AMMDes Kemanakah Kau?

Oleh : Ridwan | Rabu, 26 Juni 2019 - 11:05 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan atau AMMDes, sudah resmi diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018.

Peluncuran tersebut secara langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. 

Meski demikian, hingga kini kendaraan yang dirancang untuk menggantikan grandong itu belum terlihat dipakai oleh para petani di desa-desa.

Presiden Direktur PT. Kreasi Mandiri Wintor Distributor, Rio Sanggau mengatakan, AMMDes telah dibuat dalam berbagai purwarupa, dan sudah mulai masuk produksi.

"April itu kan kami buat prototipe. Produksi baru mulai bulan Juni, dan itu prosesnya memang enggak cepat," kata Rio di Jakarta (25/6).

Rencananya, AMMDes akan dijual untuk pasar komersial. Meski demikian, kata Rio, saat ini pihaknya fokus untuk memenuhi permintaan AMMDes dari pemerintah, yang nantinya akan dipakai di berbagai desa.

"Ini yang sedang kami rumuskan, karena memang di Indonesia itu ada puluhan ribu desa. Tidak mudah untuk bisa memilah-milah kebutuhannya. Mungkin, kami lihat satu sampai dua bulan ke depan untuk finalisasi," tuturnya.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, pihaknya mengapresiasi produsen AMMDes dan stakeholder terkait yang terus kerja keras berupaya mengembangkan alat angkut multiguna tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terkait guna meningkatkan produktivitas kegiatan usaha masyarakat di wilayah pedesaan," kata Putu.

Tak hanya itu, lanjut Putu, pihaknya juga terus berupaya memasarkan AMMDes baik untuk pasar dalam negeri melalui e-Catalog dan pasar ekspor.

"Untuk pasar dalam negeri prosesnya sedang berjalan. Sedangkan untuk ekspor, kami sedang menindaklanjuti LOI dan MoU layanan purna jual di negara tujuan ekspor," terangnya.

Sebelumnya PT. Kreasi Mandiri Wintor Distributor telah melakukan Letter of Intent (LOI) dengan PT. Repindo Jagad Raya tentang rencana ekspor 10 ribu unit AMMDes hingga 2023 ke 49 negara, termasuk beberapa negara di Asia Tenggara. 

"Permintaan negara tujuan pasar ekspor AMMDes cukup banyak, seperti negara anggota ASEAN, Afrika, Timor Leste dan Papua Nugini," tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Kunjungi KEK Sorong

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:06 WIB

Siapkan Dana Rp1,1 Triliun, Pelindo IV Siap Kembangkan Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Arar di Papua Barat

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) siap mengembangkan Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Arar di Papua Barat yang akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:00 WIB

Pelindo IV Cabang Makassar Lakukan Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar melakukan uji coba penertiban parkir kendaraan roda empat dan roda dua di area Pelabuhan Makassar selama satu minggu, mulai Kamis…

Cantik dan Cerah dalam 15 Menit

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:00 WIB

Cantik dan Cerah dalam 15 Menit

L’Oréal Paris sebagai produk perawatan wajah nomor satu di dunia1 menghadirkan inovasi perawatan kulit terbaru yaitu “Pro Youth Face Mask”. Terobosan ini merupakan masker serum wajah…

Cambridge

Jumat, 28 Februari 2020 - 15:51 WIB

Pelajar Indonesia meraih penghargaan terbaik Cambridge International, Intip yang Mereka Lakukan?

Setiap tahunnya, murid dari lebih dari 10,000 sekolah di 160 negara mengikuti ujian Cambridge dengan satu tujuan yaitu lulus dengan nilai terbaik! Ternyata, beberapa pelajar Indonesia tidak…

BGR Logistics dan PT Krakatau Bandar Samudera dan Group Jalin Kerja sama Jasa Kepelabuhan dan Logistik

Jumat, 28 Februari 2020 - 15:46 WIB

BGR Logistics dan PT Krakatau Bandar Samudera dan Group Jalin Kerja sama Jasa Kepelabuhan dan Logistik

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik di Indonesia, melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Krakatau Bandar…