Cuaca Ekstrem, Petani Terancam Gagal Panen

Oleh : Andi Mardana | Rabu, 07 Agustus 2019 - 19:21 WIB

Direktur PT Bayer Indonesia, Mohan Babu bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan dan Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida Prof. Dr. Dadang M.Sc berbincang dengan para petani Desa Pasir Kaliki.(Ist)
Direktur PT Bayer Indonesia, Mohan Babu bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan dan Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida Prof. Dr. Dadang M.Sc berbincang dengan para petani Desa Pasir Kaliki.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah petani mengeluhkan perubahan cuaca ekstrem akhir-akhir ini. Cuaca yang tidak menentu menyebabkan kerusakan pada tanaman sayuran dan pangan akibat timbulnya penyakit jamur tanaman. 

Bukan saja menurunkan kualitas komoditas yang dihasilkan, tetapi bahkan bisa berdampak gagal panen. Karenanya, para petani menyambut positif langkah sosialisasi dan pendampingan yang digagas oleh Bayer.

"Kami berharap para petani semakin memahami cara mengatasi penyakit jamur tanaman secara tepat sehingga produktivitas lahan dan pendapatan ekonomi mereka semakin meningkat," kata Winarno Tohir, Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada kegiatan penyuluhan dan pendampingan di Karawang, Jawa Barat, hari ini (7/8).

Edy Purnawan, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyambut baik inisiatif sektor swasta untuk memberikan pendampingan kepada para petani guna mengatasi berbagai masalah hama dan penyakit tanaman yang mengganggu produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Menurut Edy, petani cenderung menggunakan pestisida secara berlebihan untuk mengatasi ancaman tanaman.

"Lewat inisiatif Bayer ini, petani mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai dosis serta cara penggunaan pestisida yang tepat dan aman, baik untuk lingkungan hidup dan utamanya keselamatan aplikatornya, yaitu petani itu sendiri," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mengusung Redefined Expectation, MG ZS Dukung Industri Otomotif Nasioanal

Senin, 30 Maret 2020 - 12:00 WIB

Mengusung Redefined Expectation, MG ZS Dukung Industri Otomotif Nasioanal

MG Motor Indonesia, warisan Inggris yang terkenal di dunia, hari ini secara resmi meluncurkan MG ZS, Sport Utility Vehicle (SUV) kompak kelas atas dengan desain Inggris yang sangat elegan dan…

Ketum PWI Pusat Atal Dapari bersama Ketua PWI Papua Bustam (ist)

Senin, 30 Maret 2020 - 11:32 WIB

Ketua PWI Papua Barat Bustam: Wartawan Jangan Turun Lapangan Bila Tidak Gunakan APD

Ketua PWI Papua Barat, Bustam mengatakan wartawan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Dalam menjalani peran pentingnya tersebut, wartawan harus selalu menjaga…

Pekerja Konstruksi

Senin, 30 Maret 2020 - 11:23 WIB

Hak-hak Pekerja Konstruksi Tetap Dijamin Ditengah Pandemi COVID-19

Instruksi tersebut sebagai bagian dari tindaklanjut arahan Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2020 terkait upaya pencegahan COVID-19 dan adanya penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Kementerian…

Bekerja secara online mengasyikan saat Wabah Corona melanda

Senin, 30 Maret 2020 - 11:14 WIB

Sunfish HR dan GreatDay HR Dukung Karyawan Tetap Produktif dan Efisien di Rumah

Jakarta - Banyak perusahaan besar maupun kecil di seluruh dunia telah memulai skema kerja dari rumah untuk karyawan mereka. Hal ini penting dilakukan untuk memperlambat penyebaran¬†Covid-19¬†dengan…

Jembatan Tumbang Samba

Senin, 30 Maret 2020 - 11:05 WIB

Progres Pembangunan Jembatan Tumbang Samba Kalimantan Tengah Capai 99 Persen

Progres pekerjaan saat ini telah mencapai 99% dan diharapkan akhir Maret 2020 akan seluruhnya tuntas.