Ikut Serta dalam 2nd Indonesia Investment Day, BP Batam Targetkan Peningkatan Nilai Investasi

Oleh : Ridwan | Minggu, 28 Juli 2019 - 13:06 WIB

Kepala BP Batam, Edy Putra Irawadi saat mengikuti kegiatan 2nd Indonesia Investment Day
Kepala BP Batam, Edy Putra Irawadi saat mengikuti kegiatan 2nd Indonesia Investment Day

INDUSTRY.co.id - Jakarta - BP Batam kembali ikut serta dalam program "2nd Indonesia Investment Days" yang digelar di Hotel Ritz Carlton Singapura (26/7) kemarin. Acara ini merupakan salah satu program prioritas Kedutaan Indonesia di Singapura.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan BKPM Indonesia di Singapura, Kementerian Perdagangan RI dan Forum Bisnis Singapura (SBF), dalam mempromosikan wilayah di seluruh Indonesia. Kerja sama itu memiliki potensi investasi yang sangat menjanjikan dan salah satunya adalah Batam, di mana ini merupakan kedua kalinya BP Batam hadir di kegiatan tersebut. 

Kegiatan 2nd Indonesia Investment Days ini dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir dan Ketua Bisnis Forum Singapura (SBF) Teo Siong. 

Ngurah menjelaskan kepada seluruh tamu undangan bahwa Indonesia merupakan tempat yang tepat bagi para calon investor berinvestasi. 

"Kegiatan 2nd Indonesia Investment Days ini merupakan perhelatan yang dipersembahkan bagi para calon investor khususnya yang berada di Singapura untuk mendapatkan berbagai informasi yang tepat dan jelas terkait dengan potensi unggulan diberbagai wilayah di Indonesia," kata Ngurah.

Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi sangat optimis dengan kehadiran BP Batam dalam kegiatan "2nd Indonesia Investment Days".

"Ini merupakan bentuk komitmen dari BP Batam kepada masyarakat Batam dan Indonesia dalam upaya meningkatkan gairah investasi di Batam. BP Batam melakukan peranan dan tupoksinya sebagai pengelola Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan melalui kegiatan ini kita berharap mendapatkan feedback yang positif yang tentunya akan memberikan kebaikan bagi masyarakat Batam khusunya," ujar Edy.

Selain kegiatan seminar di 2nd Indonesia Investment Days 2019 BP Batam juga menempatkan stand promosi bersama dengan BKPM, Bea dan Cukai RI, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Sumatera Utara, Pemprov Kepri, Pemprov Sulawesi Utara, MRT Jakarta, Pemprov Kalimantan Timur dan Kedutaan Besar RI di Singapura.

Dalam kegiatan tersebut, BP Batam juga menargetkan peningkatan nilai investasi Singapura di Batam. 

Seperti diketahui, Singapura menduduki peringkat pertama yang berinvestasi terbesar di Batam, dengan nominal lebih dari USD743 juta. Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan Singapura dalam melakukan investasi di Batam dan harapan BP Batam melalui kegiatan ini dapat terus menarik para calon investor baru asal Singapura khususnya yang berinvestasi di Batam.

Dalam kesempatan tersebut, Edy juga mendorong para pelaku bisnis di Singapura untuk meningkatkan investasi greenfield di bawah skema FTZ Batam. 

Diakui Edy, pihaknya telah menyediakan ketersediaan tanah dan insentif fiskal untuk perusahaan Singapura yang ingin menanamkan investasinya di BP Batam. "Kami siapkan insentif fiskal berupa pembebasan bea masuk dan PPN di bawah skema FTZ, tax holiday, serta super deductible tax yang telah didukung penuh oleh pemerintah daerah," kata Edy.

Selain itu, tambah Edy, pihaknya juga telah mendirikan Klinik Berusaha untuk mengakomodasi dan membantu investor dalam hal perdagangan, lingkungan, tenaga kerja, masalah imigrasi, dan kebijakan fiskal. Klinik ini juga sudah didukung dengan sistem elektronik IBOSS (Indonesia Batam Online Single Submission) yang memiliki fitur layanan mandiri, layanan bantuan, layanan prioritas, serta help desk. 

"Sistem IBOSS ini sudah bisa diakses dari mana saja," terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Legenda Sepak Bola Luis Figo

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:30 WIB

Legenda Sepak Bola Luis Figo Ikut Promosikan UEFA EURO 2020 akan Tayang di RCTI

Untuk Ke 7 kalinya MNC group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. MNC Group melalui RCTI dan PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) dipercaya untuk menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…

Traktor untuk pertanian

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:57 WIB

Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Perhutanan Sosial

Kementan sejak tahun 2017 sudah mulai memanfaatkan lahan di perhutanan untuk pertanaman komoditas tanaman pangan.