Combantrin-LPAI Perluas Keberlanjutan Gerakan #JamMainKita bersama Pemerintah NTB

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Juli 2019 - 15:00 WIB

Combantrin-LPAI Perluas Keberlanjutan Gerakan #JamMainKita bersama Pemerintah NTB
Combantrin-LPAI Perluas Keberlanjutan Gerakan #JamMainKita bersama Pemerintah NTB

INDUSTRY.co.id - Mataram– PT Johnson & Johnson Indonesia memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia melalui salah satu produk unggulannya, COMBANTRIN®. Tahun ini, COMBANTRIN® bersama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) memperluas keberlanjutan gerakan #JamMainKita melalui rangkaian kegiatan di sejumlah provinsi di Indonesia dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi wilayah pertama penyelenggaraan program perluasan tersebut.  

Diluncurkan pertama kali di bulan Maret 2018 lalu, #JamMainKita merupakan gerakan sosial yang bertujuan mendorong anak-anak Indonesia untuk aktif bermain di luar ruang bersama keluarga tanpa rasa khawatir terkena infeksi cacing. Gerakan ini telah dicanangkan pada tanggal 25 Maret 2018 di Jakarta, dan mendapatkan dukungan penuh dari Presiden RI, Joko Widodo.

Sejumlah menteri berikut jajarannya dari Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak turut mendukung dan terlibat secara langsung dalam pada pelaksanaan gerakan #JamMainKita dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 4 Mei 2018 lalu.

Hari ini, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, SE. Ms.C, bersama dengan lebih dari 1.000 masyarakat yang terdiri dari anak-anak, orangtua, guru dan pegiat pendidikan serta pemerhati anak, memenuhi pelataran Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat untuk berpartisipasi dalam program #JamMainKita. Pada pelaksanaan kali ini, seluruh peserta meramaikan dengan berpartisipasi dalam sejumlah  permainan tradisional. Hal ini diyakini dapat turut melestarikan nilai-nilai budaya dan tradisi-tradisi daerah yang menjadi kekayaan bangsa kita.

“Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat dengan bangga ikut mendukung gerakan #JamMainKita. Sebagai seorang pemimpin daerah dan juga orangtua, saya menaruh harapan dan melihat visi yang besar dari Johnson & Johnson Indonesia dan LPAI dalam mendorong anak-anak untuk aktif bermain di luar ruang bersama teman dan keluarga. Terlebih lagi jika anak-anak diperkenalkan dengan permainan tradisional, sehingga warisan budaya bangsa dapat terus dilestarikan,” tutur Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. dalam sambutannya.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli mendatang, Zulkieflimasyah menyerukan kepada orangtua untuk selalu mendampingi putra-putri mereka. “Anak-anak sangat membutuhkan perhatian orang tua dalam segala hal, termasuk dalam bermain  permainan tradisional yang sangat sederhana tapi menyenangkan.

Selain itu, banyak kebaikan yang didapat dari kegiatan tersebut, antara lain mendukung perkembangan psiko-motorik, kesehatan fisik dan mental, memperkuat daya tahan tubuh, serta perkembangan sejumlah aspek psikologis. Masyarakat Nusa Tenggara Barat memiliki berbagai permainan tradisional, seperti Ogor Ban, Mpa’a Bedi Oo, serta masih banyak lagi. Untuk itu, mari luangkan waktu untuk bermain bersama anak sambil melestarikan budaya kita,” tambahnya.

Country Leader of Communication & Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia, Devy Yheanne, mengatakan, “Perkembangan zaman dan tuntutan hidup membuat banyak keluarga di Indonesia mempunyai waktu kebersamaan yang semakin sedikit. Bersamaan dengan hal tersebut, perkembangan teknologi juga membuat baik orangtua maupun anak mengandalkan gawai dalam melakukan kegiatan sehari–hari. Tidak sedikit juga orangtua yang lebih memilih dan merasa aman jika anak-anak bermain di dalam rumah daripada bermain di luar, karena berbagai alasan. Kondisi ini merubah pemahaman anak tentang bermain dan teman bermainnya. Inilah yang menjadi perhatian dari COMBANTRIN®, bahwa bermain di luar ruangan bersama anak dapat memberikan manfaat penting bagi anak dan orangtua, dimana keluarga dapat mempererat ikatan emosional sehingga mendukung perkembangan psikologis anak, menumbuhkan kreativitas, moral, dan kerjasama, tanpa khawatir terkena infeksi kecacingan,” ungkap Devy.

Terkait dengan hal tersebut, Brand Manager COMBANTRIN® Mitchelle S. Putra mengatakan, "Selama ini salah satu alasan orangtua melarang anak bermain di luar rumah adalah karena khawatir anak akan terkena kecacingan, padahal bermain di luar bukanlah penyebab utama kecacingan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya, antara lain dengan rajin mencuci tangan dan rutin mengonsumsi COMBANTRIN® setiap enam bulan sekali.”

Kecacingan masih menjadi permasalahan yang cukup serius di Indonesia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2016, sekitar 55 juta anak Indonesia masih berisiko menderita penyakit kecacingan – atau biasa disebut ‘cacingan’ – dan membutuhkan pengobatan pencegahan infeksi cacingan. Melalui gerakan #JamMainKita, COMBANTRIN® berharap dapat meningkatkan kecintaan anggota keluarga dengan ermain di luar tanpa khawatir kecacingan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPAI Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. mengatakan, “Indonesia sejatinya mempunyai banyak warisan budaya melalui permainan tradisional. LPAI mempunyai harapan dan visi besar terkait kepentingan terbaik untuk anak. LPAI mengajak sebanyak mungkin individu, masyarakat dan instansi untuk bersama-sama memberikan hak anak, salah satunya yaitu bermain dan bergembira di luar ruang, tanpa ada kekhawatiran”.  

Beliau menambahkan, “Untuk itulah, LPAI bekerja sama dengan Johnson & Johnson Indonesia untuk melakukan sosialisasi permainan tradisional dalam gerakan #JamMainKita yang dapat mengajarkan banyak hal positif, termasuk melatih kemampuan eskplorasi sekaligus melestarikan nilai budaya dan tradisi daerah yang menjadi kekayaan bangsa kita.” 

 Sejalan dengan komitmen terhadap gerakan sosial #JamMainKita, LPAI kemarin (17/7/2019) telah melakukan serangkaian kegiatan pendukung #JamMainKita, berupa kegiatan sosialisasi bersama para ibu PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang pada tahun ini memiliki program kerja yang berfokus untuk memperkuat peran perempuan dalam keluarga, khususnya pada pola asuh anak dan remaja. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua, para ibu khususnya, untuk mendorong aktivitas bermain anak-anak di luar bersama keluarga, serta mengantisipasi semakin tingginya penggunaan gawai oleh anak-anak. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…