Warga Resah Limbah PLTU Buleleng Cemari Laut

Oleh : Irvan AF | Rabu, 08 Maret 2017 - 16:26 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Singaraja - Warga Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, resah akibat limbah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mencemari wilayah laut di daerah itu.

"Terus terang saja warga yang tinggal di wilayah dekat sini sudah risih dengan debu yang sangat mengganggu kesehatan," kata Mangku Wijana, salah satu warga di daerah itu, Rabu (8/3/2017).

Ia mengatakan, limbah-limbah batubara kini ditumpuk begitu saja dan sebagian sudah diurug tanah oleh pengelola PLTU Celukan Bawang karena dapat mengancam lingkungan sekitarnya.

Wijana juga mengungkapkan, limbah cair hasil pembakaran batubara mencemari perairan di daerah itu menyebabkan air laut berwarna kecoklatan dan terlihat sangat keruh.

Dikatakan pula, air di wilayah tersebut lebih hangat dari kondisi di sekitarnya. Hal tersebut disebabkan karena limbah PLTU mengalir begitu saja ke wilayah perairan.

Pihaknya juga mengamati bahwa pipa pembuangan limbah sudah dua bulan pecah, tidak tertangani hingga saat ini. Bahkan, tidak mendapatkan respon dari pihak PLTU.

"Kami juga sempat protes namun tidak ada hasil jelas. Kami harapkan ada tanggapan dari pihak PLTU karena permasalahan ini sangat mengganggu kami disini," paparnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Nyoman Genep. menjelaskan, pihaknya akan segera mengambil langkah atas keluhan warga tersebut. Ia pun mengaku, akan mengecek standar keamanan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah PLTU Celukan Bawang.

"Saya akan mengambil langkah sesuai dengan standar keamanan lingkungan. Termasuk juga, kami akan melakukan pengecekan terhadap laporan berkala setiap tiga bulan oleh PLTU Celukan Bawang," pungkas Genep.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:13 WIB

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Bagi Anda pecinta seni musik, alat musik, pengetahuan penggunaan alat musik dan sound system ada baiknya untuk menghadiri pameran PRO AVL & Music Indonesia 2019 yang berlangsung pada hari ini…

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:04 WIB

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

– Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima tambahan khaSanah arsip statis tentang Presiden Soeharto yang diserahkan oleh pihak keluarga Presiden Soeharto. Arsip tersebut diserahkan…

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:45 WIB

42 Emiten Meraih CSA Awards 2019

Jakarta-Sebanyak 42 emiten di Bursa Efek Indonesia meraih CSA Awards, penghargaan emiten dengan kinerja terbaik hasil kerjasama antara Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dengan CSA Research.…

Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:42 WIB

Ramaikan Pasar Laptop Gaming, Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Dell Indonesia menghadirkan inovasi gaming untuk memenuhi pertumbuhan pasar gaming PC di Indonesia dengan menghadirkan laptop G-Series terbaru – Dell G7 15 (7590) yang dibanderol dengan harga…

Pameran 3-in-1 Industri Mainan, Taman Hiburan, dan Peralatan & Dekorasi Rumah Mulai Digelar Hari ini

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:28 WIB

Ragam Industri Mainan Teknologi China Mejeng di JIExpo

Jakarta-Tiga pameran dagang berstandar internasional digelar secara bersamaan mulai hari ini hingga 20 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.