Indonesia Tekuk Vietnam 2-1 Pada Leg Petama Piala AFF 2016

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 08:03 WIB

Boaz Solossa
Boaz Solossa

INDUSTRY.co.id - Cibinong, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada laga semifinal pertama Piala AFF 2016. Tim Merah Putih berhasil memaksimalkan performanya melalui gol-gol yang di hasilkan dalam melawan Vietnam 2-1 lewat gol Hansamu Yama Pranata dan Boaz Solossa di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12).

Timnas Garuda membuka keunggulan pada menit ketujuh. Gol berawal dari serangan Boaz Solossa yang dibuang oleh bek Vietnam. Indonesia mendapatkan tendangan sudut dan diambil oleh Rizky Pora.

Hansamu yang datang dari belakang berhasil menyelinap di tengah pemain Vietnam untuk menyambut bola sepak pojok dengan tandukannya. Kiper Tran Nguyen Manh hanya bisa terdiam melihat bola tandukan Hansamu menjebol gawangnya.

Presiden Joko Widodo yang ikut menyaksikan laga ikut larut dalam kegembiraan dan berdiri merayakan gol Hansamu. Keunggulan Indonesia atas Vietnam hanya bertahan sepuluh menit. Vietnam membalas menjadi 1-1 pada menit ke-17 lewat gol Nguyen Van Quyet dari titik putih.

Penalti diberikan wasit Jarred Gillet Gavan setelah menilai Beny Wahyudi melakukan pelanggaran saat hendak menghalau bola udara.Nguyen Van Quyet dengan dingin menipu Kurnia Meiga dengan mengarahkan bola ke kiri bawah. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Pada paruh kedua indonesia segera mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, baru lima menit babak kedua berjalan, tim Garuda kembali memimpin, kali ini lewat Boaz Solossa.Boaz menaklukkan kiper Tran Nguyen Manh dari titik putih. Tendangan kaki kirinya mengecoh Nguyen Manh yang melompat ke kanan.

Penalti didapat Indonesia setelah Stefano Lilipaly dijatuhan oleh Que Ngoc Hai saat hendak berakselerasi dari sisi kiri. Wasit asal Australia tanpa ragu menunjuk titik putih. Keunggulan 2-1 bertahan hingga permainan berakhir.

Kemenangan dengan selisih satu gol dan kebobolan sebenarnya tak begitu menguntungkan Indonesia. Pasalnya, jika kalah 0-1 pada pertandingan di Vietnam pekan depan, Indonesia akan tersingkir.

Indonesia akan lolos jika bisa menahan imbang Vietnam dengan skor berapapun atau kalah dengan selisih satu gol dengan skor besar (2-3, 3-4, dan seterusnya).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…