'Koin Nusantra' Emas 24 Karat Sarat Nilai Budaya

Oleh : Andi Mardana | Sabtu, 03 Agustus 2019 - 06:39 WIB

Koin Nusantara. (Nina Karlita)
Koin Nusantara. (Nina Karlita)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Berdasarkan data yang dirilis oleh WorId Gold Council tahun 2018 lndonesia menduduki peringkat kedelapan dengan permintaan emas terbesar di dunia dengan total 64.1 metrik ton.

Dimana 41,9 metrik ton adalah perhiasan dan 22,2 metrik ton adalah emas batangan dan emas koin. Melalui data tersebut, minat masyarakat untuk memiliki emas tetap tinggi sekalipun harga emas cenderung naik dari waktu ke waktu.

Sebagai platform beli, simpan dan jual emas yang mendukung masyarakat untuk terus #PunyaSimpenan emas, Treasury mempersembahkan emas 24 karat dengan desain mewah menawan Iayaknya perhiasan.

Anang Samsudin selaku Public Relation (PR) Manager Treasury menjelaskan emas 24 karat ini kaya akan nilai budaya, yaitu Koin Nusantara. Treasury hadir untuk mendukung setiap harapan masyarakat dalam memiliki simpanan emas.

"Kali ini, kami mempersembahkan Koin Nusantara sebagai alternatif bagi mereka yang gemar mengoleksi perhiasan dan logam mulia sekaligus," jelas Anang pada konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/8).

Karena, kata ia Koin Nusantara memiliki kandungan emas murni 99.99% dibalut dengan desain yang begitu indah sehingga cocok untuk dijadikan koleksi dan simpanan jangka panjang yang bernilai Iebih.

Edisi perdana Koin Nusantara terinspirasi dari Dinar dan ragam budaya di Nusantara yaitu Songket Pandai Sikek yang mewah dan Tenun Subahnale yang indah.

Koin Nusantara tersedia dalam dua edisi yaitu: Koin Nusantara Edisi 1 dinar Padang dengan berat 4,4 gram dan Koin Nusantara edisi 0,5 dinar Lombok dengan berat 22 gram.

Koin Nusantara Edisi 1 Dinar Padang, terinspirasi dari indahnya bangunan Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang yang atapnya berbentuk gonjong. sepeni rumah adat Minang atau Rumah Gadang.

Berpadu dengan motif kain Songket Pandai Sikek yang mewah karena terbuat dari benang emas. Motif Pandai Sikek merupakan cerminan dari falsafah kehidupan yang dianut masyarakat adat minang, yang biasanya dilambangkan dengan hewan, tumbuhan ataupun benda lainya yang memiliki makna tersendiri dari setiap desainnya.

Koin Nusantara Edisi 0,5 dinar Lombok. terinspirasi dari pulau yang dikenal sebagai pulau 1.000 masjid. Masjid Islamic Center NTB menjadi inspirasi karena bangunannya yang terlihat begitu megah dengan kubah raksasa bewarna keemasan hijau tua bermotif sasambo yang mewakili tiga suku di NTB; Sasak, Samawa dan Mbojo.

Dipadukan dengan motif Kain Tenun Subahnale yang memiliki ciri khas motif segi enam dimana di dalam setiap motif tersebut, berisi berbagai corak seperti bunga atau bentuk abstrak. Nama Subahnale diambil dari kalimat Subhanallah yang banyak diucapkan selama proses pembuatan kain.

Kain Nusantara dibuat dengan desain eksklusif yang khas dan diproduksi secara terbatas hanya sejumlah 1.000 keping, untuk kedua edisi.

Narantara Sitepu selaku Head of Brand Development Treasury, meyakini dengan desain yang indah berkat perpaduan dinar dan ragam budaya nusantara, serta kandungan emas murni 24 Karat.

"Diharapkan Koin Nusantara bisa menjadi pilihan simpanan emas bagi masyarakat yang ingin memiliki simpanan emas bernilai Iebih. Memberikan timbal hasil yang lebih baik saat kelak dijual kembali, Iebih baik dari pergerakan nilai emas itu sendiri," jelas Narantara.

Koin Nusantara kata ia juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan hadiah bagi orang yang spesial.

Treasury memberikan dua cara yang bisa dipilih oleh pengguna untuk memiliki Koin Nusantara. Pertama membeli secara langsung di aplikasi Treasury dan Web Treasury dengan mengetuk ikon "Koin".

Pengguna bisa mendapatkan Koin Nusantara dengan transparan sesuai dengan harga yang tertera dan diperbaharui setiap menit.

Kedua, mencetak Koin Nusantara bagi pengguna Treasury yang sudah memiliki simpanan emas yang cukup. Pengguna hanya perlu membayar biaya cetak, pajak dan ongkos kirim. Jika jumlah simpanan emas belum cukup, masyarakat bisa terus menambah simpanan emas mulai dari Rp20 ribu secara rutin.

Koin Nusantara akan mulai dikirim kepada pemesan mulai 9 Agustus mendatang. Namun masyarakat Indonesia sudah bisa mendapatkan Koin Nusantara yang diproduksi terbatas melalui Pre Order di aplikasi Treasury ataupun Web Treasury.id.

"Kedepannya Treasury akan mengeluarkan edisi Koin Nusantara dengan desain berbeda, yang terinspirasi dari kekayaan dan ragam budaya bangsa Indonesia," tutup Narantara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…