Suspensi Dicabut, Saham KIJA Kembali Meroket Naik

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Juli 2019 - 16:15 WIB

Jababeka dok
Jababeka dok

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya mencabut penghentian sementara perdagangan (suspensi) saham PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) mulai sesi pertama perdagangan Jumat ini (19/7/2019).

Pengumuman itu disampaikan otoritas bursa di laman keterbukaan informasi pada Jumat pagi ini yang ditandatangani Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy dan Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 3 Goklas Tambunan.

Saham Jababeka, dengan kode perdagangan KIJA, sempat dihentikan sementara perdagangan saham pada 8 Juli 2019 oleh BEI lantaran adanya potensi gagal bayar (default) atas surat utang global senilai US$ 300 juta yang diterbitkan anak usaha KIJA. 

Isu gagal bayar mengemuka pasca adanya perubahan pengurus perseroan dalam RUPST yang berlangsung 26 Juni lalu.

"Bursa memutuskan melakukan pencabutan penghentian sementara perdagangan efek PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) di seluruh pasar sejak sesi pertama perdagangan tanggal 19 Juli 2019," tulis BEI, dalam pengumumannya.

Sayangnya, dalam pengumuman ini tidak dijelaskan, pencabutan sementara tersebut apakah otoritas bursa sudah yakin tidak ada isu yang beredar mengenai default utang seperti yang diutarakan manajemen baru di bawah kepemimpinan Sugiharto. 

Pada pembukaan perdagangan Jumat, saham KIJA sempat dibuka terkoreksi ke level Rp 298 per saham.

Tak lama kemudian, saham KIJA menguat 0,66% ke level Rp 304/saham. Jika dilihat secara tahun berjalan, saham KIJA menguat 10,14%. 

Adapun, secara year to date, pelaku pasar asing melepas saham KIJA Rp 119,14 miliar di seluruh pasar. Saat ini nilai kapitalisasi pasar (market capitalization) Jababeka di BEI tercatat sebesar Rp 6,37 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…