Program Baru Safe Steps Kids Ajarkan Anak-Anak Asia Cara Menyelamatkan Hidup Dalam Keadaan Darurat

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Juli 2019 - 19:55 WIB

Program Baru Safe Steps Kids
Program Baru Safe Steps Kids

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Prudence Foundation bekerja sama dengan Cartoon Network dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) resmi meluncurkan SAFE STEPS Kids, sebuah program kesadaran akan keselamatan hidup yang menghadirkan The Powerpuff Girls, We Bare Bears, dan The Amazing World of Gumball yang akan mengajarkan anak-anak kiat untuk bertahan dan menyelamatkan hidup.

Program ini bertujuan membantu jutaan anak di seluruh Asia dengan informasi yang dapat dilakukan dalam menyelamatkan jiwa jika terjadi keadaan darurat atau situasi bencana.

Pada 2014, Manny Pacquiao, juara tinju internasional dan seorang humanis, sukses membantu meluncurkan program SAFE STEPS yang berfokus untuk orang dewasa, yang bertujuan meningkatkan kesiapan dan kesadaran bencana dengan menyajikan informasi tentang kiat penting bertahan hidup saat menghadapi bencana alam.

Sejak itu, program ini telah diperluas mencakup topik penting lainnya, termasuk Keselamatan di Jalan Raya (Road Safety) yang menampilkan Michelle Yeoh, aktris internasional ternama dan Global Road Safety Ambassador untuk UN Decade of Action for Road Safety, serta Pertolongan Pertama (First Aid) yang menampilkan penjaga pantai dari Bali, relawan Palang Merah dari Singapura dan dokter dari Filipina, dalam meningkatkan kesadaran akan keselamatan hidup, dan memberikan informasi yang edukatif untuk membantu menyelamatkan hidup.

Saat ini Program SAFE STEPS dari Prudence Foundation ingin menjangkau generasi muda dengan bantuan karakter kartun dari Cartoon Network. SAFE STEPS Kids mencakup serangkaian tips yang berfokus pada anak, praktis dan mudah dipahami melalui media yang mereka kenal dan senangi.

“Secara global, sekitar 3,5 juta orang meninggal setiap tahun karena cedera yang tak disengaja. Dapat dikatakan, anak-anak berisiko lebih tinggi daripada orang dewasa, oleh karena itu penting bagi mereka untuk mengetahui cara menghadapi keadaan darurat. Melalui SAFE STEPS Kids, kami ingin membangun komunitas dan generasi masa depan yang lebih tangguh.” kata Marc Fancy, Executive Director, Prudence Foundation di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

SAFE STEPS Kids terdiri dari 12 rangkaian video, yang mana setiap video terdiri dari iklan layanan masyarakat yang berdurasi 50 detik. Setiap video menampilkan cerita dari serangkaian karakter Cartoon Network, untuk meningkatkan kesadaran serta memberikan informasi yang edukatif. Konten cerita, yang telah disetujui oleh IFRC, membahas tiga isu pokok yang mengancam kehidupan.

Kategori video yang pertama berfokus pada Bencana, menampilkan The Powerpuff Girls. Di akhir tahun, episode Pertolongan Pertama akan diluncurkan dengan menampilkan We Bare Bears; disusul dengan video tentang Keselamatan di Jalan Raya dengan menampilkan karakter dari The Amazing World of Gumball.

“Sebagai bagian dari komitmen kolektif kami untuk mengembangkan budaya keselamatan di seluruh Asia, Program SAFE STEPS Kids merupakan peluang besar untuk meningkatkan pekerjaan penting yang telah dilakukan IFRC melalui keselamatan sekolah atau pendidikan kemanusiaan, termasuk dalam pengurangan risiko bencana dan promosi kesehatan." ungkap Xavier Castellanos, Regional Director of IFRC Asia Pacific.

Video-video tersebut akan ditayangkan di situs web SAFE STEPS Kids dan melengkapi serangkaian materi komunikasi seperti brosur, kartu keselamatan dan poster yang akan didistribusikan ke sekolah dan komunitas-komunitas.

“Kemitraan unik ini menggunakan karakter dari acara yang sangat disukai di seluruh region. Sebagai saluran anak-anak terkemuka di Asia, Cartoon Network menciptakan konten yang membantu menjadikan pesan penting ini selaras dengan anak-anak dan orang tua mereka. Sekali lagi, hari terselamatkan berkat The Powerpuff Girls dengan bantuan dari teman-teman mereka dari The Amazing World of Gumball dan We Bare Bears.” kata Leslie Lee, Vice President of Cartoon Network in Asia Pacific.

Video-video tersebut akan ditayangkan di delapan area market Cartoon Network: Hong Kong, Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Filipina, serta pada platform video online, situs web dan aplikasi sosial dan online Cartoon Network, termasuk Cartoon Network Watch and Play. Di Indonesia, video tersebut ditayangkan di beberapa bioskop CGV di Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P.

Selasa, 10 Desember 2019 - 22:00 WIB

Panglima TNI : Prajurit Marinir Harus Siap Dengan Perubahan dan Beradaptasi Pada Tuntutan Zaman

Prajurit Marinir TNI AL harus siap mengikuti perubahan dan beradaptasi dengan tuntutan jaman dan jangan alergi terhadap perubahan serta selalu siap digerakkan sesuai dengan perintah pimpinan…

Lippo Mall Kuta

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:42 WIB

Perda Perpasaran Bikin Industri pusat Perbelanjaan Tidak Sehat, APBI Lapor ke Menkop UKM

Jakarta - Asosiasi Pengurus Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan keluhan ke Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki terkait Perda DKI Jakarta No. 2 Tahun 2018 tentang Perpasaran yang…

PT Sarinah (Persero)

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:34 WIB

BUMN Sarinah Jadi Etalase Produk UMKM Lokal, Ini Harapan Kemenkop Teten

Jakarta-BUMN PT Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pelat merah diarahkan untuk menjadi showroom atau etalase produk UMKM lokal sehingga diperlukan sinergi yang lebih kuat mendorong dan…

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (foto humas Kemenkop)

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:18 WIB

Kemenkop dan UKM Targetkan Peningkatan Kontribusi UMKM Terhadap PDB dan Ekspor

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menyusun Strategi Pemberdayaan UMKM dalam lima tahun ke depan. Strategi ini merupakan implementasi dari program pemerintah dalam pengarusutamaan UMKM dalam…

David Maraharja, MM Tech President University

Selasa, 10 Desember 2019 - 20:50 WIB

Warung Kopi dan Gaya Hidup Melenial

Siapa yang tidak mengenal kopi?? Bila di tanyakan suka kopi atau tidak? Kebanyakan orang akan menjawab suka atau bahkan suka sekali. Memang kopi tidak mengenal usia, jenis kelamin dan pekerjaan.…