Cuaca Ekstrem, Petani Terancam Gagal Panen

Oleh : Andi Mardana | Rabu, 07 Agustus 2019 - 19:21 WIB

Direktur PT Bayer Indonesia, Mohan Babu bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan dan Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida Prof. Dr. Dadang M.Sc berbincang dengan para petani Desa Pasir Kaliki.(Ist)
Direktur PT Bayer Indonesia, Mohan Babu bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan dan Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida Prof. Dr. Dadang M.Sc berbincang dengan para petani Desa Pasir Kaliki.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah petani mengeluhkan perubahan cuaca ekstrem akhir-akhir ini. Cuaca yang tidak menentu menyebabkan kerusakan pada tanaman sayuran dan pangan akibat timbulnya penyakit jamur tanaman. 

Bukan saja menurunkan kualitas komoditas yang dihasilkan, tetapi bahkan bisa berdampak gagal panen. Karenanya, para petani menyambut positif langkah sosialisasi dan pendampingan yang digagas oleh Bayer.

"Kami berharap para petani semakin memahami cara mengatasi penyakit jamur tanaman secara tepat sehingga produktivitas lahan dan pendapatan ekonomi mereka semakin meningkat," kata Winarno Tohir, Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada kegiatan penyuluhan dan pendampingan di Karawang, Jawa Barat, hari ini (7/8).

Edy Purnawan, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyambut baik inisiatif sektor swasta untuk memberikan pendampingan kepada para petani guna mengatasi berbagai masalah hama dan penyakit tanaman yang mengganggu produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Menurut Edy, petani cenderung menggunakan pestisida secara berlebihan untuk mengatasi ancaman tanaman.

"Lewat inisiatif Bayer ini, petani mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai dosis serta cara penggunaan pestisida yang tepat dan aman, baik untuk lingkungan hidup dan utamanya keselamatan aplikatornya, yaitu petani itu sendiri," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme X2 Pro

Selasa, 19 November 2019 - 20:57 WIB

Rasakan Tampilan Terhalus Smartphone Flagship realme X2 Pro dengan Layar 90Hz dan Snapdragon 855+

Smartphone ini membawa standar baru ke dunia perponselan antara lain melalui kamera 64MP, In-display fingerprint, VOOC Flash Charge 3.0, dan desain trendi.

Samsung Memenangkan 46 CES 2020 Innovation Award

Selasa, 19 November 2019 - 20:45 WIB

Sebanyak 46 Inovasi Terbaru Samsung Menangkan CES 2020 Innovation Award

Samsung Electronics, pemimpin teknologi global, baru-baru ini mengumumkan bahwa 46 inovasi produk terbarunya telah mendapat pengakuan sebagai pemenang CES 2020 Innovation Awards, termasuk tiga…

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman

Selasa, 19 November 2019 - 20:31 WIB

Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler Baru di Sleman

PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan CV Kharisma Motor memperluas jaringan dengan pembukaan diler terbaru di Sleman, Yogyakarta untuk memberikan produk dan layanan berkualitas terbaik di…

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Dekopin adalah wilayah civil society

Selasa, 19 November 2019 - 20:29 WIB

Terima Pengurus Dekopin yang Sah, Teten Masduki: Munas Itu Wilayah Dekopin

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menegaskan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Dekopin adalah wilayah civil society yang tidak bisa dimasuki oleh negara. Sesuai…

METI Kembali Gelar Indo EBTKE ConEX

Selasa, 19 November 2019 - 20:20 WIB

Konsisten Dukung Industri Energi Terbarukan, METI Kembali Gelar Indo EBTKE ConEX

Mengambil tema “Energy Transition Towards Sustainable Energy Era”, Indo EBTKE ConEX 2019 menekankan pada transisi dari energi fosil ke energi terbarukan yang lebih berkesinambungan.