Rp 200 Miliar Kerugian Ritel Modern akibat Listrik Padam

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Agustus 2019 - 09:29 WIB

Roy Mende Ketua Umum Aprindo (Foto Ist)
Roy Mende Ketua Umum Aprindo (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicolas Mandey mengatakan potensi kerugian material anggota Aprindo akibat listrik yang padam sejak Minggu (4/8) ditaksir lebih dari Rp200 miliar pada 82 pusat perbelanjaan dan 2.500 lebih toko ritel modern swa kelola di Jakarta.

“Potensi kehilangan penjualan terlihat betul, karena masyarakat akhirnya enggan atau membatalkan keinginan berbelanja mereka,” kata Roy dihubungi di Jakarta, Senin (5/8/2019)

Roy menyampaikan PLN seyogyanya memberi pengumuman terlebih dahulu kepada pelaku usaha agar bisa mempersiapkan cara agar tetap memberi pelayanan maksimal kepada konsumen.

Menurutnya, kenyamanan masyarakat juga terganggu karena fasilitas yang seharusnya mereka dapatkan tidak bisa berfungsi normal, seperti jaringan pembayaran elektronik, kualitas produk yang bisa menurun, dan sebagainya.

Terutama pada hari Minggu, di mana banyak masyarakat justru menghabiskan waktu luangnya di gerai ritel modern atau pusat perbelanjaan.

Roy menambahkan, biaya operasional juga ikut membengkak, karena beberapa gerai menggunakan genset diesel agar tetap bisa melayani masyarakat.

“Demi kenyamanan konsumen, kami menggunakan genset diesel berbahan bakar solar yang tentu berimbas pada naiknya biaya operasional, dan itu seharusnya tidak perlu kami keluarkan” lanjutnya, seperti dilansir Antara.

Roy mengatakan bahwa PLN sebagai satu-satunya perusahaan yang mensuplai listrik seharusnya bisa bertindak lebih cepat dan tanggap apabila ada gangguan gardu listrik, seperti yang diberitakan.

“Kami setuju bahwa seharusnya PLN mempunyai sistem mumpuni untuk mengantisipasi masalah semacam ini, back-up plan yang reaktif terhadap gangguan dan contigency plan yang terencana” terangnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Sabtu, 25 Januari 2020 - 12:00 WIB

Presiden Jokowi: Berharap Agar Nasyarakat Indonesia Semakin Sejahtera

Warga Tionghoa hari ini Sabtu 25 Januari 2020 merayakan Tahun Baru Imlek 2571. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek bagi masyarakat Indonesia yang merayakan.

Kebun Jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:44 WIB

Stock dan Pasokan Jagung Jatim Cukup Aman

Ketersediaan jagung di Provinsi Jawa Timur diinformasikan masih aman. Perkembangan informasi ketersediaan jagung di Jawa Timur untuk musim tanam tahun 2020 mencapai 18.683 ha. Angka ini berdasarkan…

Implementasikan ISO 37001:2016, Wujudkan Krakatau Steel Bersih

Sabtu, 25 Januari 2020 - 09:00 WIB

Implementasikan ISO 37001:2016, Wujudkan Krakatau Steel Bersih

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melakukan pembenahan dalam aspek Good Corporate Governance dan mendorong implementasinya Krakatau Steel memulai langkahnya untuk menerapkan standar internasional…

Kalibre Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan Tas Berkualitas di Kampanye Shopee 2.2 Men Sale

Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:41 WIB

Kalibre Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan Tas Berkualitas di Kampanye Shopee 2.2 Men Sale

Tas menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki seseorang. Namun terkadang, saat ingin membeli tas, biasanya kita sering merasa bingung tas apa yang akan dibeli. Apalagi dengan seringnya…

Indonesia Motorprix Championship Seri 2020 Segera Digulirkan

Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:32 WIB

Indonesia Motorprix Championship Seri 2020 Segera Digulirkan

Sukses pada seri perdananya tahun 2019 lalu, tvOne selaku official broadcaster bersama PT Oneprix Motorsport Manajemen dan Ikatan Motor Indonesia (IMI), kembali mempersembahkan Kejuaraan Nasional…