Dua Sektor Prioritas Ini Akan Dapat Subsidi Pajak

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 28 Juni 2019 - 11:07 WIB

Gedung Kementerian Keuangan (Foto : Kemenkeu)
Gedung Kementerian Keuangan (Foto : Kemenkeu)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memastikan ada dua sektor prioritas yang akan mendapatkan subsidi pajak di tahun 2020, yakni industri pengolahan dan investasi di energi terbarukan.

Ini untuk mendukung peningkatan daya saing industri dan pemberian insentif sektor panas bumi dan obligasi pemerintah.

"Subsidi pajak itu bentuknya insentif, jadi pajaknya ditanggung pemerintah," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Gedung DPR RI, Jakarta, kemarin.

Askolani menuturkan skema subsidi pajak merupakan bagian dari belanja perpajakan atau tax expenditure. Dia memastikan alokasi subsidi pajak tidak dominan dalam belanja perpajakan.

Sementara saat disinggung mengenai detail subsidi pajak yang digelontorkan tahun depan dirinya tidak mau membeberkan lebih jauh. Sebab hal tersebut menurut dia menjadi bagian integral dari nota keuangan yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2019.

"Subsidi pajak ini hanya sebagian kecil daripada subsidi pajak lainnya yang disampaikan pemerintah di nota keuangan, yang namanya tax expenditure," imbuhnya.

Dalam pemaparannya bersama dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Askolani menyebut insentif pajak tidak sendiri dalam kebijakan subsidi pemerintah. Kebijakan yang masuk dalam belanja subsidi non K/L ini juga diperuntukkan bagi 3 sektor lainnya.

Pertama, adalah subsidi pupuk melalui penyaluran kartu tani. Kedua, subsidi Public Service Obligation (PSO) untuk transportasi umum dan penyediaan informasi publik. Ketiga, subsidi bunga kredit program. Adapun subsidi ini ditujukan bagi perluasan akses permodalan bagi UMKM dan subsidi bunga kredit perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menpeein Agus Gumiwang, Menko Perekonomian Airlangga, Menteri PUPR, Menkeu Sri Mulyani saat Konfrensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:49 WIB

Agus Gumiwang Unggah Potret Bareng Airlangga, Basuki dan Sri Mulyani, Netizen: Sukses Pak....

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mencuri perhatian masyarakat usai mengunggah sebuah potret "langka" bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR,…

Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:18 WIB

Cinta Buatan Indonesia, Erick Thohir: Selalu Menempel! Mulai dari Batik, Makanan Sampai Sneakers...

Menteri BUMN Erick Thohir menuai banjir komentar dari masyarakat usai mengunggah sebuah lagu berjudul "Aku Cinta Buatan Indonesia" yang diciptakan oleh musisi legendaris Indonesia, Bimbo. Menurut…

Menkeu Sri Mulyani

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. "Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?,"…

Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:33 WIB

BPK Bersama Lazismu Audit Program BPKH Untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi dua lembaga pendidikan…

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.