Siemens Hadirkan Solusi Keamanan Listrik Pabrik dan Bangunan Industrial

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Juli 2019 - 07:32 WIB

Siemens Indonesia
Siemens Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam infrastruktur yang semakin terhubung dan otomatis, sangat penting untuk memastikan ketersediaan sistem yang memadai, optimalisasi konsumsi energi dan pada saat yang sama memberikan perlindungan bagi orang, bangunan dan pabrik.

"Perlu adanya kesadaran dalam komunitas insinyur kelistrikan terhadap pentingnya sistem distribusi daya dan instalasi listrik yang sesuai dengan standar untuk menghindari adanya kecelakaan dan kerugian yang besar." kata Ketua HAEI, Ir. Achmad Sutowo Sutopo pada seminar bertemakan “Keamanan dan Efisiensi Energi dalam Instalasi Listrik Tegangan Rendah” di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Seminar yang diselenggarakan oleh PT. Siemens Indonesia bersama dengan Himpunan Ahli Elektro Indonesia (HAEI) menyoroti pentingnya memahami standar IEC61439 yang ditetapkan oleh Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) sebagai tolok ukur terhadap desain, pelaksanaan dan perawatan instalasi switchgear dan controlgear tegangan rendah, seperti switchboard tegangan rendah dan panel kendali.

Standar-standar IEC juga dapat menjamin keamanan instalasi listrik di Indonesia. Untuk membantu para perancang kelistrikan dalam mengatur sistem distribusi daya secara handal dan sesuai dengan standar-standar IEC yang relevan, Siemens menyediakan alat perancangan SIMARIS.

“Dengan meningkatnya kerumitan perancangan sistem distribusi listrik di lokasi pabrik, proyek infrastruktur dan bangunan-bangunan, alat perancangan SIMARIS yang inovatif dari kami dapat membantu proses perancangan secara efektif sehingga para perancang kelistrikan dapat bekerja dengan lebih efisien. Hal ini dapat mengurangi waktu dan pengeluaran dalam proses perancangan sistem distribusi daya secara keseluruhan,” jelas Khalil Fergani, Kepala Unit Low Voltage Products - Smart Infrastructure, Siemens Indonesia.

Alat perancangan SIMARIS menjadi tolok ukur dalam efisiensi perancangan. Alat ini menyediakan bantuan yang berharga dalam mengukur dimensi sistem distribusi listrik dan menentukan alat-alat dan papan distribusi yang dibutuhkan. Alat ini mencakup tiga aspek, SIMARIS project yang berguna untuk menentukan spesifikasi, ukuran ruang dan anggaran yang dibutuhkan untuk instalasi.

SIMARIS design berguna untuk melakukan kalkulasi dan mengukur dimensi jaringan dan disertai dengan pilihan seluruh perangkat pelindungan. Terakhir, SIMARIS curves berguna untuk memvisualisasikan karakteristik tripping curves, let-through current dan let-through energy curves.

Dalam seminar ini, Siemens juga memperkenalkan salah satu produk kelistrikan tegangan rendah terbarunya, yakni Arc Fault Detection Device (AFDD). Teknologi ini merupakan sebuah solusi yang telah terbukti dan ringkas untuk mendeteksi gangguan percikan api dan mencegah kebakaran akibat peralatan kelistrikan. Standar IEC terbaru sangat merekomendasikan pemasangan unit AFD di lokasi penggunaan tertentu sebagai teknologi canggih yang diakui.

HAEI dan Siemens sepakat bahwa keselamatan dan efisiensi merupakan hal terpenting dalam perancangan instalasi listrik tegangan rendah, sehingga pemahaman yang memadai terhadap konsep dan pengetahuan yang layak sangat diperlukan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…