Cuaca Ekstrem, Petani Terancam Gagal Panen

Oleh : Andi Mardana | Rabu, 07 Agustus 2019 - 19:21 WIB

Direktur PT Bayer Indonesia, Mohan Babu bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan dan Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida Prof. Dr. Dadang M.Sc berbincang dengan para petani Desa Pasir Kaliki.(Ist)
Direktur PT Bayer Indonesia, Mohan Babu bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan dan Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida Prof. Dr. Dadang M.Sc berbincang dengan para petani Desa Pasir Kaliki.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah petani mengeluhkan perubahan cuaca ekstrem akhir-akhir ini. Cuaca yang tidak menentu menyebabkan kerusakan pada tanaman sayuran dan pangan akibat timbulnya penyakit jamur tanaman. 

Bukan saja menurunkan kualitas komoditas yang dihasilkan, tetapi bahkan bisa berdampak gagal panen. Karenanya, para petani menyambut positif langkah sosialisasi dan pendampingan yang digagas oleh Bayer.

"Kami berharap para petani semakin memahami cara mengatasi penyakit jamur tanaman secara tepat sehingga produktivitas lahan dan pendapatan ekonomi mereka semakin meningkat," kata Winarno Tohir, Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada kegiatan penyuluhan dan pendampingan di Karawang, Jawa Barat, hari ini (7/8).

Edy Purnawan, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menyambut baik inisiatif sektor swasta untuk memberikan pendampingan kepada para petani guna mengatasi berbagai masalah hama dan penyakit tanaman yang mengganggu produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Menurut Edy, petani cenderung menggunakan pestisida secara berlebihan untuk mengatasi ancaman tanaman.

"Lewat inisiatif Bayer ini, petani mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai dosis serta cara penggunaan pestisida yang tepat dan aman, baik untuk lingkungan hidup dan utamanya keselamatan aplikatornya, yaitu petani itu sendiri," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:29 WIB

Triwulan I, BSDE Telah Realisasikan 25% dari Target Marketing Sales

Pengembang properti terkemuka di tanah air, PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham: BSDE), telah merealisasikan marketing sales Rp1,79 triliun atau 25% dari target tahun 2020 pada triwulan satu…