Ekspor Kendaraan Salah Satu Penopang Surplus Neraca Perdagangan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 27 Juni 2019 - 13:06 WIB

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) (Foto Abe)
PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Peningkatan ekspor kendaraan nasional topang surplusnya angka neraca perdagangan di bulan Mei 2019. Hal ini sejalan dengan meningkatnya angka ekspor kendaraan yang berada di Terminal PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC).

Chiefy Adi K, Direktur Utama IPCC menyampaikan, peningkatan surplus neraca perdagangan Indonesia di bulan Mei 2019 salah satunya ialah berasal dari meningkatnya ekspor kendaraan.

"Tentunya hal tersebut sangat positif, tidak hanya bagi kami selaku operator maupun facilitator car terminal namun, juga bagi negara dengan adanya sumbangsih dari kami, para produsen / automaker maupun pihak lainnya sebagai ekosistem rantai logistik yang mendukung peningkatan ekspor kendaraan Indonesia melalui terminal kami," ujar dia di Jakarta, dikutip Kamis (27/6/2019).

Sebagai catatan, nilai ekspor kendaraan di bulan Mei 2019 yang berkontribusi terhadap angka ekspor sebesar 5,02 persen, berdasarkan data BPS ialah berjumlahUS$ 703 juta atau lebih tinggi 16,17 persen dibandingkan angka di bulan April 2019 sebesar US$ 605,2 juta. Secara akumulasi, Januari-Mei, maka di tahun 2019 mengalami peningkatan 4,86 persen dari US$ 3,02 miliar di tahun 2018 menjadi US$ 3,17 miliar.

Indra Hidayat Sani, Direktur Operasi IPCC menambahkan, dengan lebih tingginya angka ekspor dibandingkan impor atas kendaraan maka hal itu memperlihatkan bahwa kendaraan CBU yang diproduksi di Indonesia untuk diekspor memiliki kualitas yang sangat baik dan diakui dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…