesia. Mari gunakan produk dan karya-karya anak bangsa sebagai upaya bersama untuk maju dan berkembang menjadi negara yang besar," pungkas Nurul

Relief Indonesia Gemilang sejak berdirinya pada 17 agustus 2008, Para produsen produk-produk kreatif indonesia memperoleh tempat dan media yang tepat untuk mempromosikan hasil karya masing-masing.

Relief Indonesia Gemilang telah ditunjuk sebagai salah satu koordinator bagi para pelaku UKM di wilayah DKI Jakarta di bawah dinas koperasi dan perdagangan UMKM provinsi DKI Jakarta.

Dalam perjalanannya Relief Indonesia Gemilang juga telah meraih penghargaan sebagai penyelenggara pameran mandiri terbaik tahun 2012.

Relief Indonesia telah berkarya di bidang pameran kebudayaan di mall-mall besar di Indonesia, sebuah bentuk nyata dalam rangka membangun rasa cinta terhapat produk dan budaya Indonesia. Hal ini pun diyakini dapat menjadi manfaat bagi penggiat UKM yang kreatif mengolah kekayaan budaya Indonesia.
 
Gelaran ini akan menyoroti berbagai acara yakni Culture yang akan menampilkan Mahakarya Eggie Jasmin. Eggie yang lebih suka disebut sebagai artetnik dibanding sebagai designer, creative generasi muda yang memiliki talenta dengan karya yang sudah mendunia. Koleksi busananya akan memeriahkan Relief Indonesia Festival 2019.

Di bidang fashion akan hadir Dana Duryatna. Bersama dengan Culture Edge, Rumah Betawi dan Chintami Atmanegara, Dana Duriyatna akan mempersembahkan koleksi terbaiknya dalam gelaran Fashion Show di Relief Indonesia Festival 2019.

Tak hanya Dana Duryatna, bersama dengan Culture Edge, Rumah Betawi dan Dana Duriyatna, Chintami Atmanegara akan mempersembahkan koleksi terbaiknya dalam gelaran Fashion Show di Relief Indonesia Festival 2019.

Dalam bidang parenting, akan hadir Thomas Balducci. Penggiat parenting dengan penyampaian yang interaktif dan memberikan pengalaman tersendiri akan mengambil bagian dalam Relief Indonesia Festival 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Mba Tutut (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Tutut Soeharto: YHK dan YDGRK Terus Berbakti untuk Indonesia

Dua Yayasan yang dulu pernah didirikan oleh keluarga mantan Presiden RI ke 2, HM. Soeharto yakni Yayasan Harapan Kita (YHK) dan Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) sama sama berulangtahun,…