PT Nojorono Bersama Gubernur Ganjar Pranowo Tanam Mangrove

Oleh : Herry Barus | Selasa, 23 Juli 2019 - 08:00 WIB

PT Nojorono Bersama Gubernur Ganjar Pranowo Tanam Mangrove
PT Nojorono Bersama Gubernur Ganjar Pranowo Tanam Mangrove

INDUSTRY.co.id - Semarang – Dalam rangka berpartisipasi pada kelestarian lingkungan hidup serta menjaga ekosistem di wilayah pesisir dan pantai, PT Nojorono Tobacco International (NTI) melaksanakan kegiatan bertajuk ‘Nojorono Peduli Lingkungan: Konservasi Mangrove’, yakni penanaman mangrove bersama di Desa Mangunharjo, Mangkang, Semarang, Jateng, Jumat (20/7/2019).

Acara ini merupakan salah satu program masif perusahaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap lingkungan, yaitu salah satunya pencegahan abrasi dengan menanam mangrove bersama masyarakat, komunitas, instansi pemerintah daerah, dan provinsi. Acara ini semakin mantap dengan hadirnya gubernur jawa tengah, Ganjar Pranowo yang didampingi oleh jajaran direksi PT NTI serta manajemen internal perusahaan dan sejumlah relawan peduli lingkungan.

Presiden Direktur PT NTI, Stefanus J.J Batihalim mengatakan Eskosistem di sekitar pesisir pantai sangat bergantung dengan adanya hutan mangrove. “Jadi sebagai komitmen perusahaan kami untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, maka kegiatan ini menjadi langkah nyata kami dalam rangka penyelamatan lingkungan kawasan pantai dan pesisir,” ujar Presiden Direktur PT NTI, Stefanus J.J Batihalim.

Dalam acara penanaman mangrove ini, PT NTI juga bekerjasama dengan pakar dan inisiator tanam mangrove desa mangkang, Sururi, yang sejak tahun 2002 telah menanam, merawat dan menjaga bibit Mangrove akibat abrasi yang terjadi di Desa Mangunharjo. Sampai saat ini, Hutan bakau di kampung Mangkang bisa dimanfaatkan oleh nelayan dan mampu mengembalikan fungsinya sebagai rumah bagi biota laut macam Kepiting, Rajungan, Udang dan ikan laut lainnya.

Sementara itu,  Ayu Lestari Putri Gani atau biasa dikenal Ayu Gani, pemenang program televisi Asia's Next Top Model tahun 2015 juga didatangkan sebagai perwakilan peduli lingkungan di kalangan milenial kini yang mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian dalam kegiatan peduli lingkungan Penanaman Mangrove PT NTI dan Pemprov Jateng ini. “Saya senang bisa ikut berpartisipasi menanam bibit mangrove yang ternyata sangat penting untuk kelestarian linkungan,” kata wanita yang kini memiliki lini bisnis mode, GANEGANI & CO.

Disela ceremonial acara ini, Ganjar Pranowo menambahkan dengan makin banyaknya dan meluasnya hutan bakau maka akan meningkatkan perekonomian warga di pesisir pantai dan selalu sadar akan bahaya plastik. “Kita harus selalu peka dengan bahaya sampah plastik dimulai dari diri sendiri, karena kalau bukan dari kita sendiri maka siapa lagi?! Saya sendiri dengan adanya kegiatan mangrove ini juga sekaligus mengajak warga untuk selalu menjaga alam kita, dari apa yaitu mulai dari mengurangi sampah plastik baru selanjutnya pemberdayaan alam lainnya," tuah Ganjar.

PT. Nojorono Tobacco International:

Firma Nojorono berdiri pada tanggal 14 Oktober 1932, berbentuk Command it aire Vennoots chap, di Kota Pati. Di sinilah cikal bakal PT. Nojorono Tobacco International atau PT. N.T.I. dimulai. Seiring dengan pertumbuhan bisnis yang makin pesat di kala itu, pada tahun 1934 pabrik dipindahkan ke Kota Kudus. Lompatan besar terjadi di tahun 1973, saat Firma Nojorono berganti  status menjadi perseroan terbatas, dan nama perusahaan menjadi  PT. Nojorono Tobacco Company Limited.

Terobosan berikut dari perusahaan ini adalah diluncurkannya Clasmild, produk Low-Tar/ Low-Nicotine di tahun 2003, yang kemudian melesat menjadi nomor dua terbesar dalam pangsa pasarnya, hanya dalam waktu dua tahun.

Berbagai penghargaan pun diraih oleh PT. N.T.I., di antaranya: Top Brand Award – Clasmild, Category Midl Kretek Cigarettes, Frontier Consulting Group and Marketing Magazine; PT. N.T.I. as The Most Powerful Account Management Index in Cigarette Category, Mix Marketing Communication, SWA Magazine; Gold Winner for Contest/ Competition Activation Category, Mix Marketing Communication as The Program Owner of Clas Music Heroes.

Saat ini PT. N.T.I. menduduki posisi lima besar dalam industri sigaret di Indonesia. Dengan nilai-nilai F.A.I.T.H. yaitu: Fraternity, Accountable, Innovation, Trustworthy dan High performance, PT. N.T.I. akan terus berkarya untuk Negeri dan menjadi Good Corporate Citizen.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…