Pegadaian dan Pelni Bekali Peserta SMN 2019 Maluku Dengan Jurnalisme

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Agustus 2019 - 13:56 WIB

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani
Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani

INDUSTRY.co.id - Ambon – Guna meningkatkan kemampuan menulis para siswa, PT Pegadaian (Persero) dan PT Pelni (Persero) memberikan pembekalan berupa pengetahuan dasar jurnalisme dan teknik penulisan kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN 2019) asal provinsi Maluku di hotel Pacific Ambon, Selasa (13/08/2019).

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program pertukaran pelajar antar provinsi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para siswa SMA/SMK sejak dini.

Melalui program ini peserta SMN 2019 dari provinsi Maluku akan diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan kegiatan kunjungan dan pembelajaran di DKI Jakarta, sebaliknya siswa dari Jakarta akan mengunjungi provinsi Maluku.

Kegiatan SMN 2019 Maluku dilaksanakan oleh PT Pegadaian (Persero) sebagai PIC dan PT Pelni (Persero) sebagai Co. PIC sebagai bagian dari implementasi Program BUMN Hadir untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN. Peserta SMN 2019 Maluku dipilih dari siswa-siswa berprestasi yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di provinsi Maluku.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan bahwa kegiatan peserta SMN 2019 Maluku ini diawali dengan pembekalan pengetahuan jurnalistik dan etika komunikasi melalui media sosial. 

Selain Basuki, para praktisi media dari Kantor Berita Acara yang berkedudukan di Ambon juga bertindak sebagai nara sumber dalam pembekalan ini.

“Hari ini peserta belajar tentang jurnalistik dan etika komunikasi melalui media sosial karena peserta wajib membagikan pengalaman mereka dalam bentuk tulisan dengan membuat artikel Diary SMN. Selain itu mereka juga diharapkan menceritakan pengalamannya melalui media sosial. Budaya internet sehat dengan etika komunikasi melalui media sosial yang baik dan bermanfaat merupakan hal penting untuk peserta” kata Basuki melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id.

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara meliputi kegiatan kunjungan yang bersifat pendidikan, budaya, maupun ekonomi agar para siswa mengenal keanekaragaman budaya serta kekayaan provinsi lain.

Setelah selesai kegiatan diharapkan membagi pengalamannya kepada teman-temannya serta menginspirasi mereka untuk berpartisipasi dalam mengembangkan daerah asalnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP

Minggu, 08 Desember 2019 - 02:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI targetkan peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjadi Level 3 sesuai dengan arahan Presiden RI yaitu pada level 3. Hal ini disampaikan…

Marinir Pecahkan Rekor MURI Menembak Terbanyak

Minggu, 08 Desember 2019 - 02:00 WIB

Marinir Pecahkan Rekor MURI Menembak Terbanyak

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) membuka lomba menembak Dankormar Cup tahun 2019 di Lapangan Tembak FX. Soepramono, Karang Pilang Surabaya.…

realme Buds Wireless x Alan Walker

Sabtu, 07 Desember 2019 - 20:19 WIB

Punya 3 Pilihan Warna Yang Trendi, realme Buds Wireless Disetel Alan Walker

realme Buds Wireless membawa bass boost driver berukuran 11.2mm yang bisa dibilang berukuran besar di segmennya. Apalagi realme juga bekerjasama dengan DJ terkenal dunia, Alan Walker untuk menyetel…

 Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:00 WIB

Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Jakarta-Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendatangi kantor Kementerian BUMN Sabtu (7/12/2019) untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir guna membahas tindaklanjut pasca…

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…